Dzikir Setelah Sholat

Apa yang disunnahkan sesudah shalat  yang fardhu ? adapun sesudah shalat yang fardhu (setelah selesai)  di sunnahkan membaca dzikir (berdzikir).

Hikmah Berdzikir  

  1. Hikmah yang pertama kebahagian setelah kematian.
  2. Hikmah yang kedua diliputi kebaikan demi kebaikan.
  3. Hikmah yang ketiga yaitu senantiasa diingat oleh Allah SWT.
  4. Hikmah yang keempat akan dimudahkan mendapat rezeki.
  5. Hikmah yang kelima mengatasi problem psikologi.

Baca Juga : Doa Sholat Witir

Bacaan Dzikir Setelah Sholat 

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Latin

ASTAGFIRULLAHAL’ADHIM 3X. ALLADZI LAA ILAHA ILLA HAYYUL GAYYUMU WAATUBU ILAIH.LAA ILAHA ILLALLAHU WAHDAHU LAA SYARIKALAH, LAHULMULKU WALAHUL HAMDU YUHYI WAYUMITU WAHUA’ALA KULLI SYAI IN QADIR 3X ATAU 10X . ALLAHUMMA ANTA SALAM, WAMINKA SALAM, WAILAIKA JA’UDU SALAM , FAHAYYINA RABBANA BISSALAM, WAADKHILNAL JANNATA DARAS SALAM, TABARAKTA RABBANA WATA’ALAITA YADZAL JALALI WAL IKRUAM.

A’’UDZU BILLAHI MINASYSYAITHANIR RAJIM, BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM, BACA “ SURAT FATIHAH” HINGGA AKHIR AMIN . ILLAHI YA ROBBI ; SUBHANALLAH 33X . SUBHANALLAHIL’ADHIMI WABIHAMDIHI DAA IMAN ABADAN 1X . AL-HAMDULILLAH 33X . ALHAMDU LILAHI RABBIL’ALAMINA ‘ALA KULI HALIN WAFI KULLI HALIN WANI’MATIN 1X .

ALLAHU AKBAR 33X.ALLAHU AKBAR KABIRAW WALHAMDU LILLAHI KATSIRA ,WASUBHANALLAHI BUKRATAW WA’ASHILA.LAA ILAHA ILLALLAHU WAHDAHU LAA SYARIKALAH , LAHUL MULKU WALAHULHAMDU. YUGHI WAYUMITU WAHUA ALA KULLI SYAI IN GADIR. WALA HAULA WALAA GUWWATA ILLA BILLAHIL’ ALIYYIL’ADHIM.ALLAHUMMA LAA MANI’A LIMAA A’THAITA , WALAA- MU THIYA LIMAA MANA ‘TA WALA RAADDA LIMA GODHAITA, WALA YANFA’U DZALJADDI MINKAL JADDU (JAD).

Artinya : “saya  mohon ampun kepada Allah yang maha besar 3x. sebenarnya tidak ada tuhan yang lain hanya  dia , yang hidup selama lamanya  yang berdiri sendirinya dan sya bertaubat kepadanya. Tak ada tuhan yang wajib sembah melainkan Allah dengan sendirinya,  tidak bersekutu baginya,  adlah baginya kerajaan  dan baginya puji pujian, yang menghidupkan dan mematikan dan dialah atas tiap tiap sesuatu  kuasa, 3x atau 10x.

ya Allah ! Engkaulah selamat sejahtera, dan dari pada Engkau dating sejahtera (selamat ), dan kepada engkau kembali sejahtera,maka dari itu hidupkanlah kami wahai tuhan kami dengan sejahtera, dan masukanlah kami ke surga negeri sejahtera (selamat). Maka berkat (bahagia) Engkaulah hai Tuhan kami  dan maha tinggi  hai tuhan yang  mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

Saya berlindung kepada Tuhan daripada syaitan yang terkutuk. “  Dengan Nama Tuhan yang pengasih lagi penyayang” baca surat Fatihah” yaitu    : Alhamdhu lillahirabbil’alamin, hingga akhir waladhdhaalin Amin, setelah selesai : ya  Allah  YA tuhanku ; maha suci Allah 33x (kali).

Maha suci Allah yang maha besar dan  dengan puji pujiannya yang kekal  selama lamanya  1x.  sekalian puji  tertentu bagi Allah  yang memiliki sekalian  alam atas tiap tiap hal dan dalam  tiap tiap hal dan ni’mat  (anugrah ). Tuhan maha besar  33x. Allah (Tuhan ) maha besar , lagi sempurna kebesarannya,  dan sebanyak banyak puji pujian tertentu bagi Allah . maha suci Allah  pagi dan petang.

Tak ada Tuhan yang wajib disembah melainkan Allah  dengan sendirinya, tidak  bersekutu baginya ,  adalah baginya  kerajaan  dan baginya puji pujian yang menghidupkan  dan mematikan dan dialah atas  tiap tiap suatu kuasa  .  dan tak adanya upaya dan tak ada kekuatan melainkan dengan pertolongan Tuhan yang maha tinggi dan maha besar.

Ya Allah !tidak ada yang melarang (menghalangi)  segala apa yang  engkau berikan, dan tidak ada yang memberikan segala apa yang  engkau larang,  dan tidak ada yang menolak segala apa yang Engkau hukumkan. Dan tidak berfaidah kepada orang yang kaya daripada sisi engkau segala kekayaaan.”

Baca Juga : Doa Minta Rezeki

Peringatan :

Setelah selesai dzkir  di sunnatkan pula mendo’a .  adapun mendo’a itu hendaklah dengan khusyu’tawadhu’kepada Allah, seta menyakinkan makbulnya , terutama hendaklahn mengetahui akan akan artinya do’a  yang di baca itu .  pula mendo’a itu boleh dengan Bahasa Indonesia , atau Bahasa apapun juga , asalkan mengerti arti artinya (maksud ) yang di baca itu.

Tinggalkan komentar