Hukum Bacaan Qalqalah

Hukum Bacaan Qalqalah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera semoga terlimpah kepada umat seluruh alam. Salah satu ilmu tajwid yang membahas selain hukum nun mati dan tanwin atau hukum mim mati, ada pula Hukum Bacaan Qalqalah. Apa yang dimaksud dengan bacaan Qalqalah ?

Qolqolah yaitu bunyi bacaan yang memantul atau membalik, yaitu ketika terdapat huruf qalqalah yang dibaca sukun. Akan tetapi bila huruf qalqalah tersebut tidak diwaqafkan (dihentikan) atau tidak dibaca sukun, maka huruf qolqolah tidak dipantulkan dalam membacanya.

Jadi, bacaan qalqalah Adalah bacaan yang harus dipantulkan apabila diwaqafkan (dihentikan) ketika membacanya.

Tidak semua huruf hijaiyah bisa dipantulkan dalam membacanya. Oleh sebab itu, tidak semua huruf hijaiyah termasuk ke dalam huruf qolqolah. Huruf qolqolah berjumlah lima (5) huruf. Kelima huruf tersebut yaitu:

Huruf Qolqolah

ط – ق – ب – ج – د

Maksudnya ialah, apabila dalam membaca al-qur’an menemukan salah satu huruf diatas dan dibaca waqof (berhenti) atau huruf tersebut dibaca sukun, maka membacanya wajib dipantulkan.

Qalqalah Sugra

Qalqalah Sugra ialah bacaan qolqolah yang kecil. Maksudnya yaitu bacaan qolqolah yang pantulannya tidak terlalu besar. Qalqalah Sugra biasanya terletak di tengah kalimat, bukan terletak di akhir kalimat. Berikut contoh bacaan Qalqalah Sugra.

Contoh Qalqalah Sugra

Membacanya bacaan qolqolah sughro yaitu dengan cara memantulkan kepada bunyi è. Perhatikan contoh-contoh di bawah ini.

يَبْتَغِ : pada huruf ba’ yang dibaca sukun, di situlah letak bacaan Qalqalah Sugra. Maka membaca huruf ba’ tersebut harus dipantulkan.

يَقْبَلُ : pada huruf qof yang dibaca sukun, di situlah letak bacaan qolqolah sughro. Maka membaca huruf qof tersebut harus dipantulkan.

اُدْخُلُوْهَا بِسَلَامٍ اَمِيْنٍ : pada huruf dal yang dibaca sukun, di situlah letak bacaan Qalqalah Sugra. Maka membaca huruf dal tersebut harus dipantulkan.

فِى الْمَجْلِسِ : pada huruf jim yang dibaca sukun, di situlah letak bacaan Qalqalah Sugra . Maka membaca huruf jim tersebut harus dipantulkan.

مُطْلَاقٌ : pada huruf tho’ yang dibaca sukun, disitulah letak bacaan qolqolah sugra. Maka membaca huruf tho’ tersebut harus dipantulkan.

Qalqalah Kubra

Qalqalah kubro sering juga disebut dengan qalqalah besar, maksudnya ialah bacaan qalqalah dengan pantulan yang besar. Bacaan qolqolah kubro kebanyakan terletak di akhir ayat. Atau bisa juga terletak di tengah ayat akan tetapi pada huruf qalqalah tersebut dibaca waqaf atau berhenti.

Untuk lebih dapat memahami pembahasan qolqolah kubro coba simak beberapa contoh yang kami tulis di bawah ini.

Contoh Qalqalah Kubra

Untuk memperjelas keterangan yang telah kami tulis di atas, baca dan perhatikan dengan seksama contoh-contoh qalqalah kubra di bawah ini.

تَبَّتْ يَدَا اَبِي لَهَبٍ وَّتَبَّ : perhatikan pada huruf yang bergaris bawah pada kalimat disamping merupakan contoh bacaan qalqalah kubra, maka cara membacanya wajib dipantulkan dengan jelas. (lebih dibentulkan daripada qalqalah kubra).

Baca Juga : Mad layyin

قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ : perhatikan pada huruf yang bergaris bawah pada kalimat disamping merupakan contoh bacaan qolqolah kubro, maka cara membacanya wajib dipantulkan dengan jelas. (lebih dipentulkan dari pada qolqolah sughro).

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبٍّ الْفَلَقِ : perhatikan pada huruf yang bergaris bawah pada kalimat disamping merupakan contoh bacaan qolqolah kubro, maka cara membacanya wajib dipantulkan dengan jelas. (lebih dipentulkan dari pada qolqolah sughro).

اِرَمَ ذَاتِ الْعِمَادِ : perhatikan pada huruf yang bergaris bawah pada kalimat disamping merupakan contoh bacaan qalqalah kubra, maka cara membacanya wajib dipantulkan dengan jelas. (lebih dibetulkan daripada qalqalah kubra).

اَلنَّجْمُ الثَّاقِبُ : perhatikan pada huruf yang bergaris bawah pada kalimat disamping merupakan contoh bacaan qolqolah kubro, maka cara membacanya wajib dipantulkan dengan jelas. (lebih di bentulkan dari pada qalqalah kubra).

Demikian pembahasan tentang materi qolqolahyang dapat kami sampaikan. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Satu pemikiran pada “Hukum Bacaan Qalqalah”

Tinggalkan komentar