Wanita Terbaik Menurut Rasulullah

Assalamualaikum warahamtullahi wabarakatuh

Begitu banyak orang-orang yang membahas wanita dengan berbagai sudut pandang. Banyak pula pendapat atau penjelasan yang menerangkan mengenai bagaimana dan apa wanita itu sebenarnya.

Pada kesempatan ini kami akan membahas secara ringkas bagaimana perempuan yang baik menurut agama, perempuan yang baik menurut pandangan rasulullah SAW.

Kita seringkali mendengar baik dari muballighin,dai atau melalui ceramah-ceramah yang membahas mengenai wanita, ada banyak ungkapan yang akan menjelaskan tentang perempuan.

Ada yang menyampaikan bahwa wanita merupakan makhluk yang harus dilindungi oleh kaum laki-laki. Sebab wanita tidak sekuat laki-laki. Akan dalam hal ini yang mesti kita ambil kesimpulan adalah kekuatan secara tenaga dhohir bukan kekuatan batin.

Ada juga yang menyampaikan bahwa wanita yang terbaik adalah wanita yang taat kepada Allah dan rasulullah dan juga taat kepada suaminya. Ya, itu benar sekali, akan tetapi kita juga bisa melihat bahwa hal itu tentu wanita terbaik dalam keluarga atau wanita terbaik dalam rumah tangga.

Lantas bagaimana dengan wanita yang belum berkeluarga atau masih menjadi tanggungan orang tuanya? Mari simak penjelasan dibawah ini;

Wanita Terbaik Menurut Rasulullah

Salah satu ungkapan dari Rasulullah SAW. mengenai siapakah yang dinamakan sebagai wanita yang terbaik? Rasulullah SAW. bersabda di bawah ini:

الَّتِيْ تَسُرُّهُ إِذَ نَظَرَ وَتُطِيْعُهُ إِذَا اَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَا لِهَا بِمَا يَكْرَهُ

“ yaitu wanita yang sangat menyenangkan ketika dipandang, taat ketika diperintah oleh suaminya, dan tidak menyimpang pada dirinya sendiri dan hartanya dengan melakukan sesuatu yang tidak disukai (oleh Allah SWT.).” (HR. Abu Dawud dan An-Nasa’i)

Arti Dari Wanita Yang Menyenangkan Ketika Dilihat

Jadi bila kita lihat dari penjelasan diatas,wanita yang terbaik ialah wanita yang menyenangkan bila dipandang. Namun dari kalimat itu bukan berarti wanita terbaik ialah wanita yang hanya cantik parasnya saja.

Wanita yang menyenangkan atau menarik dipandang ialah wanita yang bila di pandangkan menyejukan hati orang yang memandangnya. Jadi wanita tersebut ialah wanita yang menutup auratnya, menjaga tingkah lakunya, serta menjaga lisannya dari perkataan yang tidak menyenangkan.

Wanita Yang Menyejukan Hati

Melihat wanita yang menyejukan hati tentunya akan membuat laki-laki runtuh nafsunya. Laki-laki bukan lagi ingin melampiaskan nafsu kepada wanita tersebut melainkan akan menjaga sikap, tindakan dan tutur katanya kepada wanita tersebut karena takut menyakiti hatinya.

Wanita yang selalu menjaga tingkah lakunya, pergaulannya dan tutur katanya itulah wanita yang dapat menyejukan pandangan laki-laki kepadanya. Terhadap wanita yang demikian laki-laki akan merasa bersalah bila sampai membuatnya menangis.

Wanita Yang Menutup Auratnya

Sebagaimana sedikit disinggung di atas bahwa wanita yang menyenangkan dipandang ialah wanita yang dapat menyejukan hati. Salah satu cara agar wanita itu menyenangkan bila dipandang ialah wanita yang selalu menjaga atau menutup auratnya.

Kata-kata “menyenangkan bila dipandang” disitu bukan pandangan yang disertai dengan nafsu syahwat akan tetapi pandangan yang disertai dengan rasa kagum dan tidak ada nafsu syahwat yang muncul pada pandangan tersebut. Jadi pandangan yang menyenangkan itu pandangan yang baik, yang tidak didorong oleh hawa nafsu.

Wanita Yang Bertutur Kata Dengan Lemah Lembut

Wanita yang menyenangkan selanjutnya ialah wanita yang bertutur kata dengan baik. Hal ini jelas karena wanita identic dengan sifat dan sikap yang lemah lembut. Wanita dengan kriteria demkian ini tentunya akan lebihmudah membuat hati dan jiwa laki-laki mudah luluh karena kelembutan sifat dan sikapnya.

Wanita Terbaik Dalam Keluarga

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَّيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا ، وَصَامَت شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ بَعْلَّهَا فَلتَدْخُلْ مِنْ أَيِّ أَبْىَابِ الْجَنَّتِ شَاءَثْ

 Rasulullah shallalahu’alaihi Wa sallam bersabda : “Jika seorang wanita menjaga sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya maka dikatakan kepada wanita tersebut : “Masuklah ke surga dari pintu mana saja sesuai yang engkau kehendaki”.

Wanita Yang Menjaga Iman Dan Taqwanya

Wanita yang terbaik tentunya wanita yang benar-benar menjaga iman dan taqwanya kepada Allah SWT. wanita yang demikian ini tentunya akan melaksanakan kewajiban terhadap agama dan kewajiban terhadap hubungan sesama manusia baik dalam keluarga maupun masyarakat sosial.

Wanita Yang Menjaga Kehormatannya

Wanita terbaik dalam keluarga ialah wanita yang dapat menjaga kehormatannya. Artinya wanita tersebut hanya akan memberikan kehormatannya kepada suaminya saja. Ia akan benar-benar menjaga dirinya sendiri baik dari segi ucapan, tindakan atau pandangannya dari perkara  yang dapat menjadikannya berbuat tidak baik kepada suami.

Wanita Yang Menjaga Hartanya

Wanita yang baik di dalam keluarga ialah wanita yang dapat menjaga harta yang telah diusahakan oleh suaminya. Menjaga harta bukan berarti hanya disimpan tidak digunakan sama sekali, melainkan ia tidak menggunakan harta  tersebut untuk kesenangan dirinya saja.

Akan tetapi benar-benar digunakan untuk membangun rumah tangga, pendidikan anak, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari bersama keluarga. Wanita tersebut tidak akan menggunakan harta yang diberikan oleh suami untuk foya-foya atau kesenangan duniawi semata.

Tinggalkan komentar