Contoh Idzhar

Assalamu’alaikum. hai sahabat pencari ilmu, yang  haus akan ilmu. Pada minggu kemarin admin telah Upload artikel hukum bacaan ikhfa haqiqi, hukum bacaan idgham bighunnah. apakah teman teman sudah paham? Hehe……..  Kalau sudah paham silahkan teman teman bisa lanjut baca artikel di bawah ini yaitu Hukum Bacaan idzhar wajib, untuk penjelasan idzhar wajib ini sebenarnya hampir sama dengan hukum bacaan idgham bighunnah Cuma ada perbedaan sedikit penjelasan-penjelasan.

Pengertian idzhar wajib

Pengertian idzhar wajib adalah Bila ada NUN SUKUN atau TANWIN bertemu salah satu huruf empat tersebut  yaitu (ي ن م و) dalam suatu perkataan, maka hukum bacaannya tidak disebut Idgham Bighunnah dan tidak  disuarakan dengan mendengung, tetapi wajib di baca dengan terang dan jelas.

Baca Juga : Ikhfa Haqiqi

Bandingkan dengan contoh berikut, masing masing terdapat (نْ) bertemu dengan (و), yang satu terdiri dari dua kata yaitu (اِ نْ وَ هَبتٌ) dan (قِنْوَا نٌ) yang pertama  (اِ نْ وَ هَبَتْ) harus dibaca IUWWAHABAT tidak boleh di baca IN-WAHABAT,  sebab nun di idghamkan pada wawu.

Sedangkan (قِنْوَا نٌ) huruf dibaca QIN-WANUN  dengan terang/idzhar, tidak boleh dibaca QIUWANUN sebab nu wajib di idzharkan, karena (نْ) dan (و) keduanya terdapat dalam satu kata

Contoh Hukum Bacaan  Idzhar Wajib Nun Sukun Bertemu Dengan Huruf  Wawu

صِنْوَا نٌ     sin waa nun  terdapat hukum bacaan idzhar wajib cara membacanya harus terang jelas, karena ada huruf NUN sukun bertemu dengan huruf WAWU dalam satu perkataan (satu kalimat) .

Contoh Hukum Bacaan Idzhar Wajib Nun Sukun Bertemu Dengan Huruf  Wawu

قِنْوَا نٌ  qin waa nun  terdapat hukum bacaan idzhar wajib karena ada NUN sukun bertemu dengan huruf WAWU dalam satu kalimat, cara membacanya jelas  (terang)

Baca Juga : Macam Macam Idgham

Contoh Hukum Bacaan Idzhar Wajib Nun Sukun Bertemu Dengan Huruf  YA

بُنْيَا  bun  yaa  terdapat hukum bacaan idzhar, karena ada salah satu huruf NUN sukun bertemu dengan huruf YA  dalam satu kalimat (perkataan), yang artinya harus dibaca jelas (terang)

Contoh Hukum Bacaan Idzhar Wajib Nun Sukun Bertemu Dengan Huruf  YA

دُنْيَا  bun yaa  terdapat hukum bacaan idzhar wajib, karena terdapat salah satu huruf NUN sukun bertemu dengan huruf YA dalam satu perkataan , maka artinya harus dibaca jelas (terang).