Idgham Bighunnah

Pengertian idgham bighunnah

Untuk pengertian idgham sendiri artinya memasukan atau mentasydidkan sedangkan untuk pengertian Bighunnah sendiri artinya dengan mendengung. jadi cara membacanya  harus di masukan atau di tasydidkan  ke dalam salah satu huruf  empat itu: (  ي ن م و ) dengan suara mendengung, Sebagai misal huruf ( ن ) bertemu dengan ( ي):

Huruf Idgham Bighunnah

Contoh Idgham Bighunnah

Huruf Nun Bertemu Ya 

( لَنْ يَقُوْ لَ ) ini terjadi dua kata, yaitu (لَنْ) dan (يَقُوْ لَ)  membacanya harus LAIYAQUULA, tidak boleh di baca LANYAQUULA, sebab nun  sukun sudah di masukan menjadi satu dengan huruf YAA’ sesudahnya. Misal yang tanwin (ً) bertemu dengan huruf ( ي)  ( كِتَ بًا يَلْقَا هُ) inipun terdiri dari dua kata, yaitu (كِتَ بًا) dan  (يَلْقَا ه) membacanya harus  KITAABALYALQOOHU, tidak boleh dibaca  KITAABAN  YALQOOHU. Untuk lebih jelasnya disini admin akan berikan  contoh contoh lebih banyak lagi.

Huruf Da Tanwin Bertemu Ya

يَوْ َمدٍ يَصْدُ رُ   Yaumaidiy yas duru  huktrdsaum bacaan idgham bighunnah karena ada tanwin  bertemu dengan huruf  ( Ya ) maka Teman teman bisa membacanya dengan cara  huruf DA Tanwin dimasukan atau di tasydidkan ke huruf YA ).

Huruf Khof Tanwin Bertemu Ya

بَرْ قٌ يَجْعَلُوْ نَ    barqun yaj ngaluuna  hukum bacaan idgham bighunnah karena ada   tanwin  bertemu dengan huruf  (ya ) maka teman teman bisa membacanya dengan cara huruf KHOF Tanwin dimasukan atau di tasydidkan ke huruf YA .

Huruf Mim tanwin Bertemu Nun 

عِظَا مًا نَخِرَ هً    nghizhaa’ mannakhirotan hukum bacaan idgham bighunnah, dengan alasan karena ada ( tanwin  ) bertemu dengan huruf  ( Nun ) maka teman teman bisa membacanya dengan cara ( huruf MIM Tanwin  di masukan atau di tasydidkan ke huruf NUN ).

Huruf Ta Tanwin Bertemu  Nun 

حِطَّةٌ نَخْفِرْ لَكُمْ   hittotunn naghfir lakum  maka di sebut hukum bacaan idgham bighunnah karena ada tanwin bertemu dengan  huruf ( nun ) maka teman teman bisa membacanya dengan cara huruf TA tanwin  dimasukan atau di tasydidkan ke huruf NUN .

Huruf Lam Tanwin Bertemu Mim

حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ  haj lumm min masadin disebut hukum bacaan Idgham bighunnah, dengan alasan Karena ada Tanwin bertemu dengan huruf  mim, maka teman teman bisa membacanya dengan cara ( huruf LAM Tanwin  di masukan atau di tasydidkan ke huruf MIM ).

Huruf Lam Tanwin Bertemu Mim 

عَسَلٍ مُصَفّ  ngasalimm mushoffa ini adalah hukum bacaan idgham bighunnah karena ada tanwin bertemu dengan huruf  mim, maka teman teman bisa membacanya dengan cara ( huruf LA Tanwin  dimasukan atau di tasydidkan ke huruf MIM ).

Baca Juga : Hukum Bacaan Iqlab

Huruf Ba Tanwin Bertemu Wawu 

اَبِى  لَهَبٍ وَتَبَّ   abii lahabiww watabba ini adalah contoh hukum bacaan idgham bighunnah, dengan alasan Karena ada tanwin bertemu dengan huruf wawu, maka teman teman bisa membacanya dengan cara ( huruf BA tanwin  di masukan atau di tasydidkan ke huruf WAWU ).

Huruf Dza Tanwin Bertemu Wawu

يَوْ مَذٍ وَ ا  هِيَةٌ    yaumaidiww waahiyatun.   ada (tanwin) bertemu dengan huruf  ( wawu ) maka teman teman bisa membacanya dengan cara huruf Da Tanwin  dimasukan atau di tasydidkan ke huruf WAWU.

Baca Juga :  Hukum Nun Mati dan Tanwin

Di atas adalah contoh contoh bacaan idgham bighunnah, Akan tetapi apabila nun sukun dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf yang empat tersebut di atas di dalam satu perkataan [ kalimat ] maka bukanlah bacaan idghom, artinya tidak dibaca idgham, dan tidak  di tasydidkan, dan bahkan harus di baca terang, jelas (idzhar), dan disebut idzhar wajib, seperti contoh :

دُ نْيَا  maka dibaca (DUN YA)

صِنْوَانٌ maka dibaca (SIN WAANUN)

بُنْيَان maka dibaca ( BUN YAA NUN )