doa sholat dhuha

SHOLAT DHUHA

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semuanya, puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Amin ya rabbal’alamin. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita baginda nabi agung Muhammad saw.

Sebelum lebih jauh kita membahas sholat dhuha, terlebih dahulu kita akan membahas makna sholat. Oleh karena itu kita uraikan terlebih dahulu makna sholat secara bahasa dan secara syariat. Mengingat setiap hari kita mengerjakan sholat sebanyak lima waktu maka makna sholat menjadi penting untuk kita ketahui bersama.

PENGERTIAN SHOLAT

Secara bahasa sholat artinya adalah Do’a, sedangkan menurut syariat, sholat adalah suatu ibadah yang terdiri atas beberapa ucapan dan perbuatan tertentu yang diawali dengan takbiratul ihram (mengucapkan takbir) dan diakhiri dengan salam. Sholat merupakan ibadah mudghoh yang wajib dilaksanakan oleh orang mukmin yang sudah baligh dan berakal.

Sholat merupakan manifestasi gerak ibadah yang merupakan hubungan seorang hamba secara langsung dengan Alloh SWT. Dengan melaksanakan sholat seseorang akan mendapatkan tambahan kekuatan batin dan memudahkan mendapat petunjuk dari Alloh SWT berupa intuisi dan inspirasi.

Oleh sebab itu sholat merupakan ibadah yang dapat menunjukan jalan yang lurus menuju ridha Alloh SWT. Sholat bukan ibadah yang memberatkan manusia, sholat merupakan alat bantu atau sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya agar mendapat pertolongan-Nya, perlindungan-Nya dan keridhoan-Nya.

Berkaitan dengan sholat dhuha, bahwa sholat dhuha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan istiqamah dapat menumbuhkan kekuatan energi dalam diri orang yang melaksanakannya.Selain itu sholat dhuha juga dapat membangun motivasi atau spirit yang sangat berguna ketika seseorang beraktivitas.

Dengan beristiqomah atau telaten menjalankan sholat dhuha bila seseorang dalam keadaan kesulitan, terperangkap kemiskinan dan hilang semangatnya maka Alloh akan mengubah kesulitan tersebut menjadi jalan yang terbuka lebar dan didatangkan kesempatan dari berbagai arah. Hal ini seperti dalam hadits nabi saw;

“sholat dhuha itu mendatangkan rizki dan menolak kemiskinan, dan tidak ada yang memelihara sholat kecuali hanya orang-orang yang bertaubat.” ( HR. Tirmidzi)

“barang siapa menjalankan sholat sunnah dhuha empat rakaat dan sebelum dzuhur empat rakaat, maka akan didirikan baginya rumah di syurga.” (HR. Thabrani)

Dari kedua hadits diatas dapat kita ambil pelajaran bahwa bila kita rajin melaksanakan sholat dhuha, maka baginya akan diberikan kemuliaan rezki dan dibangunkan rumah di syurga. Demikian keterangan hadits diatas dengan periwayatan yang shohih.

WAKTU SHOLAT DHUHA

Seperti halnya sholat wajib yang lima waktu atau juga sholat sunnah bakdiyah dan qobliyah masing-masing memiliki waktu untuk melaksanakannya. Waktu melaksanakan sholat dhuha adalah pada saat matahari sedang naik setinggi satu atau dua tombak sampai pada waktu menjelang atau sebelum sholat dzuhur.Berikut gambar waktu yang diperbolehkan untuk melaksanakan sholat dhuha (Waktu Indonesia bagian Barat)

JUMLAH RAKAAT SHOLAT DHUHA

Hadits Amr bin Abbas Ra. Menunjukan bahwa jumlah rakaat shalat dhuha itu tidak mempunyai batasan maksimal, didalamnya disebutkan:….“Kerjakanlah shalat shubuh lalu berhentilah mengerjakan sholat hingga matahari terbit dan naik karena sesungguhnya matahari itu terbit diantara dua tanduk syaitan dan pada saat orang-orang kafir bersujud untuknya. Kemudian kerjakanlah shalat karena sesungguhnya sholat itu disaksikan dan dihadiri (malaikat) sampai baying-bayang tombak semakin sedikit, kemudian berhentilah sholat karena pada saat itu jahannam memanas (dinyalakan)…” (HR. Muslim)

Dalam kitab sunan Abi Dawud disebutkan:…”kemudian berhentilah hingga matahari terbit lalu naik kira-kira sekitar satu atau dua tombak.” ( HR. Abu Dawud)

Dalam lafadz milik Ahmad disebutkan:

فَإِذَ ارْتَفَعَتْ قِيْدَ رُمْحٍ أَوْ رُمْحَيْنِ فَصَلِّ

Sholat dhuha adalah sholat yang dimaksudkan sebagai bentuk memohon kepada Alloh agar dilancarkan urusan rezekinya, rezeki yang terkandung di dalam sholat dhuha tidak melulu membahas masalah keuangan atau finansial saja.Melainkan segala rizki yang diperlukan oleh umat manusia seperti kesehatan, pikiran yang tenang, atau diberikan ilmu yang bermanfaat.

Jumlah rakaat dalam sholat dhuha yang paling sedikit adalah dua rakaat dan yang paling banyak adalah dua belas roka’at. Namun bila melaksanakan sholat lebih dari dua rakaat maka cara mengerjakannya adalah dua rakaat – dua rakaat. Jadi bila hendak mengerjakan sholat dhuha dengan delapan rakaat misalnya, maka melakukan empat kali salam.

TATA CARA SHOLAT DHUHA

Secara umum tata cara pelaksanaan sholat dhuha samadengan seperti melaksanakan sholat lain pada umumnya. Yang membedakan hanyalah waktu pelaksanaan dan niatnya. Jika kita urutkan maka bisa kita perinci seperti sebagai berikut ini:

  1. Niat untuk mengerjakan sholat dhuha dengan setiap sholat berjumlah dua rokaat satu kali salam. Perlu diperhatikan; niat cukup di dalam hati
  2. Setelah niat kedian takbiratul ihram dan dilanjutkan dengan membaca surat al-fatihah.
  3. Setelah membaca surat alfatihah selanjutnya diteruskan dengan membaca surat-surat pendek yang kita hafal, atau boleh juga menggunakan surat Ad-Dhuha sebagai bacaan suratannya
  4. Setelah selesai membaca suratan kemudian melakukan ruku’ membaca bacaan seperti pada bacaan rukuk pada sholat fardhu. Kemudian I’tidal membaca doa I’tidal. Selanjutnya yaitu sujud lalu membaca bacaan sujud. Selanjutya duduk diantara dua sujud dan membaca doa diantara dua sujud. Kemudian sujud yang ke dua

Rakaat kedua pun sama dengan rakaat pertama hanya saja suratan yang dibacakan berbeda dengan pada rakaat pertama.membaca suratan disesuaikan dengan yang kita hafal. Namun suratan yang dibaca pada rakaat kedua biasanya yang lebih pendek jumlah ayatnya. Bila sudah sampai pada sujud kedua lalu tasyahud akhir,membaca doa tasyahud dan kemudian salam.

  1. Menutup sholat dhuha dengan lantunan dzikir dan doa.

 NIAT SHOLAT DHUHA

Sebagai mana dalam melakukan amal kebaikan maka harus diawali dengan niat terlebih dahulu.Begitu pula ketika orang hendak melaksanakan ibadah sholat dhuha, maka baginya wajib melafalkan bacaan niat sholat dhuha terlebih dahulu.Agar sholat tersebut dapat diterima oleh Alloh SWT juga niat merupakan bagian dari pada rukun sholat.Demikian niatnya;

أُصَلِّي سُنَّةً الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُستَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلهِ تَعَالَى

Usholli sunatadh dhuha rok’atain lillahi ta’ala

“Aku niat sholat sunah dhuha dua rokaat karena Alloh ta’ala”

DOA SHOLAT DHUHA

Sebagaimana sholat dalam arti bahasa adalah doa, maka setelah sholat tentu kita pun akan membaca doa sesuai dengan yang kita inginkan. Begitupun dengan sholat dhuha yang merupakan sholat yang secara khusus ditujukan agar kita mendapat rizki yang luas, barakah serta bermanfaat, maka setelah sholat dhuha pun ada doa yang umum dibacakan selepas selesai sholat dhuha.

Doa merupakan senjata paling ampuh bagi manusia untuk mendekatkan diri dan meminta kepada Tuhan yang maha esa. Selain itu bila manusia sudah enggan berdoa atau sudah merasa cukup kuat sehingga tidak membutuhkan doa, maka orang tersebut sebenarnya telah menjadi orang yang sombong dihadapan Alloh SWT.

Maka dalam sholat dhuha pun terdapat doa yang harus kit abaca sebagai bentuk permohonan agar kita diberi rizki yang halal, melimpah, barakah dan bermanfaat dunia dan akhirat.Sehingga usaha kita banting tulang setiap hari benar-benar dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Berikut doa setelah sholat dhuha.

ARTI DOA SHOLAT DHUHA

MANFAAT SHOLAT DHUHA

Berikut beberapa hadits yang menerangkan tentang keutamaan atau fadhilah yang terdapat dalam sholat dhuha.Dari beberapa hadits yang kami tulis semoga dapat memberikan motivasi atau kesemangatan bagi kita semua untuk selalu bertambah giat menjalankan ibadah sholat dhuha.

‘Alloh yang maha perkasa lagi maha mulia berfirman: “wahai anak Adam janganlah engkau lemah untuk mengerjakan empat rakaat untuk-Ku pada awal siang, niscaya aku akan memberikan kecukupan kepadamu pada akhir siang”( HR. Abu Dawud)

“Wahai anak adam rukuklah empat rakaat untuk-Ku di awal siang, niscaya aku akan mencukupimu di awal siang” (HR. Turmudzi)

“barang siapa mengerjakan sholat shubuh berjamaah lalu duduk berdzikir kepada Alloh sampai matahari terbit kemudian mengerjakan sholat dua rakaat, maka pahala sholat itu baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepeuhnya.” (HR. Turmudzi)

Dari ketiga hadits yang kami kutip diatas maka dapat kita ambil kesimpulan beberapa fadhilah atau keutamaan sholat dhuha dengan perincian intisari dari hadits tersebut sebagai berikut;

  1. Sholat sunah dhuha mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi seorang muslim. Sholat dhuha disejajarkan seperti kewajiban bersedekah setiap harinya.
  2. Sholat dhuha bisa sebagai ganti atas kewajiban bersedekah bagi seorang muslim.
  3. Islam selalu menyediakan alternatif, bila seorang muslim pada realitasnya belum mampu melaksanakan suatu kewajiban, maka sholat dhuha dapat dijadikan sebagai ganitnya.
  4. Kita tidak boleh merasa lemah untuk melaksanakan sholat dhuha, apapun jabatan kita. Sebab syaitan akan menghiasi kesibukan kita sebagai tujuan hidup.
  5. Alloh menjanjikan akan memberikan kecukupan hidup bagi setiap muslim yang melakukan sholat dhuha
  6. Pahala sholat dhuha menyamai pahala orang yang melaksanakan ibadah umrah dan haji, dengan catatan bila orang yang melakukan sholat dhuha mengawalinya dengan sholat shubuh berjamaah kemudian tetap duduk untuk berdzikir hingga matahari naik cukup tinggi. Lalu diteruskan dengan melaksanakan sholat dhuha.

PENGARUH SHOLAT DHUHA

Setiap amal perbuatan yang kita lakukan pasti akan memberi pengaruh kepada kita sendiri atau kepada orang yang melakukan perbuatan tersebut. Sholat dhuha memiliki banyak pengaruh positif kepada setiap orang yang melaksanakannya baik pekerja profesional, ibu rumah tangga, pelajar atau bahkan bagi perusahaan.

Bahkan banyak orang yang sudah terbiasa sholat dhuha mereka  mengatakan bahwa sholat dhuha memiliki energi yang luar biasa. Berikut kami rangkum penjelasan atau uraian mengenai beberapa pengaruh sholat dhuha.

BAGI KALANGAN PROFESSIONAL

Bagi kalangan professional seperti guru, dosen, dokter, arsitek, akuntan, pengacara, manajer, konsultan dan lain-lain membutuhkan kerja ekstra untuk menjalankan tugas dan program kerja mereka.

Dengan melakukan sholat dhuha sejenak meski hanya beberapa rakaat, tentu hal itu akan dapat membantu mereka dalam menjalankan tugas atau membantu menemukan ide-ide yang dapat membangun pikiran dan meningkatkan semangat kerja. Diantara pengaruh sholat dhuha bagi golongan profesional yaitu:

  1. Menumbuhkan optimisme dalam menjalankan tugas.
  2. Membangn dan menyegarkan semangat kerja.
  3. Mengukuhkan karakter sebagai seorang professional yang berkarakter cerdas, amanah, matang dan jujur.
  4. Menambah tingkat konsentrasi.
  5. Mengurangi tingkat stress tau tekanan jiwa.
  6. Meningkatkan kemampuan manajerial.
  7. Meningkatkan kesabaran, ketelatenan dan keuletan dalam menyelesaikan tugas.
  8. Meningkatkan kemampuan evaluasi dan analisis terhadap suatu masalah.
  9. Membantu menemukan inspirasi baru.

BAGI BURUH

Berbeda profesi, berbeda pula masalah dan tingkat stresnya.Ritme kerja yang mereka jalani dalam kehidupan sehari-hari menuntut mereka untuk ekstra hati-hati.Kita sendiri melihat kenyataan bahwa para buruh mengalami masalah yang komplek mulai dari shift kerja, gaji pokok, ketidak adilan dan diskriminasi, dan lain sebagainya.

Terkadang umumnya orang membayangkan bahwa masalah itu bisa selesai atau minimalatau bisa diperkecil seiring dengan selesainya masalah manajemen.Namun ternyata tidak semudah itu, oleh karena itu dibutuhkan kekuatan atau usaha di luar tenaga riil manusia.Bersimpuh di hadapan Alloh dengan sholat dhuha bisa menjadi solusi.

Berikut beberapa hal yang dapat kita sampaikan meskipun berprofesi hanya sebagai buruh. Namun bila istiqomah menjalankan sholat dhuha maka akan dapat meraih beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Sebagai salah satu media terbaik untuk mencurahkan segala persoalan hidup.
  2. Menambah keyakinan bahwa setiap masalah dapat teratasi dengan bantuan Alloh SWT, dzat yang maha segalanya.
  3. Membantu mengendalikan emosi dalam menyelesaikan suatu masalah.
  4. Membantu menempatkan masalah secara proporsional.
  5. Menumbuhkan kepercayaan diri untuk menjadi yang terbaik dalam bekerja.

 BAGI PEDAGANG

Dunia perdagangan merupakan dunia yang penuh persaingan.Hari ini bisa meraup untung setinggi mungkin tapi hari esoknya benar-benar anjlok pendapatannya.Hari ini dapat pelanggan atau konsumen banyak tapi hari esok bisa jadi menjadi hari yang sangat sepi.

Namun bila kita mau berintrospeksi diri maka akan kita temu banyak hal yang kurang dari kita sendiri. Maka paling tidak kita patut bersyukur sebab berniaga merupakan pekerjaan yang mulia dan sangat dipuji dalam islam. Dengan beristiqomah sholat dhuha, seorang pedagang dapat terbantu dalam beberapa hal berikut:

  1. Menumbuhkan keyakinan penuh bahwa dzat yang memberi rezeki hanyalah Alloh SWT sajalah yang membuat hati manusia tertarik untuk menjadi pelanggan anda.
  2. Menanamkan pemahaman dalam diri bahwa hari-hari pasti dipergulirkan oleh Alloh SWT dan manusia tidak selamanya Berjaya. Dengan demikian kita bersabar bila sedang kurang beruntung atau bersyukur bila sedang untung banyak.
  3. Menumbuhkan optimisme bahwa ALloh SWT tidak akan menyia-nyiakan hamba-Nya yang taat.
  4. Sebagai media untuk mengundang rahmat Alloh SWT.
  5. Dapat mengurangi setres dari masalah yang sedang dialami dalam proses perniagaannya
  6. Mengendalikan nafsu matrealisme dalam diri manusia sehingga tidak mudah tergiur untuk menghalalkan segala cara demi meraup keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
  7. Bisa menjadi lantaran naiknya omzet perniagaan atas izin Alloh SWT.

BAGI PELAJAR

Bagi seorang pelajar memang tidak memiliki tekanan pikiran seberat pekerja professional atau pekerja buruh, akan tetapi meski tidak memiliki tekanan pikiran atau jam kerja yang padat namun seorang pelajar seringkali dihadapkan dengan tugas atau kewajiban belajar yang menuntut untuk  berfikir keras.

Akan sangat baik bila seorang pelajar baik itu yang masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi untuk senantiasa melaksanakan sholat dhuha.Bahkan sangat baik bila sholat dhuha menjadi program dari suatu lembaga pendidikan.Mengenai waktu pelaksanaan sholat dhuha tentu pihak lembaga lebih memahami.

Bila kita mencoba untuk menelaah bahwa sholat dhuha sesungguhnya sangat membantu pihak sekolah dalam mengatasi masalah yang sering kali tidak mampu mereka selesaikan.Sholat dhuha memiliki pengaruh sangat luar biasa ketika sebuah lembaga pendidikan mewajibkan peserta didiknya untuk melaksanakan sholat dhuha.

Semua orang menyadari bahwa core value (nilai inti) dari sebuah proses pendidikan bukanlah dalam bentuk nilai-nilai yang tertulis di atas lembaran kertas. Sebab ia tidak bisa sepenuhnya menjamin kesuksesan hidup. Nilai tersebut hanya indicator awal yang tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Lembaga pendidikan perlu mengembangkan anak didiknya dalam ranah yang lebih inti yaitu character building. Dengan beristiqomah melaksanakan sholat dhuha seorang pelajar insya Alloh akan mendapatkan manfaat dari sholat dhuha diantaranya:

  1. Membantu menstabilkan emosi transisi mereka.
  2. Memberikan media curhat yang terbaik.
  3. Membantu meningkatkan kosentrasi siswa.
  4. Membangun siswa memiliki karakter yang kuat dan berakhlak mulia.
  5. Meningkatkan dan menyegarkan semangat belajar.
  6. Membangun optimism dalam menjalani atau menyelesaikan tugas belajar.
  7. Bisa menjadi sarana untuk meminimalisir permasalahan internal lembaga.

Demikianlah beberapa penjelasan yang berkaitan dengan sholat dhuha, mulai dari waktu pelaksanaan sholat, tata cara sholat, niat sholat sampai doa setelah sholat dhuha. Juga kami rangkum beberapa pengaruh sholat dhuha didalam kehidupan kita sehari-hari.

Agar semoga dapat menambah semangat bagi kita semua untuk senantiasa istiqomah menjalani sholat dhuha ditengah-tengah kesibukan kita.Mengingat pentingnya sholat semoga kita diberi keistiqomahan untuk mengamalkannya.Dan bagi yang sudah rajin mengamalkannya semoga diberi rizki yang halal, barokah dan bermanfaat dunia dan akhirat.

Sebelum kami tutup, semoga apa yang kami sampaikan dapat memberi manfaat kepada para pembaca umumnya dan bagi penulis sendiri tentunya. Semoga apa yang kita cita-citakan dan apa yang kita panjatkan kepada Alloh SWT dikabulkan dan diberi keberkahan serta kemanfaatan dari-Nya. Amin ya rabbal ‘alamin. Akhirul kalam wassalamu’alaikum warahatullahi wabarakutuh

Tinggalkan komentar