Idgham Mutaqaribain

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat sekalian, sebagaimana sering kita dengar baik melalui ceramah ataupun melalui ungkapan asatidz dan guru-guru kita bahwasanya mempelajari ilmu tajwid hukumnya wajib bagi orang yang sedang belajar membaca al-Qur’an.

Oleh sebab itu kami ingin berbagi mengenai salah satu materi tajwid yang bertemakan pembahasan bacaan Idgham Mutaqaribain. Bacaan Idgham Mutaqaribain merupakan salah satu dari bacaan yang terjadi sebab adanya persamaan bunyi bacaan atau tempat keluarnya huruf.

Lantas bagaimana pembahasan mengenai bacaan Idgham Mutaqaribain tersebut? Mari simak bersama-sama pembahasan di bawah ini.

Pengertian Idgham Mutaqaribain

Bacaan Idgham Mutaqaribain yaitu ketika terdapat huruf yang disukun  bertemu dengan huruf lain yang berdekatan atau hampir sama makhroj dan sifatnya.

Cara Membaca Bacaan Idgham Mutaqaribain

Cara membaca bacaan Idgham Mutaqaribain ialah dengan memasukan huruf pertama kepada huruf yang kedua. Untuk lebih jelasnya mari simak bersama-sama contoh dari bacaan Idgham Mutaqaribain di bawah ini.

Contoh Idgham Mutaqaribain

يَلْهَثْ ذَلِكَ     yaitu bertemunya huruf Tsa (ث) dengan huruf dzal (ذ)

كَذَّبَتْ ثَمُوْدُ     yaitu bertemunya huruf ta (ت) dengan huruf Tsa (ث)

أَلَمْ نَخْلُقْكُمْ     yaitu bertemunya huruf qaf (ق) dengan huruf kaf (ك)

اِرْكَبْ مَعَنَا    yaitu bertemunya huruf ba (ب) dengan huruf mim (م)

Cara Membaca

Dari contoh diatas bisa kita perhatikan bersama-sama misalnya pada contoh nomor satu, di sana tertulis contoh يَلْهَثْ ذَلِكَ, yang menjadi pembahasan ialah bertemunya huruf tsa (ث) dengan huruf dzal (ذ).

Cara membacanya ialah dengan memasukan huruf tsa (ث) tersebut kedalam bacaan huruf dzal, sehingga bacaan huruf tsa (ث) tidak terbaca dengan jelas karena sudah dimasukan ke dalam bacaan huruf dzal (ذ)

Contoh Bacaan Idgham Mutaqaribain Di Al-Qur’an

Contoh bacaan Idgham Mutaqaribain di dalam al-Qur’an sebenarnya banyak sekali, akan tetapi mungkin karena kurang memperhatikan atau bagaimana kadang kita lupa bahwa bacaan yang sedang ditemui tersebut merupakan bacaan Idgham Mutaqaribain sehingga tidak dibaca sebagaimana mestinya bacaan Idgham Mutaqaribain.

Nah pada kesempatan ini kami menulis beberapa contoh bacaan Idgham Mutaqaribain dari ayat-ayat al-Qur’an. mari simak contoh-contoh di bawah ini:

Surat An-Nisa ayat 158:  بَلْ رَفَعَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ

Surat Al-An’am ayat147: فَقُلْ رَبُّكُمْ

Surat Al-Isro ayat 24: وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا

Surat Al-Isro ayat80: وَقُلْ رَبِّ أَدْخِلْنِي

Surat Al-Kahf ayat 22: قُلْ رَبِّي أَعْلَمُ

Surat Thoha ayat 114: وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي

Surat Al-Anbiya ayat 56: قَالَ بَلْ رَبُّكُمْ

Surat Al-Mukminun ayat 29: وَقُلْ رَبِّ أَنْزِلْنِي

Surat Al-Mukminun ayat 93: قُلْ رَبِّ إِمَّا تُرِيَنِّي

Surat Al-Mukminun ayat  97: وَقُلْ رَبِّ أَعُوذُ بِكَ

Baca Juga: Idgham Bighunnah

Cara Membaca

Dari contoh diatas seluruhnya merupakan bertemunya huruf lam (ل)  dengan huruf ra  (ر)cara membacanya yaitu dengan memasukan huruf lam ke dalam bacaan huruf ra(ر) , sehingga bacaan lam (ل)  tidak terbaca.

Contoh Bacaan Idgham Mutaqaribain Latin

يَلْهَثْ ذَلِكَ   (yalhats dzaalika)  yaitu bertemunya huruf Tsa (ث) dengan huruf dzal (ذ)

كَذَّبَتْ ثَمُوْدُ  (kaddzabat tsamuudu)   yaitu bertemunya huruf ta (ت) dengan huruf Tsa (ث)

أَلَمْ نَخْلُقْكُمْ  (alam nakhluq kum)   yaitu bertemunya huruf qaf (ق) dengan huruf kaf (ك)

اِرْكَبْ مَعَنَا  (irkab ma’anaa)  yaitu bertemunya huruf ba (ب) dengan huruf mim (م)

Cara Membaca

Dari contoh diatas bisa kita perhatikan bersama-sama misalnya pada contoh nomor satu, di sana tertulis contoh يَلْهَثْ ذَلِكَ (yalhats dzaalika), yang menjadi pembahasan ialah bertemunya huruf tsa (ث) dengan huruf dzal (ذ).

Demikian pembahasan mengenai bacaan Idgham Mutaqaribain yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan maslahat untuk kita semua baik di dunia maupun diakhirat. Amiin ya rabbal alamin. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar