Ikhfa Haqiqi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ilmu tajwid merupakan ilmu yang wajib dipelajari oleh siapa saja yang hendak belajar membaca al-quran, sebab ilmu tajwid merupakan kunci utama untuk dapat membaca al-qur’an dengan baik dan benar. pada kesempatan ini admin akan membahas tentang bacaan ikhfa haqiqi

Salah satu pembahasan yang tidak boleh kita tinggalkan adalah bab bacaan ikhfa. Apa yang dinamakan dengan bacaan ikhfa?

Pengertian ikhfa

Ikhfa secara bahasa artinya menutup, sedangkan ikhfa secara istilah yaitu ibarat dari mengucapkan huruf mati tanpa bertasydid dengan menetapi sifat antara izhar dan idghom serta masih tetap mendengungkan huruf pertama yaitu nun mati (نْ) atau tanwin ( ً ٍ ٌ).

Singkatnya, membaca bacaan ikhfa yaitu dibaca dengan cara mendengungkan bacaan pada saat menjumpai bacaan ikhfa. Bacaan ikhfa terjadi apabila ada nun mati (نْ) atau tanwin ( ً ٍ ٌ) bertemu dengan salah satu huruf-huruf ikhfa.

Huruf Ikhfa (Huruf Ikhfa Haqiqi)

Huruf ikhfa seluruhnya ada 15 huruf. Dari kelima belas huruf tersebut terangkai dalam sebuah bait nadzom sebagai berikut;

صِفْ ذَاثَنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا  ۞   دُمْ طَيِّبًا زِدْفِى تُقًى ضَعْ ظَالِمًا

( ص – ذ – ث – ك – ج – ش – ق – س – د – ط – ز – ف – ت – ض – ظ )

Itulah huruf-huruf ikhfa yang semuanya terdapat 15 huruf. Apabila terdapat nun mati (نْ) atau tanwin ( ً ٍ ٌ) yang bertemu dengan huruf-huruf tersebut maka hukumnya menjadi bacaan ikhfa dan wajib dibaca samar.

Contoh Ikhfa Haqiqi

Untuk lebih jelasnya kita simak dengan seksama contoh ikhfa haqiqi pada potongan-potongan kalimat di bawah ini;

أَنْ صَدُّوْكُمْ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf shod.

سِرَا عًا ذَالِكَ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya tanwin dengan dzal.

مَنْثُوْرًا : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf tsa.

فِيْ يَوْمٍ كَانَ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya tanwin dengan kaf.

أَنْجَيْنَاهُ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf jim.

بَأْسٌ شَدِيٌد : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya tanwin dengan syin.

فَأَ نْقَذَكُمْ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf qof.

قَوْلًا سَدِيْدًا : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya tanwin dengan sin.

Baca Juga : idgham bighunnah

قِنْوَانٌ دَانِيَهٌ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya tanwin dengan dal.

فَإِ نْطِبْنَ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf tho’.

مُنْزَلًا : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf za.

وَاِنْ فَاتَكُمْ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf fa.

جَنَّاتٍ تَجْرِي : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya tanwin dengan ta.

Baca Juga : Ikhfa Safawi

مَنْضُوْدٌ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf dhod.

يَنْظُرُوْنَ : kalimat tersebut adalah contoh bacaan ikhfa, maka wajib dibaca dengung, yaitu bertemunya nun mati dengan huruf dzo.

Di dalamal-qur’an masih sangat banyak contoh-contoh bacaan ikhfa yang dapat dengan mudah ita temukan. Demikian uraian mengenai bab bacaan ikhfa yang dapat kami sampaikan.

Melalui bacaan al-qur’anyang setiap hari kita baca, semoga kita termasuk dari golongan orang yang mendaptkan syfaatnya al-qur’an pada hari qiyamat kelak. Amin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh