Yang Membatalkan Sholat

Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat ini, banyak  orang orang  yang tau  gerakan sholat tetapi tidak  tau bahwa shalatnya tidak sah, karena faktor mengaji yang setengah setengah  yang akhir nya kurang memperhatikan sah nya sholat.

padahal saya sendiri pernah dengar kata-kata “perbaiki sholatmu maka hidupmu akan merasa lebih tenang  dan setiap keinginanmu akan mudah diraih”. kata kata ini sendiri saya pernah  mencobanya, sedikit demi sedikit memperbaiki  sholat dan alhamdulillah hidup saya lebih tenang.

Baca Juga: Niat sholat witir

Pengertian Sholat

sebelum mengerjakan sholat fardhu disunahkan menyerukan adzan dan iqamah. Sholat merupakan salah satu  bentuk interaksi langsung antara manusia dengan tuhan nya.maka demikian ketika kita melaksanakan sholat baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah  kita dianjurkan untuk khusus dalam melaksanakan sholat tersebut supaya bisa diterima sholatnya  oleh tuhan yang maha esa.

Baca Juga : Niat Sholat Jamak

Dalam sholat Alloh SWT tidak memberatkan umatnya, yang artinya sholat tersebut bisa ditinggalkan ketika seseorang tersebut mempunyai halangan seperti   haid nya  seorang perempuan   dan masih banyak juga contohnya yang lain. Dan Alloh swt juga  memberikan keringanan  terhadap kaumnya seperti  halnya memperpendek sholat.

Hal  Hal Yang Membatalkan Sholat diantaranya Ada :

  • Terbukanya aurat secara sengaja.

Ketika kita melaksanakan sholat lalu kita dengan sengaja membuka aurat kita maka sholat kita batal. Tetapi apabila tidak sengaja terbuka maka tidak batal asalkan kita segera segeralah di tutup.

  •  Berbicara dengan.

Maksud di sini berbicara  dengan sengaja adalah bukan bacaan bacaan Al- qur’an, doa doa dan dzikir. Akan tetapi maksudnya di sini bacaan bacaan yang membatalkan sholat yaitu pembicaraan   pembicaraan sehari hari kita.

  • banyak gerakan gerakan yang terus menerus .

Maksud di sini adalah  gerakan gerakan yang terus menerus tetapi gerakan gerakan tersebut bukan gerakan yang ada di dalam sholat.

  • Makan dan minuman.

Maksudnya di sini adalah ketika kita sedang melaksanakan sholat kita jangan sampai sengaja menyisakan makanan makan di mulut (makanan yang sengaja di nikmati ketika sholat seperti  halnya kita  makan permen. Alangkah baiknya kita ketika akan melaksanakan sholat gosok gigi.

  • tertawa

Maksud dari tertawa yaitu ketika kita sedang melaksanakan sholat lalu tertawa maka sholatnya akan batal.

Walaupun itu senyum senyum, apalagi kalau tertawa terbahak bahak.

  • Mendahului imam ketika kita sholat berjama’ah.

Maksudnya akan batal apabila seorang makmum mendahului gerakan imam nya. namun apabila hal itu tanpa sengaja maka sholatnya tidak batal.

  • Terkena najis baik itu pakaian-nya / badan-nya.

Artinya apabila ada seseorang yang sedang melaksanakan sholat. apabila pakaiannya atau   tubuhnya terkena najis seperti halnya terkena kotoran ayam kotoran cicak yang masih  dalam keada’an mencair maka sholat kita tidak sah.

  • Keluarnya hadas kecil maupun hadas besar.

Artinya apabila ada seseorang yang sedang sholat tiba  tiba mengeluarkan hadast besar atau kecil. seperti halnya  mengeluarkan air kencing  walaupun itu cuma satu tetes.

  • niat merupakan salah satu rukun dalam shalat.

Jika seorang tidak memenuhi rukun tersebut maka  sholatnya tidak sah. Semisal seseorang  sedang melaksanakan sholat, kemudian orang itu, dia berniat keluar dari sholat nya tersebut, atau ada sesuatu kejadian yang membuatnya keluar dari sholat nya (mushalli). maka sholat orang tersebut akan menjadi batal  karena  sholat harus di mulai niat yang  pasti.

Semoga setelah  teman teman membaca artikel tentang hal hal yang membatalkan sholat  di atas, semoga artikel di atas bisa bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Yang Membatalkan Sholat”

Tinggalkan komentar