Isim Tatsniyah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kalimat isim merupakan kalimat yang begitu penting dan akan sangat banyak dijumpai dalam pelajaran bahasa arab. Membahas isim memeng seolah tidak ada selesainya, mulai dari jenis-jenis isim, bentuk isim hingga nanti membahas kedudukan kalimat isim tersebut dalam sebuah rangkaian kalimat.

Nah pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan membahas mengenai isim tatsniyah, apa sih yang disebut dengan isim tatsniyah itu? simak terus pembahasan di bawah ini.

Pengertian Isim Tatsniyah

Isim tatsniyah ialah kalimat isim yang mengandung makna dua. Perbedaan antara mufrod, tatsniyah dan jamak ialah kandungan makan dan tanda i’rob yang digunakan. Isim tatsniyah memiliki tanda i’rob sendiri yaitu dengan menggunakan alif nun (ان) dan ya’ nun (ين) .

Tanda I’rob Isim Tatsniyah

Tanda i’rob yang digunakan untuk isim tatsniyah berbeda dengan dengan tanda i’rob yang digunakan dalam isim mufrod dan jamak mudzakar salim. Tanda i’rob untuk isim tatsniyah yaitu menggunakan tambahan alif nun ان (ani) untuk bentuk rofa’nya dan menambahkan ya’ nun ين (aini) untuk bentuk nashob dan jarnya.

Baca Juga: Ciri Ciri Isim

Contoh Mufrod Menjadi Tatsniyah

كِتَبَانِ     <-    كِتَبٌ (sebuah buku    ->    dua buah buku)

قَامُوسَانِ     <-   قَامُوْس (sebuah kamus    ->    dua buah kamus)

القَمَرَانِ   <-     القَمَرُ (rembulan    ->    dua rembulan)

المِقْلَاتَانِ     <-   المِقْلَاةُ (wajan    ->    dua buah wajan)

القَطِيْعَانِ     <-   القَطِيْعُ (kelompok   ->    dua kelompok)

Contoh Isim Tatsniyah Dan Maknanya

جَاءَ رَجُلَانِ فِي الفَصْلِ (telah datang dua orang laki-laki di dalam kelas)

أَكَلْتُ بِمَرْأَتَيْنِ (saya makan dengan dua orang perempuan)

اِنَّ الإِمَامَيْنِ فِي الْحَدِيْثِ البُخَرِيُّ وَالمُسْلِمُ (bahwasanya dua imam di dalam hadis ialah imam bukhori dan imam muslim)

حَمَلْتُ القَلَمَيْنِ (saya membawa dua buah pena)

المَسْجِدَانِ المَشْهُرَانِ فِي سَودِ عَرَبِيَّةِ المَسْجِدِ الحَرَامِ وَ مَسْجِدِ النَّبَوِّي (dua masjid yang terkenal di Saudi Arabia yaitu masjidil haram dan masjid Nabawi)

I’rob Isim Tatsniyah

جَاءَ رَجُلَانِ فِي الفَصْلِ : lafadz رَجُلَانِ berkedudukan menjadi fail, fail hukumnya rofa’, tandanya yaitu alif (ani انِ ) karena isim tastniyah.

أَكَلْتُ بِمَرْأَتَيْنِ : lafad مَرْأَتَيْنِ dibaca jar karena kemasukan huruf jar yaitu بِ , tanda jarnya dengan ya’ (aini يْنِ) karena isim tatsniyah.

اِنَّ الإِمَامَيْنِ فِي الْحَدِيْثِ البُخَرِيُّ وَالمُسْلِمُ : lafadz الإِمَامَيْنِ dibaca nashab, tandanya dengan ya’  (aini يْنِ) karena isimtatsniyah. Dibaca nashob karena menjadi isimnya اِنَّ.

حَمَلْتُ القَلَمَيْنِ : lafadz القَلَمَيْنِ dibaca nashob, tandanya dengan tandanya dengan ya’  (aini يْنِ) karena isim tatsniyah. Dibaca nashob karena menjadi maf’ul bih. Menjadi maf’ul bih karena adanya fi’il dan fa’il.

المَسْجِدَانِ المَشْهُرَانِ فِي سَودِ عَرَبِيَّةِ المَسْجِدِ الحَرَامِ وَ مَسْجِدِ النَّبَوِّي : lafad  dibaca rofa’ karena menjadi mubtada, tandanya dengan alif (ani انِ ) karena isim tastniyah. Menjadi mubtada karena isim ma’rifat di awal kalimat.

Perbedaan Antara Mufrod, Tatsniyah Dan Jamak

Perbedaan antara isim mufrod, tatsniyah dan jamak ialah makna yang terkandung di dalamnya. Isim mufrod yaitu kalimat isim yang mengandung arti satu, sedangkan isim tatsniyah ialah kalimat isim yang mengandung arti dua, dan isim jamak mudzakar salim adalah kalimat isim yang mengandung arti banyak.

Contoh Perubahan Mufrod, Tatsniyah Dan Jamak

المُسْلِمُ :satu orang islam (rofa’)

المُسْلِمَانِ : dua orang islam (rofa’)

المُسْلِمُوْنَ : banyak orang islam (rofa’)

عَلَى المُسْلِمِ : satu orang islam (jar)

عَلَى المُسْلِمَيْنِ : dua orang islam (jar)

عَلَى المُسْلِمِيْنَ : banyak orang islam (jar)

اِنَّ المُسْلِمَ : satu orang islam (nashob)

اِنَّ المُسْلِمَيْنِ : dua orang islam (nashob)

اِنَّ المُسْلِمِيْنَ : banyak orang islam (nashob)

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan bab isim tatsniyah. Semoga dapat dijadikan sebagai media untuk belajar bagi teman-teman sekalian. Amin ya robbal ‘alamin.

Kami mohon maaf kepada para pembaca bila terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam memberikan contoh ataupun keterangan yang ada. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar