Wanita Sholehah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wanita merupakan salah satu tiangnya Negara, apa maksud dari kalimat tersebut? Terdapat ungkapan yang menjelaskan bahwasanya apabila dalam suatu Negara atau daerah terdapat banyak wanita yang tidak baik maka bisa jadi daerah tersebut pun juga nantinya tidak baik sebab adanya pergaulan atau aktifitas yang kurang baik seperti pelacuran dan lain-lain.

Melihat pernyataan yang demikian memang sangat menyudutkan perempuan. Sebab hanya membahas dari segi buruknya saja. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai wanita sholehah, bagaimana wanita sholehah dalam pandangan islam dan apa saja ciri cirinya? Simak pembahasan berikut ini!

Wanita Sholehah

Terdapat sebuah keterangan yang mengatakan bahwa yang dinamakan wanita sholehah ialah perempuan yang dapat menjaga kehormatannya dari selain mahromnya. Pernyataan tersebut memanglah global sehingga membutuhkan penjabaran lainnya untuk  menerangkannya.

Adapun wanita sholehah dalam rumah tangga ialah wanita yang menyenangkan atau membahagiakani bila dipandang. Namun jangan kemudian diartikan bahwa wanita sholehah ialah wanita yang cantik dan seksi saja. Sebab pembahasan menyenangkan disitu ialah menyejukan dan menentramkan hati karena sifat-sifatnya yang terpuji.

Wanita sholehah tentunya wanita yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Sebagai wanita tentu sebelum menjadi milik suaminya ia adalah milik orang tuanya.

Jadi wanita yang sholehah dapat pula dilihat dari segi hubungan antara wanita tersebut dengan orang tuanya, mulai dari tutur katanya, tindak-tanduknya, pakaianya dan sifat atau sikap menjalani kehidupan sehari-hari bersama orang tuanya.

Kriteria Wanita Sholehah

Di antara tanda-tanda kesalehan itu ialah tunduk dan taat kepada Allah dalam menjalankan segala perintah-Nya, menjalankan hak-hak dan kepemimpinan rumah tangga.

Di antaranya ialah patuh terhadap kepemimpinan suami yang memang telah diciptakan untuknya, dalam memelihara rahasia suami istri dan rumah tangga yang tidak boleh diketahui oleh siapapun selain mereka berdua. Terhadap istri-istri semacam ini suami tidak perlu mendidik mereka.

Kriteria Wanita Yang Tidak Sholehah

Adapun wanita yang tidak shalihah (durhaka) ialah mereka yang berusaha meninggalkan hak bersuami istri, sombong dan mendurhakai pusat kepemimpinan, bahkan melanggar tuntutan fitrah mereka, yang akibatnya membawa kehancuran kehidupan bersuami istri.

Terhadap wanita atau istri semacam ini agama memberikan jalan untuk memperbaikinya yaitu diserahkan pada suami untuk diberikan bimbingan dan pimpinan.

Suami hendaknya mengatasi istrinya dengan berbagai macam cara, seperti memberikan peringatan, memisahkan diri dari tempat tidur. Namun perlu diketahui bahwa tingkatan cara ini perlu disesuaikan dengan jenis wanitanya.

Ciri Ciri Wanita Sholehah Menurut Al-Qur’an

Taat kepada Allah

Taat kepada Allah berarti patuh dan tunduk kepada semua aturan Allah dalam menjalani kehidupan ini, termasuk aturan hidup bersuami istri. Ciri ini merupakan pangkal atau induk dari ciri-ciri yang lain.

Taat kepada Allah secara spesifik dapat diartikan mematuhi atau menjalankan perintah Allah kaitannya dengan ibadah agama. Seorang wanita dikatakan shalihah diantaranya bisa menjaga hubungannya dengan Al Khaliq yakni melaksanakan kewajibannya seperti sholat, puasa, zakat, dan sebagainya.

Taat kepada suami

Taat kepada suami maksudnya mendahulukan segala perintahnya daripada keperluan diri sendiri atau lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa taat kepada suami bukanlah taat yang buta akan agama.

Taat berarti menurut perintah yang benar dan baik serta tidak berlawanan dengan perintah agama. Apabila suami memberikan suatu hal yang bertentangan dengan agama, maka tidak wajib bagi istri untuk memenuhinya bahkan ia harus menghindari perintah tersebut.

Menjaga Kehormatan

Menjaga kehormatan ada beberapa macam, yaitu menjaga kehormatan diri sendiri ketika suami tidak ada di rumah, menjaga diri dari segala noda dan kecemaran termasuk memelihara harta suami.

Inti dari menjaga kehormatan terletak pada kesadaran seorang wanita akan harga dirinya sebagai manusia yang dalam kontek ini sebagai istri. Sadar akan harga diri berarti pula meninggalkan hal-hal yang tidak patut dilakukan, misalnya tidak menutup aurat sebagaimana mestinya.

Bersifat amanah atau dapat dipercaya

Wanita yang shalihah tentunya menjauhi sifat khianat. Apabila suaminya sedang tidak berada di sisinya, ia tetap menjalankan kewajibannya dengan baik yakni menjaga diri dan harta suaminya walaupun sepi dari pengawasan suami. Juga dapat menjaga rahasia-rahasia kehidupan rumah tangga antara ia dan suaminya.

Sikap memelihara yang ada pada dirinya tidak pernah luntur baik dalam keadaan suaminya hadir atau tidak. Dalam menjalankan tugasnya, ia semata-mata hanyalah mencari ridho Allah.

15 Ciri Ciri Wanita Sholehah

Terdapat banyak keterangan yang membahas mengenai ciri ciri wanita sholehah. Berikut ini kami sajikan beberapa ciri-ciri dari wanita sholehah;

  1. Wanita yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Mampu menjaga aib atau rahasia suami
  3. Wanita yang memiliki akhlak yang baik (akhlakul karimah)
  4. Tidak mudah marah kepada suami
  5. Dapat menyenangkan hati suami
  6. Memberi perhatian atau penyayang kepada suami dan keluarga
  7. Mau menerima dan menghargai sekecil apapun pemberian suami
  8. Senantiasa menaati perintah suami selama perintah tersebut bukan maksiat
  9. Berdandan untuk menyenangkan suami
  10. Tidak suka mengumbar aurat atau dandan berlebihan bila keluar rumah
  11. Tidak suka membantah perintah suami
  12. Tidak membentak suami ketika berbeda pendapat
  13. Wanita yang memiliki sifat keibuan
  14. Wanita yang pandai bersyukur atas rizki yang telah diterimanya
  15. Wanita yang melayani suaminya dengan ikhlas

Tinggalkan komentar