Fiil Madhi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semuanya, jangan pernah berhenti belajar dan terus belajar selagi umur masih dikandung badan. Masih mengulas tentang materi bahasa arab, kali ini kami akan sedikit mengupas tentang materi dari fiil madhi.

Apa yang disebut dengan fiil madhi, ada pembahasan apa saja didalamnya, yuk kita simak bersama-sama. Namun sebelum membaca lebih lanjut perlu kami ingatkan bahwa pembahasan ini hanyalah pengantar saja dan hanya dalam ruang lingkup yang singkat.

Itu artinya para pembaca sekalian diharapkan untuk menambah wawasan yang lebih dalam lagi dari para asatidz yang ada di tempat kalian.

Pengertian Fiil Madhi

Pengertian dari fiil ialah kata kerja, sedangkan arti dari fiil madhi ialah kata kerja yang menunjukan bahwa pekerjaan tersebut telah selesai dikerjakan, atau dengan kata lain fiil madhi ialah kata kerja untuk masa lampau, baik satu menit yang lalu, sehari yang lalu atau bahkan beberapa bulan, tahun yang lalu.

Contoh Fiil Madhi

Fiil madhi nantinya ada yang terdiri dari tiga huruf, empat huruf atau lima huruf. Berikut kami tuliskan beberapa contoh dari fiil madhi;

كَتَبَ : menulis

قَرَأَ : membaca

جَلَسَ :duduk

اَكَلَ : makan

شَرِبَ : minum

مَضْمَضَ : berkumur

Ciri Ciri Fiil Madhi

Antara fiil madhi dengan kalimat yang lainnya jelas memiliki beberapa perbedaan, dari segi jenis kalimat juga sudah berbeda semisal antara fiil dengan isim, fiil menunjukan kata kerja sedangkan isim ialah kalimat yang menunjukan kata benda.

Maka antara fiil madhi dengan yang kalimat yang lain tentu terdapat beberapa perbedaan yang mudah untuk dipahami. Nah ciri atau tanda-tanda fiil madhi adalah sebagai berikut:

  • Huruf awal dan akhir selalu dibaca fathah (bila tidak bertemu dengan wawu jamak atau dhomir rofa mutaharrik)
  • Tidak bisa kemasukan huruf
  • Dapat kemasukan kata قّدْ، إِذَا، إِذْ،لَمَّا
  • Bisa didahului oleh kata هَلْ، أَ، مَا، مَنْ
Baca Juga: Fiil mudhori

Penggunaan Fiil Madhi

Sebagaimana sedikit disinggung di atas bahwa kalimat fiil madhi adalah kata kerja yang digunakan untuk menyatakan bahwa pekerjaan tersebut telah selesai dilakukan, maka cara penggunaan dari kalimat fiil madhi ialah untuk mengungkapkan suatu pekerjaan yang telah usai dikerjakan.

Seperti hendak mengucapkan kalimat “Musthofa telah membaca buku” maka dalam membuat kalimat untuk menyatakan ungkapan tersebut ialah dengan menggunakan fiil madhi :

قَرَأَ مصْطَفَى الكِتَابَ : Musthofa telah membaca buku

شَرِبَ إِدْرِيْسُ المَاءَ : Idris telah meminum air

مَضْمَضَ مُحَمَّدٌ قَبْلَ الوُضُؤِ : Muhammad telah berkumur sebelum wudhu

Wazan Wazan Fiil Madhi

Wazan adalah pola kata dalam bahasa arab dengan pola dasar yang terdiri dari huruf fa, ‘ain dan lam (فعل) untuk kata yang tsulasi atau tiga huruf dan terdiri dari huruf fa, ‘ain, lam, lam (فعلل) untuk yang terdiri dari empat huruf atau ruba’i.

Berikut ini wazan-wazan dari fiil madhi:

فَعَلَ

فَعِلَ

فَعُلَ

فَعَّلَ

فَاعَلَ

تَفَعَّلَ

تَفَاعَلَ

اَفْعَلَ

اِفْتَعَلَ

اِنْفَعَلَ

اِسْتَفْعَلَ

Bentuk wazan diatas adalah bentuk wazan dari fiil madhi yang dasar, artinya bentuk wazan fiil madhi yang sering kali muncul atau sering kali digunakan dan dijumpai dalam percakapan atau bagi pelajar pemula. Jadi masih banyak lagi wazan-wazan fiil madhi yang lebih dari empat huruf.

Baca Juga: Macam Macam Fiil

Fiil Madhi Tsulasi Mujarrod

Fiil madhi tsulasi mujarrod adalah fiil madhi yang asli dan terdiri dari tiga  huruf, artinya yaitu fiil madhi tersebut tidak terdapat imbuhan huruf. Wazan fiil madhi mujarrod tiga huruf ialah:

فَعَلَ : كَتَبَ، جَلَسَ

فَعِلَ : شَرِبَ، بَعِدَ

فَعُلَ : حَصُنَ

Fiil Madhi Mazid

Fiil madhi mazid ialah fiil madhi yang mendapat imbuhan huruf alih baik di awal, tengah maupun akhir, wazan fiil madhi mazid ialah:

فَعَّلَ : نَزَّلَ

فَاعَلَ : قَارَبَ

تَفَعَّلَ: تَبَحَّرَ

تَفَاعَلَ : تَوَاضَعَ

اَفْعَلَ : اَقْرَبَ

اِفْتَعَلَ : اِحْتَسَبَ

اِنْفَعَلَ : اِنْجَلَسَ

اِسْتَفْعَلَ

Tinggalkan komentar