Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh

Ulang tahun merupakan salah satu momen yang selalu dinanti-nantikan. Bagaimana tidak hari yang jatuh hanya setahun sekali kerap kali menjadi hari yang ditunggu-tunggu kehadirannya.

Selain memberikan hadiah secara sederhana biasanya orang juga akan memberikan ucapan-ucapan special untuk orang yang sedang ulang tahun.

Berikut ini kami tuliskan beberapa ucapan ulang tahun yang bisa dijadikan sebagai contoh atau inspirasi untuk memberikan ucapan ulang tahun secara islami.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Ketika teman dekat, sahabat, atau bahkan saudara kita ulang tahun rasanya tidak lengkap bila tidak ikut mengucapkan selamat kepadanya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ucapan ulang tahun yang bernuansa Islami.

Berikut ini beberapa kalimat tersebut dapat teman-teman gunakan ketika teman kita ada yang ulang tahun;

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Arab

Memberikan ucapan ulang tahun kepada orang terdekat dengan menggunakan bahasa arab rasanya memang lebih special yah, nah untuk itu kami berikan beberapa contoh ucapan ulang bahasa arab secara singkat;

بَرَكَ اللهِ فِي عُمْر\كَ

عَلَيْكَ بَرَكَةُ اللهِ

فِيْ عُمْرِكَ بَرَكَةُ اللهِ

بَرَكةُ اللهِ عَلَيْكَ فِي يَوْمِ مِلَدِكَ

بَارَكَ اللهُ وَ النَّجَاحِ فِي حَيَاتِكَ

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Latin

Ucapan ulang tahun islami ini sangat singkat namun mengandung doa yang memiliki arti yang baik. Nah kalimat-kalimat dibawah ini bisa diucapkan ketika orang disekitar kita sedang ulang tahun’

  1. Barakallah Fii Umrik
  2. ‘alaika barakatullahi
  3. Fiy ‘umrika barakatullahi
  4. Barakatullahi ‘alaika fi yaumi miladika
  5. Barakallahu wan najaahi fii hayatika

Ucapan selamat ulang tahun umumnya menggunakan bahasa Indonesia agar mudah diucapkan. Akan tetapi namanya manusia, sangat wajar apabila ingin menggunakan istilah-istilah lain saat memberi ucapan kepada orang terdekatnya.

Contohnya banyak sekali, kita sering mendengar orang-orang mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa arab atau dalam bahasa inggris. Hal tersebut wajar adanya karena setiap manusia tentu ingin mencoba hal-hal baru.

Selain ungkapan diatas terdapat juga beberapa ungkapan untuk mengucapkan selamat ulang tahun dengan nuansa Islami. Seperti  kalimat-kalimat dibawah ini;

Kalimat Untuk Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Selain menggunakan kalimat-kalimat yang singkat untuk mengucapkan selamat ulang tahun, biasanya kita juga suka menggunakan ungkapan-ungkapan yang panjang untuk ditulis sebagai ucapan selamat atau doa.

Berikut ini kami tuliskan beberapa contoh ungkapan untuk disampaikan kepada teman, sahabat atau orang-orang terdekat lainnya ketika ulang tahun.

“Barakallahu fii umrik kak, semoga Allah memberikan umur yang berkah, manfaat. Kakak tumbuh menjadi pribadi yang shaleh, dapat menjadi motivasi bagi orang-orang terdekat. Amiin.”

 “dihari, dimana dulu engkau dilahirkan, aku orang yang saat ini ada didekatmu ingin mengucapkan sebuah kalimat semoga dapat menjadi doa yang terkabulkan oleh Allah SWT. untukmu orang terdekatku, semoga Allah limpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga engkau memiliki umur yang berkah sepanjang hidupmu. Amiin.”

“Semoga Allah melimpahkan umur yang manfaat lagi berkah kepadamu, semoga segala hajat dan cita-citamu Allah kabulkan bersama dengan iringan Ridha-Nya. Amiin ya rabbal ‘alamin.”

“semoga senantiasa Allah memberikan umur yang manfaat lagi berkah kepadamu, kesehatan dan kesemangatan menyertaimu selalu. Selamat ulang tahun untukmu.”

“untukmu sahabatku, aku berdoa kepada Allah SWT. semoga pada umurmu yang kian bertambah, bertambah pula keberkahan serta kesuksesan dalam hidupmu. Amiin.”

“pada hari ini engkau ditambahkan umur oleh Allah, maka hari ini aku berdoa kepada Allah agar ditambahkan pula keberkahan, serta kejayaan dunia dan akhirat atasmu.  Amiin.”

Ucapan yang disampaikan ketika merayakan ulang tahun sebaiknya ucapan yang mengandung doa atau memberikan harapan yang baik, tujuannya adalah agar orang yang sedang ulang tahun tersebut dapat merasakan kehangatan, dukungan dan semangat untuk terus berkembang dan Berjaya.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Untuk Orang Tercinta Bahasa Arab Dan Artinya

Orang tercinta bukanlah pacar atau kekasih yang kami maksudkan, orang tercinta ialah orang-orang disekitar kita baik sahabat, teman dekat, saudara tau bahkan keluarga kita sendiri.

Ketika salah satu dari mereka ada yang berulang tahun rasanya ingin sekali mengucapkan suatu kalimat yang membahagiakan baik berupa doa atau ucapan selamat.

Berikut ini kami tuliskan beberapa kalimat yang bisa digunakan untuk ungkapan selamat kepada orang-orang tercinta disekitar kita;

الأُخُوَّةُ  الصَّادِقَةُ مَثَلُهَا مَثَلُ اليَدِّ وَالعَيْنِ. حِيْنَمَا تَأَذَّالْيَدُ تَدْمَعُ العَيْنُ وَحِيْنَمَا تَبْكِي الْعَيْنُ تَمْسَحُهَا اليَدُ فَأَدْعُ اللهَ أَنْ يَكُوْنَ تَوَاصُلُ مَنْ نُحِبُّ هَكَذَا إِلَى الأَبَدِ إِنْشاءَ اللهُ

“perumpamaan persaudaraan yang tulus bagaikan tangan dan mata. Ketika tangan terluka mata ikut meneteskan air mata, ketika mata menangis tangan ikut mengusap air mata. Saya berdoa kepada Allah agar komunikasi kita dan komunikasi dengan setiap orang yang kita cintai tetap langgeng Insya Allah.”

أَحَبَّكَ اللهُ الَّذِي أَحْبَبْتَنِي فَيْهِ. وَأَنَا كَذَلِكَ أُحِبُّكَ فِي اللهِ فَلَا تَحْرِمْنَا مِنْ دَعَوَاتِكَ لَنَا فِي ظَهْرِ الغَيْبِ  فَهُوَ بِإِنِ اللهِ مُسْتَجَابٌ كَمَا أَخْبَرَنَا نَبِيُّ الرَّحْمَةِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“semoga Allah mencintaimu sebagaimana engkau mencintaiku karena-Nya. Saya juga mencintaimu karena Allah. Janganlah engkau putuskan kami dari doamu yang dipanjatkan tidak dihadapan saya, karena doa doa yang seperti itu mustajab dengan izin Allah. Sebagaimana diberitakan oleh Nabi kita yang penuh kasih sayang.”

عِنْدَمَا تُظْلِمُ الدُّنْيَا مِنْ حَوْلِنَا، وَنَحْشُرُ بِالوَحْدَةِ، نَتَذَكَّرُ شُمُوْعَ الأُخُوَّةِ الصَّادِقَةِ فِي اللهِ، حِيْنَهَا فَقَطْ نَبْتَسِمُ، وَنُدْرِكُ أَنَّنَا لَسْنَا وَحِيْدِيْنَ، فَهُمْ هُنَا بِعُمْقِ القَلْبِ

“ketika dunia menjadi gelap di sekitar kita, ketika kita merasa kesepian dalam kesendirian, kita mengingat cahaya persaudaraan yang tulus ikhlas karena Allah, di saat yang seperti itu kita dapat tersenyum, menyadari bahwa kita tidak sendirian, mereka dekat dengan kita, dilubuk hati yang paling dalam.”

يَأْتِي  الصَّبَاحُ وَتَتَفَتَّحُ الأَنْفَاسُ، وَتَبْدَءُ القُلُوْبُ مُخْلِصَةً وَتُرْسِلُ دَعَوَاتِهَا لِمَنْ تُحِبُّ. جَعَلَكَ اللهُ مِنْ أَحَبِّ عِبَادِهِ، إِلَيْهِ وَمِنْ أَقْرَبِهِمْ مَنْزِلَةً مِنْ نَبِيِّهِ وَاَرْوَاكَ مِنْ حَوْضِهِ

“Tibalah pagi dan bangunlah jiwa-jiwa manusia, hati yang ikhlas mulai mengirimkan doa kepada orang yang dicintainya. Semoga Allah menjadikanmu sebagai hamba-hamba yang dicintai-Nya, orang-orang yang paling dekat kedudukannya dengan Nabi-Nya dan memberikan minum dari air telaga-Nya.”

إِنَّ نِقَاطَ المَاءِ تَثْقُبُ الصَّخْرَ! لَيْسَ بِقُوَّتِهَا وَلَكِنْ بِتَوَاصُلِهَا فَاللَّهُمَّ اجْعَلِ تَوَاصُلَنَا بِرًّا وَكَلَمَنَا ذِكْرًا وَمَحَبَّتَنَا فِيْكَ مَدَى العُمْرِ وَاَنْتَ رَاضٍ عَنَّا يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“sesungguhnya tetesan-tetesan air dapat melubangi batu! Bukan karena kuatnya air tapi karena terus-menerus air menetes. Ya Allah, jadikanlah komunikasi antara kami sebagai kebaikan, ucapan kami sebagai dzikir, jadikanlah cinta diantara kami karena-Mu sepanjang umur dan engkau ridha kepada kami wahai Allah yang Maha Penyayang.”

Doa Untuk Ulang Tahun

Selain ucapan yang bisa kita sampaikan kepada orang disekitar kita yang sedang ulang tahun, kita juga bisa membacakan doa kepada mereka. Berikut beberapa doa yang bisa dibacakan kepada mereka;

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

“allohumma innaa nas-aluka, salaamatan fid diini, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wa ziyaadatan fil ‘ilmi, wa barokatan fir rizqi, wa taubatan qoblal mauti, wa rohmatan ‘indal maut,i wa maghfirotan ba’dal mauti.”

Artinya : “Ya Allah, kami memohon kepadaMu, keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati.”

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

“robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuni waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama”

Artinya : “Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Untuk Anak

Bila yang sedang ulang tahun adalah anak-anak, maka tentunya ada beberapa kalimat yang berbeda yang akan kita sampaikan kepada mereka. Berikut ini beberapa contoh ucapan ulang tahun untuk anak-anak;

“Selamat ulang tahun, semoga diberikan umur yang berkah, diberikan kesehatan, kesuksesan dan kebahagiaan sepanjang hidup.”

“Selamat ulang tahun, semoga selalu diberikan kesehatan yang terjaga, dan kebahagiaan yang berlimpah dapat engkau dapatkan setiap waktu. doa ibu untukmu tak pernah berhenti. Jadilah engkau anak yang berbakti.”

“Selamat ulang tahun, Nak! Semoga selalu diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Amiin!”

“Selamat ulang tahun anak bunda sayang, Semoga panjang umur dan kebahagiaan.”

“Jika kamu tumbuh menjadi princess rendah hati dan suka berbagi. Selamat Ulang Tahun anakku sayang ayah sama bunda berharap yang terbaik untuk kamu dari saat ini. tumbuh lebih besar. Lebih indah dan cerdas.”

“Anak adalah anugerah dari Tuhan tak terkira. Jadi hari ini ayah dan bunda berdoa bahwa kamu akan selalu menjadi penyejuk hati kita. Selamat ulang tahun, anakku Wahai anakku tercinta.”

“Wahai permata hatiku semoga engkau menjadi lebih baik, lebih sholeh, dan bisa menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus ayah bunda menyertai langkahmu Barakalloh anakku. Semoga keberkahan menyertai perjalanan usiamu.”

“Jadikan mimpi dan harapanmu sebagai pemacu untuk semakin giat belajar. Doaku menyertai setiap langkahmu! Barakallah fii umrik, Nak.”

“Semoga Alloh memberkahi sisa umurmu sehingga engkau dapat menjadi pribadi yang lebih baik, lebih soleh, dan lebih beruntung di tahun-tahun yang akan datang. Jangan lupa ibadah dan doakan ayah bundamu di setiap waktu. Barakallah fii umrik. Semoga umur anakku adalah umur yang berkah.”

“Selamat ulang tahun Nak. Jadilah seperti yang ayah dan ibu harapkan.”

“Selamat ulang tahun anakku yang ganteng. Selamat tambah tua. Semoga semakin bertambah usia, bertambah pula kedewasaanmu. Tetap semangat dalam meraih impian dan cita-cita.”

Itulah beberapa ucapan selamat tahun yang dapat kita sampaikan kepada orang-orang disekitar ita dengan nuansa islami. Semoga bermanfaat dan menginspirasi para pembaca sekalian. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar