Huruf Hijaiyah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sebagai manusia tentu tidaklah langsung dapat menguasai suatu bidang setadi ilmu bila tidak ada pemulanya. Sebelum kita pandai membaca dan menulis tentu kita belajar mengenal huruf-huruf abjad terlebih dahulu.

Dari huruf-huruf abjad itulah lalu kita bisa mengenal kata demi kata hingga akhirnya pandai membaca kalimat bahkan paragraf. Bukan hanya satu dua paragraf yang dibaca melainkan buku-buku juga menjadi bacaan yang digemari.

Baca Juga : Ilmu Tajwid

Di dalam agama islam terdapat kewajiban bagi setiap umat muslim yaitu belajar membaca al-Quran. Al-Quran tertulis dengan aksara arab atau huruf-huruf hijaiyah yang tersambung menjadi kata dan menjadi rangkaian jumlah.

Sebelum kita bisa membaca al-Quran tentu terlebih dahulu kita belajar mengenal huruf-huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah merupakan huruf abjad dalam bahasa arab. Yang nantinya akan menjadi sebuah kata dan bila disambung dengan kata lain maka akan menjadi sebuah rangkaian jumlah.

Dalam bahasa arab rangkaian kalimat disebut dengan rangkaian jumlah. Ada yang dinamakan jumlah fi’liyah yaitu kalimat yang mengandung kata kerja dan pelaku, selain jumlah fi’liyah terdapat pula jumlah ismiyah, yaitu rangkaian kalimat yang terdiri dari kata benda.

Huruf Huruf Hijaiyah

Secara keseluruhan jumlah huruf hijaiyah ialah sebanyak 28 (dua puluh delapan) namun bila di tambah lam–alif dan hamzah maka berjumlah 30 (tiga puluh ) huruf. Berikut kami tulis masing-masing huruf hijaiyah yang berjumlah 30 tersebut:

Tho’ط16Alifا1
Zho’ظ17Ba’ب2
‘ainع18Ta’ت3
Ghoinغ19Tsa’ث4
Faف20Jimج5
Qofق21Ha’ح6
Kafك22Kho’خ7
Lamل23Dalد8
Mimم24Dzalذ9
Nunن25Ro’ر10
Wauو26Zaiز11
Ha’ھ27Sinس12
Lam-alifلا28Syinش13
Hamzahء29Shodص14
Ya’ي30Dhodض15

Itulah keseluruhan dari huruf-huruf hijaiyah yang harus kita ketahui. Sebab tidak mungkin kita bisa membaca al-Quran bila tidak mengenal satu persatu huruf hijaiyah.

Sifat Sifat Huruf Hijaiyah

Dari seluruh huruf hijaiyah yang ada masing-masing memiliki sifat yang berbeda-beda antara huruf yang satu dengan huruf yang lainnya. Berikut keterangan sifat-sifat huruf hijaiyah secara keseluruhan.

Sifat huruf hijaiyah seluruhnya berjumlah tujuh belas menurut pendapat yang dipilih oleh para ulama. Dari tujuh belas sifat tersebut terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama yaitu sifat huruf hijaiyah yang mempunyai lawan sifat.

Sedangkan bagian yang kedua yaitu sifat huruf hijaiyah yang tidak memiliki lawan sifat. Nah untuk itu mari kita bahas yang pertama terlebih dahulu.

Sifat huruf hijaiyah yang memiliki lawan sifat:

  1. جَهْر artinya terang, lawannya yaitu هَمْس atau bisik-bisik.
  2. شِدَّة artinya keras, lawannya yaitu رَخَاوَة artinya pelan dan diantara keras dan pelan.
  3. إِسْتِعْلَاءْ artinya adalah tinggi, lawannya yaitu إِسْتِفَال yang artinya rendah.
  4. اِطْبَاقْ artinya ialah tertutup, lawannya ialah اِنْفِتِاح artinya terbuka.
  5. فَصِيْح artinya membuat fasih, lawannya ialah إِسْمَات artinya diam.

Yang selanjutnya yaitu sifat huruf yang tidak memiliki lawan sifat. Sifat huruf yang tidak memiliki lawan sifat semuanya berjumlah tujuh sifat ;

  1. Qolqolah (قلقلة)
  2. Len (لين)
  3. Inhiraf(انحراف)
  4. Takrir (تكرير)
  5. Shafir (صفير)
  6. Tafasy-syi(تفشي)
  7. Istithalah (استطالة )

Nah itulah huruf-huruf hijaiyah yang wajib kita ketahui agar nantinya kita bisa membaca al-Quran. Demikian yang dapat kami sampaikan semoga dapat memberi pengetahuan dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Atas segala kekurangan dan kekeliruan yang ada dengans segala kerendahan hati kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2 pemikiran pada “Huruf Hijaiyah”

Tinggalkan komentar