Contoh mad tamkin

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mempelajari ilmu tajwid merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim. Mengingat ilmu tajwid merupakan kunci untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Dari mulai makhorijul huruf, sifat-sifat huruf sampai dengan macamnya bacaan.

Macam-macam bacaan yang terkandung didalam pembahasan ilmu tajwid amatlah banyak, nun mati dan tanwin, bacaan mad, mim mati, hukum bacaan ra’ dan lain seagainya.

Bacaan mad sendiri sebenarnya juga banyak macamnya. Salah satu bacaan yang akan kita bahas adalah bacaan mad tamkin. Mad tamkin merupaka salah satu bacaanmad yang termasuk dalam bagian dari mad far’i.

Ada ciriutama yang menjadi ciri dari bacaan mad tamkin. Dan pada pembahasan kali ini akan kami ulas dengan ringkas mengenai bab bacaan mad tamkin. Apa yang dimaksud dengan bacaan mad tamkin? Mari simak dan pahami bersama-sama.

PENGERTIAN MAD TAMKIN

Apa yang dimaksudkan dengan bacaan mad tamkin? Bacaan mad tamkin yaitu apabila terdapat dua huruf ya’ (ي) yang satu dibaca sukun atau mati dan yang satunya (sebelumnya) dibaca kasroh serta bertasydid, maka disebut bacaan mad tamkin.

Adapun alasan kenapa dinamakan dengan mad tamkin adalah karena adanya tasydid yang menempat di dalam mad, oleh karena itu makan dinamakan mad tamkin. Lalu bagaimana cara membaca bacaa mad tamkin?

Jangan berhenti membaca lanjut ke pembahasan selanjutnya!

CARA MEMBACA BACAAN MAD TAMKIN

Cara membaca bacaan mad tamkin hampir sama seperti bacaan mad yang lain yaitu satu alif atau dua harakat. Yang menjadi ciri utama dari bacaan mad tamkin adalah bertemunya dua huruf ya’. Huruf ya’ yang pertama bertasydid dan bertemu dengan ya’ yang di baca sukun.

Jadi kesimpulannya, cara membaca bacaan mad tamkin sama dengan cara membaca mad thobi’i yaitu satu alif atau dua harakat. Yang membedakan hanyalah huruf ya’ saja. 

CONTOH BACAAN MAD TAMKIN

Setelah memahami dengan seksama keterangan keterangan di atas, maka tiba saatnya untuk memperhatikan contoh-contoh bacaanmad tamkin pada kalimat-kalimat di bawah ini. Baca dan pahami dengan seksama!

النَبِيِّيْنَ : kalimat disamping merupakan contoh dari pada bacaan mad tamkin. Perhatikan pada garis bawah yang berwarna hijau. Kelimat tersebut wajib dibaca panjang sebanyak satualif atau dua harakat.

اِذَا حُيَّيْتُمْ : kalimat disamping merupakan contoh dari pada bacaan mad tamkin. Perhatikan pada garis bawah yang berwarna hijau. Kalimat tersebut wajib dibaca panjang sebanyak satu alif atau dua harakat.

وَلَكِنْ كُوْنُوْا رَبَّانِيِّيْنَ : kalimat disamping merupakan contoh dari pada bacaan mad tamkin. Perhatikan pada garis bawah yang berwarna hijau. Kelimat tersebut wajib dibaca panjang sebanyak satualif atau dua harakat.

وَالْاُمِّيِّيْنَ : kalimat disamping merupakan contoh dari pada bacaan mad tamkin. Perhatikan pada garis bawah yang berwarna hijau. Kelimat tersebut wajib dibaca panjang sebanyak satualif atau dua harakat.

عِلِّيِّيْنَ : kalimat disamping merupakan contoh dari pada bacaan mad tamkin. Perhatikan pada garis bawah yang berwarna hijau. Kelimat tersebut wajib dibaca panjang sebanyak satualif atau dua harakat.

Dari keterangan di atas dapat kita pahami bersama bahwa yang membedakan mad tamkin dengan bacaan mad yang lain yaitu karena mad tamkin merupakan bertemunya dua huruf ya’. Huruf pertama bertasydid dan bertemu huruf ya’ yang dibaca sukun.

Baca Juga : Mad Thobi’i

Demikian pembahsan yang kami sampaikan mengenai pembahasan bacaan mad tamkin. Semoga kita diberi keistiqomahan, kesemangatan dan kemudahan dalam mempelajari ilmu-ilmu agama. Amin ya rabbal ‘alamin.

Akhir kata, allohumma barik lana ‘ala umrina fiddunya wal akhiroh

wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar