Niat Sholat Dzuhur

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Shalat merupakan salah satu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT. secara langsung kepada Nabi Muhammad SAW. saat peristiwa isra’ mikraj. pada mulanya shalat yang diwajibkan atas umat Nabi Muhammad SAW. berjumlah lima puluh waktu dalam sehari semalam.

Namun dalam perjalanan isra’ mikraj tersebut Nabi bertemu dengan Nabi Isa AS. yang kemudian memberikan saran untuk meminta keringanan kepada Allah SWT. agar waktu shalat tersebut tidak sebanyak lima puluh rakaat. Akhirnya Nabi melaksanakan usulan tersebut hingga akhirnya shalat dalam sehari semalam menjadi lima waktu saja.

Dalam menjalankan ibadah shalat seseorang harus mengetahui rukun-rukun shalat terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar shalat yang dijalankan dapat dilakukan dengan benar dan diterima oleh Allah SWT. sehingga menjadi bernilai ibadah.

Pengertian Sholat

Shalat yang setiap hari kita lakukan sebenarnya bila dibahas secara teori maka shalat secara bahasa adalah doa. sedangkan bila dari makna syara’ sebagaimana dijelaskan oleh Imam Rafi’i shalat artinya adalah ucapan dan pekerjaan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan beberapa syarat tertentu.

Itulah yang dimaksud pengertian dari shalat. Maka bisa kita pahami juga bahwa shalat merupakan doa yang dilakukan oleh umat muslim dengan diawali oleh takbir dan diakhiri dengan salam. Dalam melaksanakan ibadah sholat tersebut seseorang harus mengikuti syarat-syarat atau rukun-rukun yang telah ditentukan.

Shalat yang difardhukan kepada umat muslim seluruhnya berjumlah lima waktu. Lima waktu shalat tersebut yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.

 

Baca Juga: 5 Niat Sholat Fardhu

 

Syarat Wajib Sholat

Sebagaimana sedikit kami singgung di atas bahwa dalam melaksanakan shalat seseorang harus mengetahui apa saja yang di wajibkan dalam melaksanakan shalat. Sehingga shalat yang dilakukan tersebut tidak asal-asalan.

Syarat wajib shalat yang harus dipahami bersama adalah sebagai berikut:

  1. Beragama islam. Shalat tidak diwajibkan atas orang yang tidak beragam islam, bagi orang non muslim yang masuk islam baginya tidak wajib mengkodlo sholat yang ditinggalkan selama menjadi non muslim. Namun bagi orang muslim kemudian pernah murtad dan masuk islam kembali, maka shalat yang ditinggalkan selama menjadi non muslim harus di qodlo.
  2. Shalat tidak wajib bagi orang muslim yang masih dalam usia kanak-anak, Baik laki-laki ataupun perempuan. Akan tetapi bila telah menginjak usia baligh, maka harus diperintah untuk melaksanakan shalat.
  3. Memiliki akal sempurna. Sholat tidak diwajibkan terhadap orang yang memiliki kondisi akal tidak sehat atau gila.

Penjelasan Niat Sholat Dzuhur

Termasuk dari salah satu rukunnya shalat adalah membaca niat. Nah pada pembahasan kali ini kami hanya akan menyampaikan materi tentang niat sholat dzuhur. Niat secara umum lafalnya sama, hanya saja ada beberapa yang berbeda tergantung dari shalat apa yang akan dikerjakan.

Niat Sholat Dzuhur Arab

Nah itulah niat shalat yang harus kita baca ketika hendak melaksanakan shalat. Meskipun secara gerakan shalat sudah benar, namun bila tidak di awali dengan membaca niat, maka shalat tersebut tetaplah tidak sah.

Begitu pula dengan shalat-shalat yang lainnya. membaca niat sebelum shalat hukumnya wajib. Termasuk pula melaksanakan shalat sunnah. Meskipun shalat yang dikerjakan adalah shalat sunnah, membaca niat hukumnya tetap wajib.

Demikianlah pembahasan tentang niat shalat dzuhur yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat memberikan manfaat serta wawasan kepada para pembaca sekalian. Kami mohon maaf bila terdapat kesalahan atau kekeliruan baik dalam pemahaman atau tulisan yang kami sajikan.

Wabillahi taufiq walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar