Arti Khusnul Khotimah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Manusia selalu memiliki harapan agar meninggal dunia dalam keadaan khusnul khotimah. Sebab dalam keadaan inilah orang dapat merasakan kebahagiaan di akhirat kelak. Akan tetapi mengenai akhir hayat seseorang tidak ada orang yang dapat mengetahui bahwa seseorang tersebut akan meninggal dalam keadaan seperti apa.

Setiap manusia pasti menginginkan agar hidup dalam keadaan baik dan meninggalkan dunia juga dalam keadaan baik, akan tetapi dalam usahanya tersebut manusia tentu dihadapkan dengan berbagai macam rintangan dan cobaan, sehingga kadang kala manusia lupa akan tujuan akhirnya.

Baca Juga : Tentang Ziarah Kubur

Di dalam agama islam, setiap selesai mengerjakan shalat biasanya orang akan berdoa dengan khusyuk, mulai dari doa meminta rizki, keselamatan dunia dan akhirat, doa agar diberi keturunan yang shaleh dan shalehah hingga di tutup dengan doa agar diberi kebaikan didunia an akhirat serta dijaga dari siksa neraka.

Hal ini merupakan ungkapan secara gambling bahwa setiap manusia selalu menginginkan keadaan yang baik lagi membahagiakan. Artinya apa? Bahwa manusia selalu menginginkan sesuatu yang baik di antara dua tempat yaitu di dunia dan di akhirat.

Akan tetapi manusia seringkali lalai dengan hal-hal yang dapat mengakibatkan tidak tercapainya akhir yang khusnul khotimah. Sebenarnya khusnul khatimah sendiri apa sih? Mari simak penjelasan di bawah ini;

Pengertian Khusnul Khotimah

Khusnul khatimah artinya ialah mengakhiri dengan keadaan baik. Secara umum khusnul khatimah tidak hanya dimaksudkan untuk urusan kematian saja. Akan tetapi segala sesuatu yang sedang dikerjakan dapat juga dikatakan dengan khusnul khatimah atau tidak dengan melihat akhir dari apa yang dikerjakan.

Misalnya seorang anak yang sedang sekolah di suatu sekolahan, karena ia sering membolos dan suka membuat masalah dengan sekolahan sehingga anak tersebut harus dikeluarkan dari sekolahan tersebut. Nah dikeluarkannya anak dari sekolah tanpa hormat tersebut dapat dikatakan sebagai akhir yang tidak khusnul khatimah.

Kebalikan dali khusnul khatimah ialah su’ul khatimah, su’ul khatimah ialah skhir yang buruk atau akhir yang tidak baik. Maksudnya suatu pekerjaan berakhir dengan adanya masalah atau tidak tercapainya sesuatu dengan keadaan yang biak.

Baca Juga : Tentang Yaumul Ba’ats

Berkaitan dengan kematian, salah satu bukti orang yang meninggal dengan keadaan khusnul khatimah ialah orang yang meninggal dengan membawa iman dan Islam. Selama hidupnya ia beriman dan taat kepada Allah SWT. hingga menjelang ajalnya ia tetap sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT.

Akan tetapi meskipun selama hidupnya seseorang begitu taat dan beriman kepada Allah, akan tetapi ketika meninggal ia dalam keadaan tidak membawa iman kepada Allah SWT. maka dapat dikatakan orang tersebut tidak khusnulkhatimah melainkan mati dalam keadaan su’ul khatimah. Na’udzubillahi mindzalik. Semoga kita dijaga dari akhir yang tidak baik. Amin.

Doa Khusnul Khotimah

Diantara beberapa cara agar dapat meraih khusnul khotimah ialah membiasakan dengan membaca doa-doa di bawah ini. Doa ini dapat dibaca setelah shalat atau dalam setiap doa-doa kita.   

Artinya : “Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya.”

Selain doa diatas terdapat juga doa khusnul khatimah lainnya yang dapat dibaca oleh para pembaca sekalian, berikut ini doanya;

Artinya : “Ya Allah, sayangilah umat baginda kami Nabi Muhammad. Ya Allah tamballah (kekurangan) umat baginda kami Nabi Muhammad. Ya Allah perbaikilah umat baginda kami Nabi Muhammad. Ya Allah sehatkanlah umat baginda kami Nabi Muhammad. Ya Allah, peliharalah umat baginda kami Nabi Muhammad. Ya Allah, sayangilah umat baginda kami Nabi Muhammad dengan rahmat yang menyeluruh. Wahai tuhan semesta alam. Ya Allah, berilah pengampunan yang menyeluruh, wahai tuhan semesta alam. Ya Allah, lapangkanlah umat baginda kami Nabi Muhammad dengan kelapangan yang segera, wahai Tuhan semesta alam.”

Atau dapat juga melanggengkan membaca doa khusnul khatimah di bawah ini. Semoga kita semua dapat istiqamah membaca doa khusnul khatimah tersebut. Amiin ya rabbal alamin.

Artinya : “wahai Tuhan segala sesuatu, dengan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu,ampunilah segala dosaku. Janganlah Engkau menanyakan kepadaku tentang segala sesuatu. Janganlah Engkau menghisabku mengenai segala sesuatu dan berilah aku segala sesuatu.”

Itulah beberapa doa agar kita senantiasa diberikankhusnul khatimah dalam hisup kita. Semoga segala sesuatu yang menjadi hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT. Amin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Satu pemikiran pada “Arti Khusnul Khotimah”

  1. https://islamudina.com/arti-khusnul-khotimah/

    Kabar wafatnya K.H. Hazim Muzadi, tokoh PBNU yang membuat banyak orang mendoakan secara lisan dan tulisan.

    Banyak yang mendoakan dengan menulis semoga chusnul khatimah, ada juga yang husnul khatimah, dan khusnul khatimah, lalu manakah tulisan yang paling benar?

    Dikutip dari assajidin.com dari Ust. Syafiq Basalamah dalam sebuah kajian, bahwa tulisan yang benar adalah husnul khatimah, huruf “H”nya pakai huruf “h”dibaca tipis, bukan pakai “H” dibaca tebal.

    Husnul berasal dari kata hasan yang memiliki arti baik. Husnul artinya baik, maka arti dari kalimat husnul khatimah adalah “mati dalam keadan baik”.

    Lalu bagaimana jika ditulis dengan tulisan khusnul khatimah yang dibaca menggunakan huruf “kha”. Maka arti dari khusnul adalah “terhina atau terendah”.

    Maka arti dari kalimat khusnul khatimah meninggal dalam keadaan mati hina dan direndahkan, sehingga jauh sekali dari maknanya jika kita sampai salah mengucap atau menulis.

    Balas

Tinggalkan komentar