Bukti Perkembangan Islam Di Dunia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Islam merupakan agama yang memiliki pengikut paling banyak di dunia ini. Dari beberapa agama yang ada di dunia Islam merupakan agama yang menyebar diseluruh penjuru dunia. maka tidak heran bila agama Islam memiliki perkembangan dan kemajuan di berbagai bidang yang sangat luar biasa.

Apa Yang Dimaksud Dengan Perkembangan Islam?

Perkembangan dalam agama Islam artinya yaitu bahwa agama Islam mengalami perkembangan kemajuan yang semakin meningkat baik dari wilayah penyebarannya, jumlah pengikutnya atau pun perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan pembangunan layanan sosial seperti masjid, sekolahan dan lain sebagainya.

Di dunia ini terdapat banyak sekali bukti perkembangan Islam yang dibangun pada zaman dahulu namun masih dijaga dan dilestarikan hingga hari ini.

Sebagaimana lazimnya kehidupan agama Islam pernah mengalami masa kejayaan dan mengalami masa keruntuhan. panorama agama Islam pada zaman dahulu tentu berbeda dengan parnorama keislaman pada saat ini.

Akan tetapi perbedaan tersebut bukanlah perbedaan dalam berakidah akan tetap perbedaan dalam bentuk kondisi sosial masyarakat, teknologi dan perkembangan cara penyebaran yang berbeda dengan zaman dahulu.

Berikut ini beberapa bukti dari perkembangan agama Islam yang dapat kita pelajari sebagai bentuk kebesaran dan kemajuan Islam di dunia

Bahasa Arab sebagai Bahasa Internasional

Salah satu hasil peradaban Islam pada masa dahulu ialah dapat menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa internasional antar etnis maupun antar umat beragama yang lainnya. keragaman akan suku dan etnis yang ada pada saat itu mampu hidup berdampingan antara satu dengan yang lainnya.

Bahasa arab digunakan sebagai bahasa pengantar diantara mereka dalam menjalani hubungan diplomatic dan hubungan antar etnis yang ada.

Adapun bukti peradaban Islam zaman kekhilafahan Islam juga banyak meninggalkan bukti perkembangan Islam di dunia. bukti perkembangan tersebut dapat dilihat pada penjalasa sebagai berikut:

Dari sekian banyak peninggalan yang ada, terdapat peninggalanyangpaling utama yaitu al-Quran dan hadis Nabi SAW.

Al-Quran Sebagai Bukti Peninggalan Yang Paling Utama

Bukti perkembangan Islam di dunia yang paling mendasar dan paling utama adalah kitab al-Quran dan hadis yang berasal dari Rasulullah SAW.. Dua peninggalan tersebut, merupakan  bukti bahwa Islam secara berangsur – angsur, diturunkan sebagai rahmatan seluruh alam, undang – undang, dan petunjuk menuju kehidupan selamat dunia dan akhirat.

Al-Quran merupakan mukjizat terbesar Rasulullah SAW.  yang juga sekaligus sebagai penguat akan kerasulannya. Sebab apapun yang terkandung di dalam al-Quran merupakan firman Allah yang tak terbantahkan.

Al-Qur’an, bahkan hingga hari kiamat nanti kemurniannya al-Quran akan tetap terjaga, Allah  SWT. sendirilah yang akan menjaganya dengan cara-Nya

Pembukuan Al-Qur’an

Penulisan dan pembukuan al-Qur’an merupakan hasil ijtihad dari para sahabat sepeninggal Nabi.  Pada zaman Nabi al-Qur’an tidak pernah ditulis dalam satu buku secara utuh. Karena pada masa itu para sahabat Nabil ah yang menghafalkannya secara langsung.

Namun dalam perjalanannya karena para penghafal al-Quran banyak yang gugur dalam peperangan, akhirnya pada masa khulafaur rasyidin diputuskan untuk membukukan al-Quran dengan tujuan agar tidak hilang dan dapat dibaca oleh generasi berikutnya.

Perkembangan Bidang Teknologi

Terdapat beberapa pendapat dari para ahli sejarah mengatakan bahwa keberhasilan daulah Islam dalam mengembangkan teknologi  dikarenakan oleh dua hal, yaitu:

  1. Adanya pandangan yang mengatakan bahwa ilmu merupakan ‘saudara kembar’ iman, alasannya yaitu karena menuntut ilmu merupakan bagian dari ibadah untuk mengenal Allah. Mereka ingin menjadi bagian dari pewaris para nabi dengan menjadi ahli ilmu.
  2. Adanya dukungan dari negara untuk mengembangkan dan memajukan bidang  keilmuan. meskipun keadaan politik dan pemerintahan yang berkuasa berubah – ubah. Namun mereka tetap mendukung perkembangan ilmu pengetahuan, dengan memberikan fasilitas pendidikan untuk masyarakat secara keseluruhan.

Melalui pemahaman tersebut dapat disimpulkan bahwa Islam merupakan agama yang memberikan kebebasan dalam berpendapat, mengolah dan memgembangkan potensi diri manusia secara utuh.

Perkembangan teknologi dapat kita baca pada peninggalan peradaban islam di bab selanjutnya.

Bukti Perkembangan Islam Di Dunia Secara Ringkas

Perkembangan Islam tidak berhenti meskipun Rasulullah telah menyelesaikan misi kerasulannya, tonggak kepemimpinan selanjutnya diteruskan oleh  –sahabat terpercayaan Rasulullah Saw yaitu khulafaur rasyidin.

Mereka yaitu Abu Bakar Al Shiddiqi, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Keempat penerus perjuangan Nabi ini kemudian dinamakan sebagai Al-Khulafa Ar-Rasyidin. Setelah masa pemerintahan Al-Khulafa Ar-Rasyidin berakhir kemudian digantikan dengan masa daulah Bani Umayyah dan  daulah bani Abbasiyah.

Masa Kerajaan Dinasti

Setelah kerajaan Islam Bani Umayyah dan Abbasiyah runtuh kemudian dilanjutkan oeh berbagai dinasti Islam di berbagai penjuru dunia. Ada beberapa yang masih memiliki hubungan dengan Bani Umayyah dan Abbasiyah dan ada pula yang tidak memiliki hubungan dengannya.

Contoh daulah Islam yang berada di beberapa daerah pada saat itu adalah Kerajaan Ottoman atau Turki Utsmani terletak di Turki, Dinasti Mughal berada di India, Dinasti Ilkhan, Dinasti Mamalik bertempat di Mesir, dan Kerajaan Safawi terletak di Persia.

Bukti perkembangan Islam ini dapat dilihat dari beberapa bukti di bawah ini:

  • Setiap dinasti atau daulah Islam memiliki jejak historisnya sendiri-sendiri, baik yang berupa materi, ilmu pengetahuan, budaya atau peninggalan-peninggalan lainnya.

Peninggalan-peninggalan peradaban pada masa itu yang berupa materi, masih ada yang dapat disaksikan hingga sekarang, misalnya peninggalan Le Mezquita Cordoba oleh daulah islam di Andalusia (Spanyol), Istana Topkapi oleh Turki Utsmani (Turki), Saint Basils Cathedral dan Kota Kazan di Rusia.

  • Peninggalan berupa ilmu pengetahuan dan budaya, hingga saat ini masih sangat banyak bentuknya.

Peninggalan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan rupanya masih terus digunakan hingga saat ini. Banyak karya-karya ilmuwan pada masa itu yang digunakan hingga saat ini. Bukan hanya buku-buku saja yang masih digunakan tetapi juga sistem pendidikan dan beberapa bangunan sekolahan yang masih eksis hingga saat ini.

Beberapa karya ilmuwan muslim seperti pad abiding kedokteran bahkan digunakan sebagai buku referensi dan buku rujukan pokok bagi pelajar di Eropa. Ilmuwan-ilmuwan yang Berjaya pada masa itu diantaranya ialah:  Al – Khawarizmi, Ibnu Rusyd, Abu Yusuf, Ibnu Sina, dan masih banyak lagi.

Bukti Perkembangan Islam Di Dunia Sampai Saat Ini

Bukti perkembangan Islam di dunia sampai hari ini tentunya begitu banyak yang dapat kita lihat, rasakan dan manfaatnya pun masih kita rasakan hingga hair ini. Meskipun bukan peninggalan berupa harta materi akan tetapi banyak sekali peninggalan-peninggalan yang masih bisa kita manfaatkan hingga hari ini.

Peninggalan Bidang Pendidikan

Salah satu bukti perkembangan Islam di dunia internasional yang masih ada sampai saat ini ialah berdirinya Universitas Paris pada tahun 1231 Masehi. Universitas Paris merupakan salah satu bukti peran penting daulah Islam di wilayah Eropa. Karena sebelumnya, pemuda – pemuda Eropa belajar di universitas islam yaitu di bawah daulah islam Andalusia.

Peninggalan Bidang Pembangunan Sosial

Selain bidang pendidikan ada juga peninggalan perkembangan Islam yang berupa pembanguann ruang public yaitu Taman Alcazar yang terletak tidak jauh dari Le Mezquita Cordoba. Adanya  taman tersebut menjadi salah satu bukti bahwa Islam mewarisi teknologi irigasi yang baik, mengingat tanah gersang yang mengelilingi Andalusia dapat dibangunkan sebuah taman.

Kincir – kincir angin yang dibangun berabad – abad lalu masih banyak ditemukan di negeri di Timur Tengah. Selain itu di Iran, terdapat saluran air bawah tanah yang masih berfungsi hingga saat ini.

Peninggalan Bidang Kebudayaan Dan Bahasa

Dinasti Mughal mengakui bahwa Persia (saat ini menjadi Iran), merupakan negara yang pada saat itu sangat ahli dalam hal tata bahasa, arsitektur, dan taman. Taman yang ada pada kompleks Taj Mahal dan pemakaman Humayun, merupakan salah satu dari beberapa taman peninggalan Dinasti Mughal yang diadopsi dari Persia.

Pembahasan mengenai perkembangan Islam di dunia  juga tidak dapat dipisahkan dari negara kita sendiri yaitu Indonesia. Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang-pedagang Islam India yang masuk ke Indonesia, oleh para walisongo dan para pelajar muslim hingga saat ini.

Dengan masuknya Islam di Indonesia kemudian banyak pesantren yang didirikan, budaya lokal juga dapat berpadu dengan nilai – nilai Islam sehingga menjadikan Islam mudah diterima oleh penduduk lokal. Contoh budaya lokal yang berpadu dengan nilai Islam adalah adanya upacara-upacara seperti ngupati, mitoni pada orang hamil dan lain sebagainya.

Selain itu masihbanyak lagi contohnya seperti masyarakat Kudus yang tidak menggunakan sapi sebagai binatang sembelihan karena menghormati larangan sunan Kudus. Hal ini bahkan masih berlangsung hingga saat ini.

Demikian penjabaran yang dapat kami sajikan berkaitan dengan tema perkembangan peradaban Islam di dunia. semoga bermanfaat dan membawa keberkahan bagi kita semuanya. Amiin ya rabbal alamin. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Tinggalkan komentar