mad layyin

MAD LIN ATAU MAD LAYYIN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Masih dengan tema pembahasan ilmu tajwid. Pada kesempatan yang berbahagia ini akan kami ulas tentang pembahasan bacaan Mad lin atau layyin. Yaitu salah satu bacaan yang merupakan cabang dari bab bacaan mad.

bacaan Bacaan mad merupakan bacaan yang pasti banyak dijumpai manakala sedang membaca al-qur’an. Bacaan mad sendiri terbagi menjadi tiga belas macam. Salah satu bacaan mad yang sering dijumpai adalah bacaan Mad Mad lin atau layyin.

Untuk lebih lanjut membahas tentang bab bacaan Mad Lin, simak pembahasan Mad lin atau layyin berikut ini. Dari mulai pengertian bacaan Mad Layyin, contoh bacaan Mad Lin dan berapa panjang bacaan yang harus dibaca ketika menjumpai bacaan Mad Lin.

PENGERTIAN MAD LAYYIN

Apa yang dimaksud dengan bacaan Mad Lin? Bacaan Mad lin atau layyin yaitu apabila terdapat huruf mad (وْ / يْ) yang dibaca sukun dan terletak setelah harakat fathah dalam satu kalimat, maka disebut bacaan mad lin.

Atau dengan kata lain bacaan Mad lin atau layyin yaitu apabila terdapat huruf berharakat fathah bertemu dengan wawu atau ya’ sukun (وْ / يْ) dalam satu kata, maka bacaan tersebut dinamakan bacaan Mad Lin.

CARA MEMBACA BACAAN MAD LAYYIN

Cara membaca bacaan Mad lin atau layyin sebenarnya tidak ada yang berbeda seperti membaca al-qur’an pada umumnya, hanya saja ada yang perlu diperhatikan saat membaca mad lin yaitu panjang bacaannya. Panjang bacaan mad lin yaitu satu alif atau dua harakat.

Yang sedikit membedakan antara bacaan mad lin dengan bacaan mad yang lain yaitu karena bacaan mad pada umumnya biasanya huruf wawu sukun jatuh setelah harakat dhomah atau ya’ sukun jatuh setelah harakat kasroh.

Sedangkan bacaan mad lin terjadi apabila terdapat wawu atau ya’ sukun yang jatuh setelah harakat fatah. Adapun panjang bacaannya sama dengan bacaan mad thobi’i yaitu satu alif atau dua harakat.  

CONTOH BACAAN MAD LAYYIN

Untuk memperjelas pembahasan bacaan mad len berikut kami sertakan beberapa contoh yang berkaitan dengan bacaan mad lin. Salah satu contoh bacaan mad lin yang mudah ditemukan terdapat dalam surat Al-Quraisy. Perhatikan contoh-contoh berikut.

لِاِ يْلٰفِ قُرَيْشٍ : perhatikan kata yang bergaris bawah pada potongan ayat disamping! Lafadz قُرَيْشٍ adalah contoh bacaan Mad Lin. Maka cara membacanya cukup dibaca panjang sebanyak dua harakat.

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَآءِ وَالصَّيْفِ : perhatikan kata yang bergaris bawah pada potongan ayat disamping! Lafadz الصَّيْف adalah contoh bacaan Mad Lin. Maka cara membacanya cukup dibaca panjang sebanyak dua harakat.

Baca Juga : mad Thobi”i

رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِ : perhatikan kata yang bergaris bawah pada potongan ayat disamping! Lafadz الْبَيْتِ adalah contoh bacaan Mad Lin. Maka cara membacanya cukup dibaca panjang sebanyak dua harakat.

وَاٰمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ : perhatikan kata yang bergaris bawah pada potongan ayat disamping! Lafadz خَوْفٍ adalah contoh bacaan Min. Maka cara membacanya cukup dibaca panjang sebanyak dua harakat.

Demikian yang dapat kami sampaikan melalui pembahasan bacaan mad lin. Apabila para pembaca sekalian mendapatkan kesalahan baik dalam kalimat atau kurangnya huruf dalam contoh yang kami tulis, silahkan kirim masukan melalui kolom komentar dibawah.

Akan tetapi pembahasan yang kami saikan insya Alloh sudah cukup memberi pemahaman, dan apabila terdapat kesulitan dalammemahami pembahasan yang kami sajikan, alangkah lebih baik bila ditanyakan kepada asatidz disekitar pembaca.

Terima kasih kami sampaikan yang sedalam-dalamnya wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.