Hikmah Zakat

HARTA YANG WAJIB DI ZAKATI

Assalamua’alaikum warahmatullahi wabaraktuh

Nikmat dari Alloh SWT tentu sangatlah banyak mulai dari yang dapat kita lihat seperti sandang, papan dan pangan atau nikmat berupa terpenuhinya kebutuhan sekunder sampai nikmat yang tidak dapat kita lihat akan tetapi kita sangat merasakan  manfaat dari suatu nikmat tersebut.

Rizki yang diberikan oleh Alloh kepada manusia tidaklah sama kapasitasnya, akan tetapi bila kita mua bermuhasabah diri, maka semua itu sejatinya adalah cobaan. Menerima rizki dalam  jumlah yang melimpah adalah cobaan bagi orang tersebut. Apakah ia mau bersyukur dan membelanjakan hartanya di jalan kebaikan atau tidak.

Begitu pula dengan sebgaian orang yang bila kita lihat dengan mata kepala kita dapat kita katakana bahwa orang tersebut tidaklah sekaya orang yang lainnya. Itupun termasuk ujian baginya. Apakah dengan kondisi seperti itu orang tersebut mau menerima dengan tabah, lapang dada dan sabar atau kan tidak.

Orang yang mendapatkan rizki yang berlimpah baginya berkewajiban yaitu wajib mengeluarkan sebagian hartanya untuk membantu atau meringankan beban orang-orang yang kurang mampu. Oleh sebab itu bagi kita yang diberi rizki berlimpah hendaknya menyadari bahwa di dalam rizik kita terdapat haknya orang-orang yang kurang mampu.

Alloh SWT telah meganjurkan dan memerintahkan kepada hamba-Nya yang telah diberi rizki yang melimpah untuk mengeluarkan zakat dari sebagian harta yang dimilikinya. Begitu pun Alloh juga mengancam terhadap orang yang enggan untuk mengeluarkan zakatnya yaitu dengan ancaman yang sangat pedih sebagaimana dijelaskan dalam ayat al-quran berikut:

“dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak suka membelanjakannya di jalan Alloh, maka beritahukanlah kepada mereka itu akan mendapatkan siksa yang sangat pedih.” (QS. At-Taubah: 34)

Sebelum kita mengulas mengenai pembagian harta yang wajib dizakati, penting untuk kit ketahui bersama apa yang dimaksud dengan zakat sesungguhnya.

Pengertian Zakat

Zakat adalah suatu harta yang dikeluarkan oleh manusia dari milik Alloh untuk orang-orang fakir. Disebut zakat karena di dalamnya terdapat unsur pengharapan karunia, mensucikan jiwa dan menumbuhkan berbagai macam kebaikan. Berikut kami ulas mengenai harta apa saja yang wajib dizakati.

Harta yang wajib dikeluarkan zakatnya ialah: unta, sapi, kambing, kurma, anggur, tanaman makanan pokok (yang dapat memberi kekuatan) pada saat ikhtiar (bukan saat terpaksa), emas, perak, barang tambang dari emas, simpanan purbakala dari emas atau perak, harta dagangan dan zakat fitrah.

Sebelum kita membahas tentang tata cara mengeluarkan zakat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai syarat-syarat benda yang akan dikeluarkan zakatnya. Karena masing-masing benda yang wajib dizakati nisobnya berbeda.

Zakat Peternakan

Nishobnya unta yaitu lima ekor, nisobnya sapi tiga puluh ekor, nishobnya kambing empat puluh ekor. Jika memiliki salah satu hewan di atas akan tetapi tidak samai pada batas nisob maka baginya belum wajib mengeluarkan zakat. Untuk dapat mengeluarkan selain melihat jumlah hewan tersebut juga nisob harus  mencapai satu tahun.

nisob telah mencapai satu tahun maksudnya adalah bahwa kepemilikan hewan dengan jumlah tersebut sudah mencapai satu tahun. Dan hewan tersebut adalah hewan yang digembalakan di tempat yang diperbolehkan untuk diambil rumputnya bukan hewan yang dipekerjakan.

  • Setiap lima ekor unta zakatnya adalah satu ekor kambing.
  • Setiap empat puluh ekor kambing zakatnya adalh satu ekor kambing dengan ketentuan satu ekor kambing kibas berumur satu tahun atau kambing kacang yang berumur dua tahun.
  • Setiap tiga puluh ekor sapi zakatnya adalah satu ekor anak sapi jantan berumur satu tahun. Dan apabila ternak-ternak tersebut melebihi jumlah nisob tersebut maka kelebihan yang telah mencapai batas nisob juga wajib dizakati. Bila belum mencapai nisob maka tidak wajib dizakati.

Nishab Zakat Buah Buahan dan Makanan Pokok

Adapun nishobnya kurma, anggur dan tanaman makanan pokok adalah lima wasaq (satu wasaq = 60 sak, 1 sak = 3½ liter). Maka dapat disimpulkan zakatnya kurma, anggur dan tanaman makanan pokok adalah 3000 sak, dengan ukuran sak milik rosululloh saw.

Hasil tanaman selama satu tahun harus dikumpulkan menjadi satu dan ditotal jumlahnya. seumpama selama satu tahun panen sebanyak tiga kali. Tiap kali panen tidak mencapai satu nisob, akan tetapi bila dikumpulkan dari jumlah panen selama tiga kali tersebut telah mencapai satu nisob, mana wajib dikeluarkan zakatnya.

Adapun zakatnya tanaman adalah sepersepuluh, apabila tanaman tersebut disiram dengan air yang tanpa biaya. Apabila pengairan tanaman tersebut menggunakan biaya maka zakatnya adalah separuh dari sepersepuluh yakni seperdua puluh (1/20).

Bila tanaman tersebut telah lebih dari satu nisob maka bila lebihnya itu telah mencapai satu nisob maka wajib dizakati. Apabila lebihnya tidak sampai nisob maka tidak wajib dihitung. Kecuali hanya sekedar bersedekah maka diperbolehkan.

Nisab Zakat Emas

Nishobnya emas yaitu dua puluh misqol (77,50 gram). Sedangkan zakatnya adalah sebesar sepersepuluh gram (½ misqol). Jadi bila kita memiliki emas sebanyak 77,50 gram, maka kita wajib mengeluarkan zakatnya.

Adapun perak nishobnya adalah dua ratus dirham (600 gram), zakatnya sama dengan emas yaitu sebesar sepersepuluh gram. Adapun bila terdapat jumlah yang lebih darinisob maka zakatnya menurut perhitungan. Emas dan perak harus mencapai haul / satu tahun. Kecuali yang didapat dari pertambangan atau peninggalan purbakala.

Emas dan perak yang dari hasil pertambangan atau peninggalan purbakala dapat disimpulkan bahwa harta tersebut bukan dari hasil membeli,melainkan dari hasil pertambangan,maka zakatnya dikeluarkan seketika itu juga. Sedangkan zakatnya yaitu sebanyak seperlima.

Zakat Harta

Nishobnya harta daganga yaitu menurut mata uang yang dipakai untuk membeli harta tersebut dengan mata uang emas atau perak (nishobnya menurut ukuran nishob emas atau perak. Artinya, nilai uang). Zakatnya separuh dari seperepuluh (transaksinya).

Harta yang dicampur milik dua orang atau lebih, maka zakatnya seperti harta milik seseorang dalam ukuran nishob dan banyaknya yang dikeluarkan, dengan catatan apabila memenuhi syarat-syarat khiltoh (mencampur).

Zakat fitrah wajib atas orang islam yang menjumpai sebagian dari bulan ramadhan dan bulan syawal. Wajib atas diri sendiri dan orang-orang yang menjadi kewajibannya memberi nafkah (seperti anak) apabila orang muslim.

Adapun zakat fithrah setiap orang yaitu satu sak (1 sak = 3½ liter) dari makanan pokok yang berlaku di daerah tersebut. Jika sudah lebih untuk membayar hutang, memenuhi pakaian dan tempat tinggal. Serta lebih dari menafkai orang yang menjadi kewajibannya pada hari raya dan malam harinya.

Yang Berhak Menerima Zakat

  1. Orang-orang fakir
  2. Orang-orang miskin
  3. Pengurus-pengurus zakat
  4. Orang-orang yang dibujuk hatinya (karena baru masuk islam) muallaf
  5. Budak
  6. Para pemilik hutang
  7. Untuk pejuang di jalan Alloh (fi sabilillah)
  8. Orang yang dalam perjalanan (musafir)

Hikmah Zakat

Tujuan atau fungsi dari diwajibkannya zakat adalah sebagai bentuk untuk membersihkan diri kita. Di setiap harta benda yang kita miliki tentu terdapat haknya orang-orang fakir miskin. Maka dari itu zakat dikeluarkan sebagai bentuk untuk mengeluarkan hak-haknya orang lain yang terdapat pada diri kita.

Selain itu membayar zakat juga sekaligus sebagai bentuk rasya syukur dan iman kita kepada Alloh SWT. Karena melalui taat akan perintah kewajiban membayar zakat berate kita telah melaksanakan perintah Alloh SWT, yaitu rukun islam yang ke 4.

Demikian ulasan kami tentang zakat dan yang berkaitan dengan pembahasan zakat. Sebagai makhluk yang tidak sempurna tentu terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada segenap pembaca yang budiman. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang telah membaca artikel kami.

Kritik dan saran sangat kami harapkan demi lebih membangun dan memajukan blog yang kami kelola. Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar