TANDA TANDA KIAMAT SUGRO

TANDA TANDA KIAMAT SUGRO

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salah satu rukun iman yang wajib tertanam kuat di hati para kaum mukminin adalah beriman kepada hari akhir atau kepada hari kiamat. Hari kiamat pasti akan datang setelah Allah SWT memerintahkan malaikat Isrofil untuk meniup sangkakala. maka dari itu, hari ini nyamankubro akan membahas tentang tanda tanda kiamat sugro.

Bila sangkakala telah ditiup maka tidak ada satupun makhluk hidup di dunia ini yang mampu bertahan hidup. meskipun saat ini kita dapat menyaksikan tayangan yang mengatakan beberapa hewan atau makhluk hidup yang tidak akan mati setelah hari kiamat.

Tetapi hal tersebut hanyalah berupa kemungkinan yang bisa saja terjadi atau tidak. Akan tetapi sebagai orang yang beriman tentunya percaya hanya kepada Allah SWT saha mengenai kepastian tentang hari kiamat.

Hari kiamat merupakan hari akhir bagi segala makhluk hidup. Hari kiamat pasti akan datang bila Allah telah berkehendak. Mengenai waktu datangnya hari qiyamat tersebut hanya Allah lah yang mengetahui.

Sehingga bila ada kebar yang menyebutkan bahwa pada hari, bulan dan tanggal tertentu akan datang suatu bencana yang maha dahsyat atau hari kiamat, maka kita sebagai orang yang beriman tidak perlu risau dan percaya akan kebenaran dari kabar tersebut.

Sebab mengenai kapan datangnya hari qiyamat, murni hanya Allah saja yang tahu. Hal tersebut telah disebutkan di dalam kitab suci Al-Qur’an surat Al-Waqi’ah ayat 1-4. “tidak ada orang yang mengerti waktu munculnya qiyamat, hanya Alloh yang tahu,”

Akan tetapi Allah hanya memberikan tanda-tanda akan datangnya hari qiyamat. Mengenai tanda-tanda akan datangnya hari qiyamat ini, terdapat dua macam kiamat. kiamat sugro atau kiamat kecil dan kiamat kubro atau kiamat besar. Yaitu qiyamat yang menjadi akhir dari kehidupan di dunia ini.

Nah pembahasan disini akan kami sampaikan mengenai beberapa tanda-tanda kiamat sugro atau kiamat kecil. Apa saja tanda-tanda kiamat sughro, mari simak keterangan di bawah ini;

TANDA TANDA KIAMAT SUGRO

Tanda tanda kiamat sugro sebenarnya sudah muncul sejak dahulu kala, termasuk sejak zaman para sahabat nabi bahkan sejak zaman Rasul sekali pun sudah muncul beberapa tanda-tanda kiamat sugro. Tanda tanda kiamat sugro diantaranya yaitu;

  • Wafatnya Rasululloh SAW
  • Disia-siakannya amanat
  • Banyak terjadi pembunuhan
  • Banyak terjadinya fitnah
  • Minimnya ilmu
  • Banyak terjadinya kemaksiatan
  • Manusia salah kaprah dalam berpakaian
  • Banyak perempuan membuka auratnya

Nah itulah beberapa tanda tanda dari kiamat sugro atau kiamat kecil. Akan tetapi karena hal tersebut telah terjadi sejak lama, bahkan terjadi sejak zaman Rasul dan para shahabat,maka mengenai tanda-tanda tersebut tidak bisa dijadikan sebagai pedoman mengenai sudah semakin dekatnya hari kiamat kubro.

Tanda-tanda kiamat kubro atau kiamat kecil bisa saja terjadi di sekitar kita baik kejadian tersebut sudah terjadi atau bisa saja akan terjadi di kemudian hari. Sehingga mengenai fenomena tersebut tidak bisa dijadikan sebagai patokan akan tibanya hari kiamat kubro.

Baca Juga : Tanda Tanda Kiamat Kubro

Selain tanda-tanda kiamat kubro yang sebenarnya dapat kita saksikan di tengah-tengah kehidupan kita. Sebenarnya di lingkungan kita terdapat juga contoh dari kiamat sugro. Seperti apa contoh dari qiyamat sughro?

Contoh kiamat sugro misalnya adalah terjadinya bencana seperti tsunami atau banjir bandang atau juga tanah longsor. Dari kejadian tersebut seperti tsunami misalnya banyak sekali memakan korban.

Nah kejadian tersebut yang menghancurkan banyak bangunan dan manusia dapat pula diartikan sebagai gambaran dari kiamat sughro. Oleh karena itu karena qiyamat sughro dapat terjadi tanpa kita sadari waktu dan tempatnya,maka alangkah baiknya bila kita selalu menjaga iman dan taqwa kita dimanapun berada.

Sehingga bila terjadi bencana yang menimpa kita setidaknya kita tetap dalam keadaan iman kepada Allah SWT. Harapannya adalah kita meninggal dalam keadaan yang husnul khotimah. Amiin ya rabbal ‘alamin.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan, atas segala kekurangan dan kekeliruan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.  

Tinggalkan komentar