MAD FARQI

MAD FARQI

Salam sejahtera untuk kita semuanya, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah kepada kita semuanya,amin ya rabbal alamin. Pada kesempatan yang berbahagia ini insya Allah akan kami ulas mengenai bacaan Mad Farqi.

Apa itu bacaan mad farqi, yaitu salah satu hukum bacaan yang terkandung di dalam pembahasan ilmu tajwid. Setiap mempelajari tentang membaca al-qur’an, ilmu tajwid selalu menjadi gandengannya.

Mad farqi termasuk bagian dari salah satu mad far’i, yaitu bacaan mad selain mad thobi’i. mad far’i sendiri dibagi menjadi tiga belas macam. Salah satunya adalah mad far’i. mari teruskan membaca untuk memahami bacaan mad far’i.

PENJELASAN MAD FARQI

Berbeda dengan bacaan mad yang lainnya, Bacaan mad farqi di dalam al-qur’an jarang ditemukan, hanya terdapat empat tempat, yaitu dalam surat Al-An’am ayat 143 dan 144, surat Yunus ayat 59, dan surat An-Naml ayat 59.

Dinamakan mad farqi yaitu karena untuk membedakan antara istifham (استفهام) atau khobar (خبر), karena bila tidak dibaca panjang akan diduga sebagai khobar bukan istifham, maka hamzah pada kalimat tersebut dibaca panjang sebagai istifham (kata Tanya).

CARA MEMBACA MAD FARQI

Karena jumlahnya yang sangat jarang di dalam al-quran, maka suda barang tentu gampang-gampang susah untuk di ingat-ingat. Mengetahui dan bahkan hapal letak bacaan mad farqi tersebut, akan tetapi begitu menjumpai ketika membaca al-quran kadang lupa kalimat tersebut termasuk bacaan apa.

Nah ada yang lebih penting untuk diingat-ingat yaitu cara membaca bacaannya, Mad dibaca panjang, panjang bacaan yaitu sebanyak tiga alif atau enam harakat.

CONTOH BACAAN MAD FARQI

Baiklah para pembaca dan sahabat sekalian untuk memperjelas pembahasan yang sudah sedikit kami tulis di atas, di bawah ini kami sertakan contoh mengenai bacaan mad farqi. Mari perhatikan dengan seksama.

قُلْ ءَٓالذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ اَمِ الْأُنْثَيَيْنِ اَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ اَرْحَامُ الْأُنْثَيَيْنِ,

Perhatikan bacaan pada lafadz ءَٓالذَّكَرَيْنِ hamzahnya, yaitu hamzah istifham atau hamzah yang dimaksudkan sebagai kata tanya.  Cara membacanya yaitu dibaca panjang sebanyak tiga alif atau enam harakat.

Ayat tersebut dalah potongan dari qur’an surat Al-An’am ayat 143. Dan pada ayat 144 juga terdapat bacaan yag sama.

قُلْ آٰللهُ اَذِنَ لَكُمْ اَمْ عَلَى اللهِ تَفْتَرُوْنَ

Perhatikan bacaan pada lafadz آٰللهُ hamzahnya , yaitu hamzah istifham atau hamzah yang dimaksudkan sebagai kata tanya.  Cara membacanya yaitu dibaca panjang sebanyak tiga alif atau enam harakat.

ءٰٓاللهُ خَيْرٌ اَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Perhatikan bacaan pada lafad ءٰٓاللهُ hamzahnya, yaitu hamzah istifham atau hamzah yang dimaksudkan sebagai kata tanya.  Cara membacanya yaitu dibaca panjang sebanyak tiga alif atau enam harakat.

Baca Juga : Mad Layyin

Demikian keterangan dari yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menambah ilmu serta pemahaman tentang ilmu tajwid kepada para pembaca sekalian. Amiin.

 Karena jumlahnya yang sangat sedikit di dalam al-qur’an maka tentunya lebih mudah untuk diingat karena bisa dengan mudah untuk dihafalkan letaknya. Oleh karena itu tetap semnagat dalam belajar mengaji.

Semoga bacaan al-qur’an yang kita baca dengan istiqomah dapat mengantarkan kita ke haribaan Allah SWT, amiin. Dapat serta memberi pertolongan kepada kita di hari akhir kelak. Menjadi penerang serta dapat menjadi penuntun di kegelapan. Amiin ya rabbal ‘alamin.

Baca Juga : mad thobii

Atas kekurangan dan segala keterbatasan kami, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca yang budiman. Wabillahi taufik wal hidayah wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Satu pemikiran pada “MAD FARQI”

Tinggalkan komentar