Pengertian Tayamum

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salah satu dari sekian banyak cara bersesuci ialah dengan bertayamum. Tayamum dilakukan manakala tidak ditemukannya air yang cukup untuk digunakan bersesuci. Bisa jadi di tempat tersebut masih tersedia air akan tetapi air tersebut hanya cukup untuk digunakan keperluan makan dan minum.

Maka bila kondisinya demikian, air tersebut tidak digunakan untuk berwudhu atau mandi, melainkan harus diprioritaskan untuk keperluan makan dan minum. Sebab bila tidak makan dan minum kemungkinan orang tersebut akan kesulitan untuk melanjutkan aktifitas sehari-harinya.

Penjelasan Tayamum

Tayamum secara bahasa artinya ialah menyengaja. Adapun tayamum menurut syara’ artinya ialah mendatangkan debu suci lagi mensucikan pada wajah dan kedua tangan sebagai pengganti dari wudhu, mandi atau membasuh anggota dengan syarat-syarat tertentu.

Baca Juga :

Jadi tayamum pada dasarnya ialah bersesuci dengan menggunakan debu suci sebagai ganti dari pada wudhu atau mandi (besar). Akan tetapi dalam prakteknya meskipun tayamum merupakan ganti dari pada wudhu atau mandi tetapi dalam melakukan tayamum tidak sama dengan cara berwudhu atau mendi.

Syarat Syarat Tayamum

Syarat-syarat untuk melakukan tayamum terdapat lima perkara yaitu ;

  1. Adanya udzur yang disebabkan karena bepergian atau sakit
  2. Sudah masuk waktu sholat. maksudnya ialah tidak di sah apabila melakukan tayamum untuk sholat yang dilakukan sebelum masuk waktunya sholat.
  3. Mencari air setelah masuk waktunya sholat. baik orang itu sendiri yang mencari air atau mengutus orang lain untuk mencari air. Maka ia harus mencari air di tempatnya dan di tempat teman-temannya. Namun bila mencari air sendiri maka cukup dengan melihat ke arah kiri dan kanannya dari keempat arah bila ia berada ditempat yang rata.

Namun bila berada pada tempat yang naik turun, maka harus berkeliling ke tempat yang terjangkau oleh pandangan matanya.

  1. Sulit menggunakan air. Maksudnya ialah bila orang tersebut menggunakan air dikhawatirkan akan kehilangan nyawa atau kehilangan fungsi badannya seperti orang yang terkena luka bakar.

Termasuk bagian dari pada udzur adalah misalnya di suatu tempat terdapat air yang cukup untuk bersesuci akan tetapi di tempat tersebut terdapat binatang buas dan jika mengambil air tersebut khawatir akan membahayakan dirinya.

  1. Debu yang digunakan untuk tayamum harus suci. maksudnya ialah debu yang suci dan dapat mensucikan. Debu tersebut tidak basah.

Niat Tayamum

Sama seperti melakukan wudhu atau mandi besar yaitu harus didahului dengan membaca niat. Melakukan tayamum pun juga demikian harus diawali dengan membaca niat. Berikut niat tayamum ;

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Niat Tayamum Latin

Nawaitut tayammuma listibaahatish sholaati fardhol lillahi ta’aala

Arti Niat Tayamum

“aku niat tayamum untuk membolehkan sholat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Tayamum

Tayamum meskipun pada dasarnya adalah bersesuci akan tetapi tata cara dalam melakukan tayamum tidak sama seperti melakukan wudhu. Melakukan tayamum yaitu, menggunakan debu yang suci dengan cara menempelkan telapak tangan ke debu.

Kemudian dengan lengan tangan kirinya dipukul-pukulkan pelan-pelan ke lengan tangan kanannya sehingga debu yang menempel pada telapak tangan tidak begitu tebal. Begitu juga setelahnya melakukan hal yang sama lengan tangan kanan memukul-mukul lengan tangan kiri.

Setelah itu kemudian mengusapkan telapak tangan ke wajah bersamaan dengan membaca niat. Dan membaca niatnya itu dilakukan selama mengusapkan tangan ke wajah.

Setelah mengusap wajah kemudian mengambil debu kembali dan mengusapkannya ke tangan. Dilakukan dari ujung jari terus diusapkanke belakang hingga siku dan diputar ke depan kembali hingga ke ujung jempol.

Jadi dalam melakukan tayamum tidak ada membasuh hidung atau membasuh sebagian rambut atau telinga. Tayamum hanya mengusap wajah dan tangan saja dengan menggunakan debu yang suci.

Demikianlah pembahasan yang kami sampaikan pada artikel kali ini. Bila terdapat kekeliruan dalam pembahasan atau tulisan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Satu pemikiran pada “Pengertian Tayamum”

Tinggalkan komentar