Kado Ulang Tahun Islami

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari kelahiran buah hati memang salah satu hari yang sering kali ditunggu-tunggu oleh sebagian orang, terlebih lagi bagi ibu-ibu muda zaman sekarang, merayakan ulang tahun buah hatinya merupakan suatu kebanggan tersendiri.

Akan tetapi mengenai perayaan ulang tahun sampai saat ini seringkali menjadi perbincangan orang-orang disekitar kita. lantas bagaimana hukum merayakan ulang tahun itu sendiri?

Hukum Merayakan Ulang Tahun

Merayakan ulang tahun seringkali menjadi perbedaan mengenai status hukumnya, sebab kebanyakan orang yang mengatakan bahwa merayakan ulang tahun itu tidak boleh adalah karena mereka menganggap bahwa ulang tahun merupakan adat orang-orang Yahudi atau adat non muslim.

Akan tetapi menurut sebagian ulama, seperti syekh Ali Jumu’ah, majlis fatma ulama Mesir mengatakan bahwasanya merayakan ulang tahun hukumnya diperbolehkan.

Dengan catatan, dalam perayaan tersebut tidak terdapat hal-hal yang dilarang oleh syariat seperti pesta minuman keras, berfoya-foya yang berlebihan hingga menimbulkan banyak kerusahan atau mafsadah.

Jadi merayakan ulang tahun atau hari kelahiran seseorang diperbolehkan dengan catatan perayaan tersebut diniatkan sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran orang tersebut.

Selanjutnya selain sebagai rasa syukur hal yang harus diperhatikan adalah prosesi perayaan hari ulang tahun yang jangan sampai membuat sesuatu yang melanggar aturan syariat, seperti berfoya-foya atau meninggalkan kemanfaatan.

Kado Ulang Tahun Islami

Memberikan kado untuk saudara atau orang-orang disekitar kita yang sedang merayakan ulang tahun rasanya memang sebagai suatu hal yang wajar untuk dilakukan.

Mendatangi undangan ulang tahun bila tidak membawa hadiah atau kado memang terasa hampa. Akan tetapi bila hendak memberikan kado ulang tahun, kadang juga dihadapkan dengan pilihan yang membingungkan.

Nah beberapa saran di bawah ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dijadikan sebagai kado ulang tahun teman-teman kepada orang-orang terdekatnya;

Kado Ulang Tahun Islami Untuk Anak Kecil

Memberikan kado kepada anak kecil yang sedang ulang tahun rasanya memang perlu untuk memberikan kegembiraan dan memberikan semangat kepada si anak. Nah berikut ini beberapa benda yang dapat dijadikan sebagai kado ulang tahun untuk anak kecil dengan nuansa religi;

#1. Kaligrafi nama anak

Memberikan kado ulang tahun berupa kaligrafi nama anak yang sedang ulang tahun dapat dijadikan sebagai alternatif, karena nantinya dapat di pajang di kamar atau didinding rumah.

#2. Foto anak dengan background islami

Foto anak yang ulang tahun dengan background nuansa islami juga bagus untuk dijadikan sebagai kado ulang tahun. Biasa kado tersebut dapat dipajang di meja belajar atau di dinding.

#3. Baju taqwa lucu

Saat ini banyak sekali baju anak kecil yang bervariasi, baju tersebut bisa dijadikan sebagai kado untuk ulang tahun si kecil.

#4. Jubah atau gamis anak kecil

Saat sekarang ini banyak anak-kecil yang kelihatan lucu dan imut ketika mengenakan baju gamis atau jubah. Memberikan jubah sebagai kado ulang tahun juga hal yang sangat bagus.

#5. Sajadah mini

Selain jubah, sajadah mini juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dijadikan sebagai kado kepada anak-anak kecil yang sedang ulang tahun. Sajadah mini ini biasanya digunakan anak kecil ketika berjamaah dengan orang tuanya.

#6. Tasbih mini

Memberikan tasbih mini juga bisa menjadi inspirasi bagi yang bingung ingin memberikan kado kepada anak kecil. Tasbih kecil pastinya lucu dan imut juga sangat pantas di pegang anak kecil ketika ikut berjamaah bersama orang tua.

#7. Mukenah anak kecil

Saat ini banyak sekali mukenah anak kecil dengan gambar-gambar yang lucu. Nah mukenah tersebut bisa dijadikan sebagai kado ulang tahun yang unik namun berfaidah yang luar biasa. Sehingga anak menjadi semangat belajar ibadah.

#8. Kerudung atau jilbab anak kecil

Selain mukenah memberikan kerudung atau jilbab kepada anak kecil juga dapat membantu anak tersebut untuk memulai belajar berpakaian yang rapi. Memberikan jilbab juga dapat menjadi pilihan dalam memberikan kado ulang tahun.

#9. Buku bacaan kisah-kisah rasul

Buku-buku yang menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul banyak yang bagus dan menarik. Memberikan kado berupa buku tersebut sangat baik karena dapat membantu anak untuk belajar mengenal kisah-kisah nabi dan rasul.

#10. Buku bacaan ensiklopedi agama

Selain buku kisah Nabi dan Rasul bisa juga memberikan kado berupa buku bacaan ensiklopedia agama, buku tersebut biasanya menampilkan berbagai macam hal-hal yang berkaitan dengan agama dengan gambar-gambar yang menarik.

#11. Buku cerita islami

Buku cerita islami biasanya menampilkan cerita tau kisah-kisah bijak keagamaan, nah buku tersebut juga bisa menjadi kado ulang tahun. Dengan buku itu anak akan mengenal kisah-kisah islami sehingga akan membantu belajar agama lebih giat.

#12. Mainan islami (Al-Qur’an audio)

Saat sekarang ini banyak dijumpai mainan yang berisi bacaan ayat-ayat al-Qur’an atau bacaan shalawat. Memberikan kado ulang tahun berupa mainan tersebut dapat membantu anak untuk semangat mengaji.

Kado Ulang Tahun Islami Untuk Ibu Tercinta

Memberikan kado saat ibunda ulang tahun seringkali membuat keluarga haru, sebab namanya orang tua kadang tidak lagi mengingat kapan tanggal lahirnya.

Nah bila ingin memberikan kado ulang tahun kepada ibu tercinta kami tuliskan beberapa kado yang bisa menjadi inspirasi untuk diberikan saat ibu tercinta ulang tahun.

#1. Kerudung

Kerudung juga bisa dijadikan sebagai kado alternatif yang memiliki banyak manfaat. Memberikan kado berupa kerudung juga tidak ketinggalan zaman.

#2. Gamis Syar’i

Selain kerudung gamis syar’i juga banyak macam dan modelnya. Memberikan kado berupa gamis syar’i juga baik karena biasanya ibu-ibu banyak melakukan aktifitas sosial keagamaan dengan masyarakat.

#3. Berziarah Bersama Keluarga

Bila memiliki cukup biaya atau dapat bekerja sama dengan semua saudara yang ada, memberikan kado ulang tahun ibu tercinta berupa ziarah keluarga bersama juga bisa menjadi pilihan.

#4. Alat Untuk Kebutuhan Vital

Sebagai ibu yang memiliki umur yang sudah lanjut kadang kala penglihatan atau pendengaran sudah mulai berkurang. Nah memberikan kado berupa kacamata atau alat bantu pendengaran juga bisa menjadi pilihan.

#5. Mengundang Seluruh Keluarga Yang Jauh

Terkadang ibu hanya hidup bersama anak terakhirnya, sedangkan anak-anaknya yang lain berada di perantauan atau telah memiliki rumah sendiri-sendiri. Berkumpul dengan keluarga besar saat ibu tercinta ulang tahun juga hal yang mengharukan namun begitu membahagiakan.

Kado Ulang Tahun Untuk Ayah Tercinta

Memberikan kado kepada ayah atau orang tua laki-laki kedengarannya memang jarang tetapi tidak ada salahnya memberikan kado ulang tahun kepadanya. Nah berikut ini beberapa kado yang bisa diberikan kepada ayah kita;

#1. Sarung

Orang tua akan terlihat lebih elegan bila mengenakan sarung. Nah memberikan sarung bisa dijadikan sebagai hadiah ulang tahun.

#2. Baju Taqwa

Selain sarung memberikan baju taqwa untuk orang tua juga hal yang sangat bagus, karena kegiatan orang tua biasanya lebih banyak berkaitan dengan kajian-kajian keagamaan.

#3. Tasbih

Tasbih ada berbagai macam bentuk dan bahan dasarnya. Salah satu tasbih yang bagus biasanya yang berbahan dasar kaukah. Memberikan tasbih juga hal yang baik sebagai kado ulang tahun untuk ayah tercinta.

#4. Alat Kebutuhan Vital

Namanya orang tua kadang memang sudah ada yang berkurang fungsi organ tubuhnya seperti pendengaran atau penglihatan, memberikan kado berupa alat bantu seperti kacamata juga sangat bagus untuk dilakukan.

#5. Kumpul Bersama Keluarga

Kumpul bersama keluarga besar saat orang tua ulang tahun dapat menjadi momen yang mengahrukan sekaligus membahagiakan.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan niatkan selalu segala sesuatunya untuk beribadah sehingga bisa mendapatkan pahala di sisi Allah SWT. amiin ya rabbal’alamin. Wassalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh.

Tinggalkan komentar