Shodaqoh

Assalamu’alaikum wr.wb

Bismillahirrahmanirrahim, Sahabat, apa yang dimaksud dengan shodaqoh itu? Secara bahasa, kata sh0daqoh berasal dari kata shidq yang mempunyai arti benar. Sedangkan secara umum, shodoqoh mempunyai pengertian menginfakkan harta dijalan Allah swt yang ditujukan khusus kepada yang berhak diantaranya kaum miskin, kerabat keluarga, atau untuk kepentingan jihad fisabilillah.

Menurut Qadhi Abu Bakar bin Arabi, kata “benar” diatas adalah sejalannya perbuatan, ucapan, serta keyakinan. Dalam pengertian yang lebih luas, shodaqoh justru memiliki makna yang lebih luas daripada infaq dan zakat. Ada banyak bentuk shodaqoh yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tersenyum juga shodaqoh.

Nilai Pahala Shodaqoh

Pada dasarnya, pahala shodaqoh dibagi atas empat jenis, yaitu shodaqoh yang mendapat pahala sepuluh, pahala tujuh puluh, pahala tujuh ratus dan pahala tujuh ribu. Shodaqoh yang mendapat sepuluh pahala adalah shodaqoh berupa pemberian makan kepada kaum fakir miskin.

 

Baca juga: Materi tentang Zakat

 

Shodaqoh mendapatkan pahala sampai tujuh puluh adalah shodaqoh yang diberikan kepada keluarga terdekat. Shodaqoh yang mendapatkan pahala tujuh ratus adalah yang diberikan kepada kawan-kawan atau sahabat. Shodaqoh yang mendapatkan pahala hingga tujuh ribu adalah shodaqoh yang diberikan kepada orang yang mencari ilmu.

Keutaman Shodaqoh

Diantara beberapa fadilah atau keutamaan dari shodaqoh antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mengundang datangnya rezeki
  • Menolak bala
  • Menyembuhkan penyakit
  • Menambah umur
  • Membuat hidup lebih nyaman

Keajaiban Shodaqoh

Shodaqoh bisa menjadi media atau instrument maha dahsyat jika dikelola dengan cara yang tepat dan baik. Berbagai persoalan atau masalah yang berkaitan dengan sosial, bahkan spiritual sekalipun, sebenarnya bisa diatasi melalui instrument yang satu ini.

Pada dasarnya rahasia untuk menarik rezeki terbesar dari Allah swt sudah dibongkar dan  dipublikasikan secara terbuka di berbagai pengajian dan ceramah-ceramah akbar. Bahkan, cara-cara tersebut telah banyak tersiar melalui media yang menurut penulis sangat mudah untuk diakses.

Tetapi, media masalahnya tidak semua orang meyakini pada janji-janji Allah swt tersebut sehingga umat pun tetap berada dalam kerangka berpikir yang sempit dan cenderung mengabaikan perintah kebaikan tersebut.

Shodaqoh adalah urusan hati dan keikhlasan para pelakunya didunia ini. Shodaqoh bisa mendatangkan berkah dan itulah yang membuat kita tidak sampai untuk menjangkaunya. Namun shodaqoh ada beberapa bukti diantara sekian keajaiban-keajaiban shodaqoh :

  • Shodaqoh meluaskan hati dan ini mengajarkan manusia bahwa mata hati para pelaku shodaqoh akan terbuka dan berfikiran secara luas. Ia akan mampu melihat mana yang lebih baik untuk diutamakan dalam setiap persoalan.
  • Shodaqoh melancarkan rezeki karena semakin banyak yang dikeluarkan maka akan semakin banyak pula hasilnya. Semakin banyak bershodaqoh akan semakin banyak pergantian dari Allah swt.
  • Shodaqoh menjadi media penyelamat disini shodaqoh diposisikan sebagai media penyelamat yang dapat menjadi sebab bebasnya kita dari incaran suatu musibah.
  • Shodaqoh sebagai asuransi hidup didunia dan akhirat yaitu perisai diri dari api neraka. Secara mendasar jika kita bershodaqoh kepada orang lain, sama halnya kita mempersiapkan jalan yang lapang ketika kita telah sampai di hari akhir, dimana setiap umat akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah diperbuatnya selama hidup.

Berbahagialah bagi orang-orang yang yang termasuk ahli shodaqoh, karena amalannya menjadi penolong bagi dirinya, seperti sabda Rasulullah saw, “naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah shadaqahnya

Wassalamu’alaikum wr.wb

Tinggalkan komentar