Idgham Mutajanisain

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Membaca al-Qur’an tentunya harus diimbangi juga dengan ilmu tajwid yang mumpuni. Sebab dalam hal membaca Al-Qur’an seseorang harus pula dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar secara tajwid dan makharijul hurufnya.

Bagi pemula atau orang yang baru belajar membaca al-Qur’an tentunya tidak sesempurna para orang-orang yang memang benar-benar mendalami al-Qur’an bahkan hingga mendarah daging dalam tubuh mereka.

Sebagai seorang muslim tentunya jangan sampai tidak belajar ilmu tajwid, mengapa? Karena tujuannya adalah agar dapat membaca al-Qur’an dengan baik dan benar secara tajwidnya.

Memang untuk dapat membaca dengan sempurna membutuhkan petunjuk dari guru dan harus dengan waktu yang lama. Dengan media belajar paling tidak kita menunjukan adanya kemauan yang kuat untuk belajar ilmu tajwid.

Nah pada kesempatan kali ini nyamankubro akan mengupas mengenai bacaan Idgham Mutajanisain. Bagaimana cara membacanya, contohnya dan apa pengertiannya? Simak penjelasan di bawah ini;

Pengertian Idgham Mutajanisain

Bacaan Idgham Mutajanisain yaitu terjadi apabila terdapat sebuah huruf yang disukun bertemu dengan huruf yang sama dalam makhrajnya tetapi berbeda sifatnya.

Jadi bacaan Idgham Mutajanisain itu terjadi manakala terdapat dua huruf yang memiliki tempat makhraj yang sama akan tetapi sifat dari pada huruf tersebut berlainan. Huruf tersebut bertemu secara langsung.

Cara Membaca Bacaan Idgham Mutajanisain

Cara membaca bacaan Idgham Mutajanisain yaitu dengan cara memasukan huruf pertama pada huruf yang kedua, sehingga seakan-akan terdapat tasydid pada huruf yang ke dua.

Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan dibawah ini yang berkaitan dengan huruf-huruf Idgham Mutajanisain.

Huruf Idgham Mutajanisain

Sebagaimana penjelasan di atas bahwa Idgham Mutajanisain merupakan bacaan yang terjadi manakala bertemunya dua huruf yang memiliki makhraj sama tetapi sifatnya berbeda.

Sehingga huruf-huruf Idgham Mutajanisain tersebut selalu berpasangan. Berikut ini huruf-huruf Idgham Mutajanisain yang dimaksud;

Huruf Idgham Mutajanisain antara lain;

ط – ت

د – ط

ت – ط

ت – د

ذ – ظ

ل – ر

Contoh Bacaan Idgham Mutajanisain

Untuk memudahkan pemahaman materi di atas mari kita simak bersama-sama contoh bacaan Idgham Mutajanisain di bawah ini;

ط – تبَسَطْتَ
د – طعَبَدْتُمْ
ت – طوَقَالَتْ طَائِفَةٌ
ت – دأَثْقَلَتْ دَّعَوَا
ذ – ظإِذْظَلَمُوا
ل – رقُلْ رَبِّ

Itulah beberapa contoh bacaan Idgham Mutajanisain yang sering dijumpai dalam bacaan ayat-ayat al-Qur’an. cara membacanya ialah dengan memasukan huruf yang mati pada huruf setelahnya.

Contoh Bacaan Idgham Mutajanisain Dalam Al-Qur’an

Selain contoh diatas kami tuliskan juga beberapa contoh bacaan Idgham Mutajanisain dari surat-surat dalam al-Qur’an. simak contoh-contoh di bawah ini dengan seksama;

Huruf Ta’ sukun bertemu dengan huruf tho’

Surat Ali ‘Imran Ayat 69

وَدَّتْ طَائِفَةٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يُضِلُّونَكُمْ وَمَا يُضِلُّونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ

Huruf Ta’ sukun bertemu dengan huruf dal

Surat Al-A’raf Ayat 189

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا ۖ فَلَمَّا تَغَشَّاهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيفًا فَمَرَّتْ بِهِ ۖ فَلَمَّا أَثْقَلَتْ دَعَوَا اللَّهَ رَبَّهُمَا لَئِنْ آتَيْتَنَا صَالِحًا لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ

Huruf tho’ sukun bertemu dengan huruf ta’

Surat Az-Zumar Ayat 56

أَنْ تَقُولَ نَفْسٌ يَا حَسْرَتَا عَلَىٰ مَا فَرَّطْتُ فِي جَنْبِ اللَّهِ وَإِنْ كُنْتُ لَمِنَ السَّاخِرِينَ

Huruf dal sukun bertemu dal bertemu dengan ta’

Surat Hud Ayat 30

وَيَا قَوْمِ مَنْ يَنْصُرُنِي مِنَ اللَّهِ إِنْ طَرَدْتُهُمْ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ

Huruf Dzal sukun bertemu dengan huruf dzo’

Surat An-Nisa Ayat 64

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا لِيُطَاعَ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا

Itulah beberapa contoh bacaan Idgham Mutajanisain yang berada di dalam Al-Qur’an. tentunya masih sangat banyak sekali bacaan-bacaan Idgham Mutajanisain yang berada di dalam al-Qur’an.

Demikian ulasan tentang bacaan Idgham Mutajanisain yang dapat kami berikan semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar