Doa Minta Rezeki

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semuanya, puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Amin ya rabbal’alamin. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita baginda nabi agung Muhammad saw.

Sebagai makhluk hidup yang selalu membutuhkan pihak lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maka tidak bisa dipungkiri bahwa kita pun membutuhkan bantuan orang lain dalam urusan mencari harta benda. Begitu juga dalam memenuhi setiap kebutuhan baik apapun, pangan atau sandang tentu kita juga membutuhkan biaya untuk memenuhi-nya.

Sehingga kita diperintahkan untuk berusaha mencari rizki dan berdoa berserah diri kepada Alloh SWT. Selain berusaha dengan sungguh-sungguh dan selalu bekerja keras niat yang baik sebelum berusaha pun sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga setelah berjalan jauh kita tidak disesalkan dengan niat yang kurang baik.

Jika kita sudah niatkan segala sesuatu dengan baik maka artinya kita berharap untuk selalu diberi keberkahan oleh Alloh SWT disetiap jengkal langkah kita dalam berusaha memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Doa merupakan hal wajib yang harus ditunaikan oleh manusia khususnya umat muslim kepada Alloh SWT, bila kita sebagai manusia dengan enteng meninggalkan doa berarti tanpa disadari sesungguhnya kita telah menjadi orang yang sombong. karena manusia diciptakan untuk menyembah tuhan semata.

Dan dalam kita menyembah Alloh sebenarnya kita sedang berdoa meminta ridho Alloh SWT baik berupa iman dan taqwa yang tidak tergoyahkan, meminta diberi kesehatan atau bahkan meminta diberi kelancaran rizki yang melimpah lagi berkah.

Dan semoga kita semua juga seluruh umat muslim di belahan bumi manapun selalu dilimpahkan rizkinya, amin ya rabbal’alamin. Sebagai manusia tentu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari kita membutuhkan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk membiayai berbagai macam keperluan dan kebutuhan.

Dalam memenuhi itu semua tentu yang kita harapkan adalah lancarnya rizki yang diberikan oleh Alloh SWT. Salah satu usaha batin kita adalah berdoa memohon kepada Alloh SWT agar diberi rizki yang lancar, barokah dan bermanfaat dunia dan akhirat.

Doa ibarat kunci yang akan membukakan pintu-pintu yang kita inginkan untuk dibukakan oleh Alloh SWT. Berikut adalah beberapa kunci atau kiat-kita yang dapat kita lakukan sebagai usaha batin agar kita diberi rizki yang lancar, barokah dan bermanfaat.

Usaha Untuk Mendapatkan Rezeki

  1. Bertaubat dan selalu rajin membaca istighfar.
  2. Bertaqwa kepada Alloh SWT dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  3. Bertawakal atau berserah diri kepada Alloh SWT disertai dengan mencari rizki.
  4. Beribadah kepada Alloh dan memfokuskan diri kepada Alloh dan memperhatikan ibadah atau kewajiban-kewajiban kita kepada Alloh SWT.
  5. Berbakti kepada orang tua dan menjalin silaturrahim.

Selain mengamalkan beberapa hal diatas tentunya juga harus disertai dengan doa yang terus-menerus diamalkan dan dipanjatkan dengan hati tulus dan bersih, berikut salah satu doa meminta rizki yang barokah dan bermanfaat yang bisa diamalkan oleh kita semua;

Doa meminta rezeki yang halal lagi barokah

Allohumma hab lii rizkon halalan thoyyibatan mubarokatan fiddunya wal akhiroh. Robbana atina fiddunya hasanah wal fil akhirati hasanah wa qi na ‘adza bannar, amin.

Artinya: ya Alloh berikanlah kepadaku rizki yang halal, baik lagi barokah di duna dan akhirat. Ya tuhan kami berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat dan jagalah kami dari siksa neraka.

Selain doa di atas ada juga doa yang lain yang dapat kita baca setiap selesai sholat fardhu atau kapanpun kita ingin membcanya. yang terpenitng membaca doa harus ditempat yang baik;

Doa Meminta Rezeki Yang Halal Lagi Barokah Dan Dicukupkan Segala Kebutuhannya

Allohumma aghnina bihalalika ‘an haromika wa aghnina bifadhlika ‘amman siwaka

Artinya :  “ya Alloh cukupkanlah kami dari hal-hal yang halal dari-Mu dari pada hal-hal yang engkau haramkan. Dan cukupkanlah hamba hanya bergantung kepada karunia-Mu daripada bergantung pada yang lain. “

Ini adalah doa memohon kepada Alloh SWT agar kita dicukupkan mengkonsumsi barang-barang yang halal saja, tidak tergiur dengan yang haram seperti apapun kondisi kita. Dan dari doa tersebut kita memohon kepada Alloh untuk diberi hati yang selalu bersyukur kepada alloh SWT. Apapun bentuknya.

Doa Pembuka Rezeki

Artinya :

Setelah berusaha dan berdoa dengan tulus hati selanjutnya adalah tinggal kita pasrahkan atau bertawakal kepada Alloh SWT dengan sepenuh hati. Yakinlah bahwa setiap doa yang kita panjatkan pasti didengar oleh yang maha mendengar, Alloh SWT.

Akan tetapi sekeras apapun kita berusaha dan berdoa bilamana Alloh belum berkehendak maka tidak ada suatu apapun yang dapat mengubahnya, maka alangkah lebih baik jika sesudah berusaha, berdoa dan berserah diri kepada Alloh akan tetapi jika tetap belum dikabulkan maka cobalah mengoreksi diri sendiri terlebih dahulu, barangkali masih sering lalai dengan sholat nya, masih suka malas beribadah yang sunnah-sunnah, meninggalkan berbuat baik kepada kedua orang tua atau bahkan melupakan silaturrahim.

Karena dalam kehidupan sehari-hari tentu kita tidak bisa lepas dari berinteraksi dengan manusia lain, sehingga ada kemungkinan salah satu hal yang menghambat rizki adalah dosa kepada sesama manusia, akan tetapi jika kita rajin bersilaturrahim dan menjalin hubungan baik dengan sesama manusia lain maka setidaknya kemungkinan jika kita tidak sengaja berbuat kesalahan kita akan lebih lebih mudah meminta maaf dan meminta ridhonya orang yang telah kita sakiti.

Baca Juga : Doa Sholat Dhuha

Maka tetap optimis dan jangan berputus asa. Semoga apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita semuanya dikabulkan oleh Alloh SWT dan kita semua dalam menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari semoga selalu dijauhkan dari mara bahaya dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Akhirul kalam wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

22 pemikiran pada “Doa Minta Rezeki”

Tinggalkan komentar