Alam Mahsyar Adalah

Alam kubur atau alam Barzah Alam kubur (alam Barzah) adalah ala dimana kita akan beristirahat setelah kita meninggal dunia. Alam Kubur adalah merupakan pintu gerbang untuk memasuki alam akhirat. ia juga merupakan alam penantian sebelum ditentukan keputusan Allah pada hari Kiamat. Dalam alam kubur, seseorang akan mengetahui apakah dirinya termasuk orang yang bahagia ataukah celaka.

Baca Juga : Ziarah Kubur

Jika ia termasuk orang yang bahagia, maka di kuburnya itu, ia akan merasakan kelapangan dan kenikmatan, akan tetapi sebaliknya jika ia termasuk orang yang celaka, maka di dalam kubur ia akan mendapatkan siksa. Dengan demikian alam kubur itu bisa menjadi laksana taman surga, namun ia juga bisa menjadi ruang tahanan para penghuni neraka. Semua tergantung kepada ibadah dan amal perbuatan masing-masing orang ketika hidup di dunia.

Baca Juga : Tanda Tanda kiamat Kubro

Alam mahsyar adalah alam di mana seluruh makhluk dikumpulkan dan dihimpun. Seluruh makhluk mulai dari yang pertama dan terakhir akan dihimpun di sana. Manusia, jin, binatang, malaikat, setan dan makhluk-makhluk lainnya akan dihadirkan dan dikumpulkan di sana. Semua makhluk akan datang menghadap- Nya baik, dengan suka rela atau pun terpaksa. Perhatikan firman Allah SWT dalam surat al-An’am 128: