Tanah Suci Umat Muslim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Umat muslim diseluruh dunia tentunya pernah mendengar akan tempat-tempat yang disucikan oleh umat muslim karena memiliki sejarah yang sangat luar biasa, baik berkaitan langsung dengan Rasulullah atau berkaitan dengan perkembangan agama Islam.

Dalam perkembangannya agama Islam memiliki beberapa tempat yang begitu disucikan sejak zaman nabi Adam AS. hingga akhir zaman. Peninggalan-peninggalan tersebut begitu disucikan karena pernah digunakan atau menjadi tempat bagi Rasulullah SAW.

Dari sekian banyaknya tanah suci umat Muslim, tempat-tempat tersebut bahkan memiliki kewibawaan atau kekuatan mahgis yang luar biasa.

Hal ini wajar terjadi karena latar belakang atau pengaruh dari sejarah yang begitu kuat pada tempat-tempat tersebut. Selain itu tempat-tempat suci merupakan tempat yang tidak sembarangan. Melainkan tempat yang memang disucikan karena adanya perintah agama.

Tanah Suci Umat Islam

Tempat yang disebut sebagai tanah suci ialah tanah Haramain yaitu Makkah dan Madinah. Kedua tempat tersebut merupakan tempat yang pasti dikunjungi bila seseorang melaksanakan ibadah haji atau umrah.

Dari zaman kenabian hingga saat ini dua kota tersebut yakni Makkah dan Madinah memang selalu begitu kental dengan nuansa keislaman.

Hal ini tidak lepas dari nilai sejarah zaman kenabian yang memang menggunakan dua tempat tersebut sebagai awal pusat berdirinya dan perkembangan agama Islam.

Membicarakan tanah suci umat Muslim maka rasanya tidak lengkap bila tidak mengupas secara luas. Selain dua tempat tersebut masih terdapat suatu tempat yang juga menjadi tanah suci bagi umat Muslim.

Ya, tempat tersebut berada di negeri palestina yaitu, masjid Al-Aqsha. Sebelum umat islam diwajibkan untuk berkiblat ke Baitullah Makkah Mukarramah, umat Islam menghadap kiblat ke Al-Aqsha.

Nah agar menunggu lebih lama, mari kita bahas satu-persatu tempat-tempat suci bagi umat Islam yang berada di atas muka bumi ini, simak pembahasan di bawah ini;

Tanah Suci Makkah Al-Mukarramah

Tanah suci yang pertama ialah tanah suci Makkah Al-Mukarramah, kota Makkah menjadi tanah suci umat Muslim yang paling banyak dikunjungi manusia.  Bagaimana tidak? Hal ini tentunya berkaitan dengan jamaah haji yang selalu memenuhi Makkah bila musim haji telah tiba.

Dengan adanya pemandangan ini, sudah cukup menjadi bukti bahwa Tanah Makkah merupakan tanah suci yang tidak bisa diragukan lagi dari zaman Nabi hingga saat ini.

Para ulama juga sering menyebutkan akan kesucian tempat ini, hal ini terbukti dengan banyaknya istilah uang mereka gunakan untuk menyebut tempat ini.

Berikut ini beberapa fakta penting yang berkaitan dengan Makkah, simak terus sehingga kita benar-benar mengenal dekat dengan Kota Makkah tersebut;

Makkah, Tempat Berdirinya Kakbah

Dari zaman  dahulu hingga kapan pun Makkah merupakan tanah suci yang tidak bisa terbantahkan. Kakbah didirikan pada masa Nabi Ismail dan kemudian direnovasi pada Masa Nabi Muhammad saw.

Salah satu kisah yang sangat menyentuh adalah sikap kebijaksanaan Rasulullah SAW. ketika meletakkan batu Hajar Aswad. Hingga saat ini Kakbah masih utuh sebagaimana pada masa nabi dahulu. Hal ini tentu untuk menjaga kesucian Kakbah tersebut.

Sebelum Rasulullah SAW.menyerukan agama Islam, pada bangunan Kakbah banyak berdiri patung-patung yang dijadikan sesembahan oleh orang-orang Quraisy. Setelah Islam datang kemudian berhala-berhala tersebut dihancurkan oleh umat Muslim pada masa Rasulullah saw.

Makkah, Tempat Kelahiran Rasulullah SAW

Tanah suci Makkah merupakan tanah sakral, tepatnya yaitu pada hari senin 12 rabiul awal pada tahun gajah  Rasulullah SAW. dilahirkan. Rasulullah dilahirkan di kota Makkah sedangkan Kakek Rasulullah saw. merupakan salah satu pembesar di kota Makkah.

Sebelum Hijrah ke Madinah, Rasulullah saw. menyebarkan agama islam untuk pertama kalinya di Makkah. Setelah ada perintah untuk hijrah kemudian Rasulullah hijrah ke madinah bersama para sahabat-sahabatnya.

Makkah, Tempat Di Turunkannya Agama Islam

Seluruh sejarah yang membahas Island an kerasulan Muhammad saw. mengatakan bahwa Nabi Muhammad saw. hidup dan menyampaikan ajaran Islam pada masa awal di Makkah.

Setelah adanya perintah untuk hijrah kemudian Nabi berpindah ke Madinah dan mengajarkan agama Islam di Madinah. Ajaran agama islam terus berkembang hingga hari ini.

Rasulullah hijrah ke Madinah setelah kurang lebih berdakwah selama 10 tahun di Makkah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Islam pertama kali diturunkan merupakan di Makkah bukan di Madinah.

Makkah,  Menyimpan Banyak Sejarah Islam Dengan Berbagai Situs

Makkah yang merupakan tanah kelahiran Rasulullah menyimpan banyak peninggalan yang hingga hari ini masih dijaga sebagai situs peninggalan Islam. Bagaimana tidak? Jasa serta beberapa peninggalan yang dahulu digunakan Rasulullah adalah saksi dari masa-masa hidup rasulullah saw.

Tanah, bangunan dan peninggalan-peninggalan lain akan selalu menjadi tempat yang mengandung nilai sejarah begitu tinggi hingga kapanpun.

Tanah Suci Madinah

Makkah dan madinah merupakan dua kota yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah agama Islam. Selain menyebarkan agama Islam di Makkah Rasulullah hijrah ke Madinah kemudian menyebarkan dan membangun Islam hingga begitu besarnya dari kota Madinah ini.

Di  madinah Rasulullah bersama para sahabatnya membangun masjid Nabawi. Pada mulanya masjid tersebut menjadi pusat berbagai macam kegiatan, dakwah Islam, mengadili perkara, musyawarah bahkan jual beli pernah dilakukan di masjid peninggalan Rasulullah ini.

Madinah, Tempat Rasulullah Dimakamkan

Kota Madinah menjadi salah satu kota suci bukan hanya karena menjadi pusat dakwah Islam pada masa Rasulullah saja, melainkan karena di komplek masjid inilah kemudian Rasulullah saw. dimakamkan.

Alasan inilah yang membuat kebanyakan orang ingin mengunjungi masjid Nabawi karena akan berziarah ke makam Rasulullah saw.

Madinah, Pusat Kemajuan Islam Setelah Makkah

Setelah hijrah dari Makkah, Rasulullah kemudian berdakwa di wilayah Madinah hingga mengalami perkembangan dan kemajuan yang luar biasa. Kemajuan Islam berkembang begitu luar biasa di Madinah, dikota tersebut bahkan menjadi posor akan kemajuan Islam.

Beberapa peperangan dengan kaum Quraisy juga pernah dihadapi oleh rasulullah dan para Sahabatnya ketika berdakwah lantaran adanya desakan dan tekanan dari golongan Quraisy.

Islam yang dalam ajaran dan penyampaiannya selalu dengan lemah lembut tanpa, penuh toleransi ini dapat dibuktikan dengan adanya kenyataan bahwa Islam menghargai perbedaan suku dan agama.

Di Madinah, Islam hidup berdampingan dengan berbagai suku, agama, dan berbagai macam golongan masyarakat yang ada. Dari hal itulah kemudian Islam memiliki jamaah yang begitu banyak.

Sejak Islam mulai berpusat di Madinah, Islam mengalami perkembangan secara luas dan dalam skala yang besar. Hingga kemudian, Makkah pun berhasil ditakhlukan kembali.

Tanah Suci Umat Islam, Tanah Palestina

Selain dua tempat ternama di atas, masih ada salah satu tempat lagi yang tidak kalah penting dalam sejarah umat Islam. Bagaimana fakta-fakta dengan tempat tersebut? Simak terus pembahasan dibawah ini;

Tanah Palestina hingga kini merupakan salah satu tanah suci umat Muslim, meskipun masih banyak yang memperebutkan akan status kepemilikan dari wilayah tersebut.

Masjid Al-Aqsha Di Syariatkan Untuk Di Kunjungi

Dalam sebuah hadits disebutkan, bahwa masjid Al-Aqsha merupakan masjid yang di syariatkan untuk dikunjungi  sebagaimana masjidil haram di Makkah dan masjid Nabawi di Madinah.

Palestina, Merupakan Tempat Isra’ Rasulullah

Seluruh umat Muslim tentu memahami atau minimalnya pernah mendengar kisah perjalanan Isra’ mikraj yang pernah dialami Rasulullah saw.

Dalam peristiwa ini, sebelum Rasul melakukan perjalanan ke Sidratul Muntaha, beliau singgah di Masjid Al-Aqsha yang berada di palestina tersebut, perjalanan dari Makkah ke Palestina tersebut dinamakan dengan peristiwa Isra’.

Palestina, Menjadi Arah Kiblat Sebelum Kakbah

Sebelum adanya perintah untuk menghadap kiblat ke Kakbah, umat muslim menghadap kiblat ke arah Masjidil Aqsha. Peristiwa perpindahan kiblat tersebut terjadi ketika Rasulullah menjalankan Shalat Ashar. Masjid tersebut kemudian hingga saat ini bernama Masjid Qiblatain.

Palestina, Tempat Tinggal Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim merupakan salah satu dari dua puluh lima nabi yang wajib umat Islam ketahui. Nabi Ibrahim dahulu bertempat tinggal di daerah Palestina. Dari Nabi Ibrahim inilah kemudian lahir para-nabi-nabi setelahnya, seperti Nabi Ismail dan lain-lain.

Dari uraian di atas bisa kita simpulkan bahwa tanah suci umat muslim antara lain, Makkah, Madinah, dan Masjidil Aqsha yang berada di Palestina.

Di tempat lain tentunya terdapat banyak sekali tanah atau tempat yang disucikan umat Muslim karena menjadi media atau pusat penyebaran agama Islam pada masa dahulu.

Akan tetapi tempat-tempat tersebut perlu mendapat mengakuanduni sehingga menjadi tempat suci yang diakui oleh umat Muslim diseluruh dunia.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan berkaitan dengan Tanah Suci Umat Muslim. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semuanya. Amiin ya rabbal ‘alamin. Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar