Mad Badal

Salam sejahtera untuk kita semuanya terkhusus umat muslim dimanapun berada. Semoga senantiasa kita dimudahkan oleh Allah SWT untuk dapat memahami sesuatu yang sedang kita pelajari bersama.

Dari sekian banyak ilmu tajwid, salah satu bab yang juga wajib kita pahami bersama adalah bab mad badal. Mad badal sedikit berbeda dengan mad yang lainnya karena asal muasalnya bacaan tersebut, yaitu karena bertemunya bacaan mad dan hamzah.

Pengertian Mad Badal

Yang dinamakan dengan mad badal yaitu berkumpulnya mad dan hamzah dalam satu kata, akan tetapi hamzah terletak diawal kata.

Sangat simple bukan? Jadi sedikit kami jelaskan bahwa bacaan ini pada asalnya terdapat bacaan mad dan hamzah yang terkumpul dalam satu kata. Yaitu alif berharakat hatfah bertemu dengan hamzah yang disukun. Selanjutnya alif dibaca panjang dua harakat.

Cara Membaca Mad Badal

Cara membaca bacaannya adalah dibaca panjang sebanyak dua harakat. Apabila membaca al-qur’an kemudian menemukan harakat fathah atau kasroh yang berdiri (ٖ ٰ) maka bacaan tersebut dinamakan bacaan mad badal.

Contoh Bacaan mad Badal

Mari perhatikan bersama-sama beberapa contoh bacaan mad badal dibawah ini. Bila diperhatikan bersama-sama maka ciri yang paling mudah diingat adalah adanya harakat yang berdiri.

Nah harakat itulah yang merupakan gentian dari alih atau ya yang diganti menjadi harakat da dibaca panjang sebanyak dua harakat.

آدَمَ asalya اَأْدَمَ

اِيْمَانٌ asalya اِئْمَانٌ

اٖلٰفِهِمْ : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

كُلُّ فِي كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

Baca Juga: Huruf Ikhfa

وَعَمِلًوْا الصّٰلِحٰتٍ : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

كِتٰبٌ اُحْكِمَتْ اٰيٰتُهُ : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

اَصْحٰبُ الْجَحِيْمِ : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

مَانَرٰىكَ اِلَّا بَشَرًا : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka dibaca panjang sebanyak dua harakat.

بَلْ نَظُنُّكُمْ كٰذِبِيْنَ : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

وَاَنْتُمْ لَهَا كٰرِهُوْنَ : perhatikan kata yang bergaris bawah. Kata tersebut maka harus dibaca panjang sebanyak dua harakat.

Demikian pembahasan tentang bab mad badal yang dapat kami sampaikan. Semoga senantiasa Allah SWT melimpahkan pemahaman kepada kita semuanya. Amin ya rabbal ‘alamin.

Baca Juga : Mad Asli

Terima kasih kami sampaikan sudah berpartisipasi da membaca tulisan kami. Semoga dapat memberi wawan, pengetahuan dan pemahaman baru. Sebagai makhluk yang tidak sempurna tentulah terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam hal apapun.

Maka dari itu kami mohon maaf yang begitu tulus apabila terdapat kekeliruan dalam pembahasan yang kami ulas. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar