Pengertian Nabi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. apakabar sobat yang haus akan ilmu, semoga rezekinya selalu lancar amin. pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang pengertian Nabi.

Salah satu hal yang wajib kita ketahui sebagai umat muslim adalah tentang adanya nabi yang Allah SWT turunkan ke muka bumi ini untuk menyampaikan risalah-Nya. Nabi yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWT adalah nabi Adam As dan Siti hawa.

Nabi Adam As diturunkan oleh Allah dari surga ke bumi karena melanggar larangan Allah yaitu agar jangan mendekati pohon buah khuldi. Akan tetapi nabi Adam As. melanggar larangan tersebut akhrinya diturunkan ke dunia ini dan menjadi cikal bakal peradaban umat manusia hingga hari ini.

Baca Juga: Sifat Jaiz Rasul

Sejak zaman nabi Adam As. hingga nabi Muhammad SAW jumlah nabi amatlah banyak. Akan tetapi umat islam hanya diwajibkan mengetahui sebanyak dua puluh lima nabi saja. Dua puluh lima nabi itulah yang wajib kita ketahui dari nabi adam sampai nabi muhammad SAW.

Melalui para nabi, Allah menurunkan risalah-Nya atau ajaran agama-Nya. Adapun ajaran agama islam seperti yang kita pelajari sekarang tidak serta merta turun sekaligus pada zaman nabi Adam As.

Ajaran islam diajarkan oleh para nabi dengan cara setahap demi setahap dengan penuh kearifan dan kasih sayang. Berikut kami sajikan nama-nama nabi yang wajib kita ketahui. Semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

25 Nama Nabi

1.Nabi Adam As.  2.Nabi Idris As.3.Nabi Nuh As.
4.Nabi Hud As.5. Nabi Sholeh As.  6.Nabi Ibrohim As.  
7.Nabi Luth As.  8.Nabi Isma’il As.  9.Nabi Ishaq As.  
10.Nabi Ya’qub As.  11.Nabi Yusuf As.  12.Nabi Ayyub As.  
13.Nabi Syu’aib As.  14.Nabi Harun As.  15.Nabi Musa As.  
16.Nabi Yasa’ As.  17.Nabi Dzul Kifli As.  18.Nabi Daud As.  
19.Nabi Sulaiman As.  20.Nabi Ilyas As.  21.Nabi Yunus As.  
22.Nabi Zakaria As23.Nabi Yahya As.  24.Nabi Isa As.
25.Nabi Muhammad Saw.    

Nah itulah nama-nama nabi yang wajib umat islam ketahui. Sebagai nabi terakhir atau khotamul anbiya adalah nabi Muhammad SAW. Jadi setelah wafatnya baginda nabi Muhammad SAW tidak ada nabi lagi yang diturunkan oleh Allah SWT.

Maka bila di zaman sekarang ada orang yang mengaku mendapat wahyu dan mengatakan bahwa dirinya adalah nabi yang diutus oleh Allah berarti itu adalah nabi palsu yang harus kita tinggalkan ajarannya. Meskipun orang tersebut memiliki kehebatan di luar batas manusia umumnya.

Penjelasan Tentang Pengertian Nabi

Apa yang dimaksud dengan nabi? Apakah pengertian Nabi? Siapakah yang dinamakan nabi? Pertanyaan-pertanyaan demikian sering kali kita jumpai di dalam kehidupan kita sehari-hari, baik pertanyaan yang timbul di benak kita sendiri atau pertanyaan yang kita dengar dari orang lain.

Nabi adalah orang yang diberi wahyu oleh Allah akan tetapi tidak wajib menyampaikannya kepada umat manusia. Berbeda dengan Rasul. Sedangkan Rasul adalah orang yang diberi wahyu oleh Allah akan tetapi ia wajib menyampaikan wahyu tersebut kepada orang disekitarnya atau kepada seluruh umat manusia.

Mukjizat Para Nabi

Para nabi-nabi yang diturunkan oleh Allah SWT masing-masing diberi keistimewaan atau mukjizat oleh Allah SWT. Biasanya mukjizat Allah itu ditunjukan manakala sedang dalam keadaan terdesak. Seperti nabi Ibrahim yang tidak terbakar ketika dibakar di dalam kobaran api.

Baca Juga: kisah wali Allah 

5 Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

Dari dua puluh lima nabi yang wajib kita ketahui di atas, lima diantaranya merupakan rasul ulul azmi atau nabi yang diberi keistimewaan yang lebih. Nabi yang lima tersebut disebut dengan rasul ulul azmi. Yaitu nabi Nuh, nabi Isa, nabi Musa, nabi Ibrahim dan nabi Muhammad SAW.

Demikian pembahasan mengenai pengertian nabi yang dapat kami sampaikan. Atas segala kekurangan dan keterbatasan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kepada para pembaca yang budiman kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun blog kami.Wallohu a’alam bish shoab. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 pemikiran pada “Pengertian Nabi”

Tinggalkan komentar