Pengertian Zakat Fitrah

Penjelasan Pengertian Zakat Fitrah

untuk Kata zakat fitrah berarti tumbuh, dan fitrah berarti suci dan berkah. Adapun pengertian Zakat Fitrah menurut istilah ialah “ukuran harta seseorang yang diberikan kepada siapa saja yang berhak menerimanya dengan beberapa syarat yang telah ditentukan oleh syara’ guna mensucikan diri dari segala perbuatan keji”. Disamping itu pula sebagai ukuran bagi kaum muslimin yang telah menjalankan puasa Ramadhan. Karena dengan mengeluarkan zakat fitrah, maka sebagai pembersih dan pencuci setiap pribadi muslim, yang telah menjalankan ibadah puasa.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Allah berfirman pada surat At-taubah ayat 103, yang artinya : “Pungutlah zakat dari harta benda mereka, yang akan memberikan dan mensucikan”.

Hukum Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan semua pribadi muslim, baik laki-laki, perempuan, tua, dewasa maupun anak-anak atau hamba yang telah memenuhi beberapa persyaratan (sesuai dengan kondisinya) masing-masing.

Adapun ukuran zakat fitrah yaitu sebanyak 3,1 lt dari bahan makanan yang mengenyangkan. Mengenai wajibnya zakat fitrah, maka Nabi SAW menjelaskan dalam sabdanya :

Syarat Wajib Zakat Fitrah

Orang yang berkewajiban zakat fitrah ialah beragama Islam, dan mempunyai kelebihan bahan makanan untuk dirinya sendiri, maupun keluarganya sehari semalam pada waktu hari raya. Bila orang tersebut merasa kekurangan bahan makanan pada saat itu, maka tidaklah berkewajiban mengeluarkan zakat fitrah.

Baca Juga : Doa Zakat Fitrah

Yang Berhak Menerima Zakat

Hikmah Zakat Fitrah

Hikmah zakat fitrah, yaitu sebagai berikut :

  • Mensucikan kaum muslimin yang berpuasa Ramadhan
  • Mendidik seseorang agar mempunyai sifat pemurah (dermawan)
  • Menghindari dari perkataan yang keji dan dusta
  • Menghilangkan sifat kikir
  • Meringankan beban kehidupan fakir miskin
  • Senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan kepadanya
  • Menjalin rasa kasih sayang orang kaya terhadap orang fakir miskin

2 pemikiran pada “Pengertian Zakat Fitrah”

Tinggalkan komentar