Huruf Jar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salah satu perbedaan antara bahasa arab dengan bahasa Indonesia adalah penyebutan antara huruf dan kalimat. Dalam bahasa Indonesia huruf yaitu sebelum menjadi kata-kata seperti huruf abjad umumnya.

Sedangkan bahasa arab huruf bukan hanya sebagaimana huruf hijaiyah saja melainkan ada yang terdiri dari dua atau tiga huruf, seperti huruf jar akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Pengertian Huruf Jar

Huruf menurut istilah nahwu ialah jenis kata yang berfungsi sebagai kata bantu, yaitu kata yang mengandung makna yang tidak berdiri sendiri. Makna dari huruf tersebut hanya bisa diketahui bila bersandingan dengan kata lain.

Huruf jar atau biasa disebut juga dengan majrur memiliki arti yang ditarik atau diturunkan. Dalam ilmu nahwu yang dimaksud isim berharakat jar (kashroh), tetapi tanda-tanda dari i’rob jar bukan hanya kashroh. Tanda-tanda i’rob jar ada tiga macam yaitu, kashroh, fathah dan ya’.

Tanda dari kalimat huruf ialah tidak bisa menerima tanda-tanda isim atau fiil atau dengan kata lain bahwa huruf itu tidak memiliki tanda pengenal. Cara mengetahui huruf bisa dengan menghafalkan huruf-hurufnya, seperti huruf jar, huruf athaf dan lain sebagainya.

Kalimat yang termasuk ke dalam jenis huruf ini terbagi menjadi beberapa macam sesuai dengan fungsinya yang mempengaruhi kalimat yang dimasukinya, fungsi maknanya dan terbagi menjadi tiga macam yaitu:

  • huruf yang dapat masuk kepada kalimat isim dan fiil dan huruf tersebut tidak memiliki kedudukan apapun dalam dalam i’rob, contoh: هَلْ
  • huruf yang khusus masuk pada isim dan huruf tersebut memiliki fungsi dalam i’robnya, contoh: إِنْ  dan فِي
  • huruf yang khusus masuk pada kalimat fiil dan huruf tersebut memiliki fungsi dan kedudukan dalam fiil tersebut, contoh seperti huruf atau amil nashob dan jazm yang masuk pada fiil mudhori’

Huruf Jar 

مِنْ – اِلَى – عَنْ – عَلَى – فِي – رُبَّ – ب – ك – ل

Huruf Jer Latin

Min, ila, ‘an, ‘ala, fiy, rubba, bi, kaf, lam.

Huruf Jer Dan Artinya

مِنْ  : saking atau dari

اِلَى : marang atau ke…

عَنْ : saking atau dari

عَلَى : ingatase atau di atas

فِي : ing dalem atau di, di dalam

رُبَّ : akeh-akehe atau kebanyakan

ب : kelawan atau dengan

ك : koyo atau seperti

ل: kerono, marang, kedue atau karena, ke…, untuk (milik)

Faidah Huruf Jar

Faidah atau fungsi dari huruf jer adalah untuk mengejarkan suatu kalimat. Kalimat yang dapat menerima huruf jar hanyalah kalimat ism saja, kalimat fiil tidak bisa menerima huruf jar. Kalimat isim yang kemasukan huruf jar nantinya wajib dibaca jar.

Sebagaimana sedikit disinggung di atas bahwa tanda i’rob jer yaitu ada tiga, kashroh untuk isim mufrod, ya’ untuk isim tatsniyah dan jamak mudzakar salim dan asmaul khomsah, dan fathah untuk isim ghoiru munshorif.

Contoh Huruf Jer

بِ + الصَّلَاةَ = بِ الصَّلَاةِ

اِلَى + المَسْجِدَ = اِلَى الْمَسْجِدِ

مِنْ + المَدْرَسَةُ = مِنَ المَدْرَسَةِ

عَنْ + النَبِيُّ = عَنِ النَبِيِّ

عَلَى + المَكْتَبُ = عَلَى الْمَكْتَبِ

Contoh Huruf Jar Dalam Al-Quran

بِسْمِ الله الرَّحْمن الرَّحِيم

ذلِكَ الكِتب لارَيْبَ فِيْهِ هَدًى لِلمُتَّقِيْنَ

فِي جَنّٰتٍ النَّعِيْمِ

وَقَلِيْلٌ مِّنَ الاٰخِرِيْنَ

عَلَى سُرُرٍ مَّوْضُونَةٍ

Isim Isim Yang Dibaca Jar

Isim-isim yang dibaca jar antara lain sebagai berikut:

  1. Isim yang kemasukan huruf jar : لِلمُتَّقِيْنَ اِمَامًا
  2. Isim yang menjadi mudhof ilaih : بِرَسُوْلِ اللهِ
  3. Isim yang mengikuti i’rob sebelumnya yang dibaca jar :  الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَلَمِيْنَ

Demikian keterangan dari huruf jar yang dapat kami sampaikan semoga dapat memberi pemahaman dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Atas segala kekurangan dan kesalahan yang ada kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar