TANDA TANDA KIAMAT KUBRO

TANDA TANDA KIAMAT KUBRO

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari qiyamat disebut juga dengan hari akhir. Dinamakan demikian karena hari tersebut merupakan akhir dari segala kehidupan di atas dunia ini. Setelah hari Kiamat datang maka tidak ada lagi kehidupan di atas dunia ini.

Mengenai hari qiyamat sendiri terdapat beberapa penyebutan, diantaranya yaitu; yaumul akhir karena tidak ada lagi hari di dunia selapasnya, kemudian terdapat sebutan lain yaitu hari qiyamat (Kiamah) yang bermakna kebangkitan atau berdiri.

Dinamakan hari qiyamat (qiyamah) dengan makna berdiri atau kebangkitan karena pada hari itu merupakan hari kebangkitan manusia yang telah meninggal dari kuburan mereka dan berdirinya mereka di hadapan sang pencipta.

Juga karena tegaknya hujjah atau pembela yang dapat menyelamatkan mereka atau hujjah yang dapat menyengsarakan mereka sebab amal buruk yang pernah dilakukan semasa hidup di dunia kelak.

Di dalam Al-Qur’an sendiri terdapat beberapa penyebutan mengenai hari kiamat yang pertama yaitu; yaumul qiyamah atau hari kebangkitan, yang kedua adalah as-saa’ah atau waktu sedangkan yang ketiga ialah al-aakhirah yang memiliki makna akhir atau penghabisan.

Penyebutan lainnya ialah yaumud din atau hari pembalasan, yaumul fashl atau hari keputusan, yaumul fath atau hari pengadilan, yaumut talaaq yaitu hari pertemuan, yaumul jam’i atau hari pengumpulan, yaumul khulud yaitu hari kekekalan.

Yaumul khuruj artinya hari keluar, yaumul ba’ts hari kebangkitan, yaumud tanaad artinya hari panggilan, yaumul hasrah yaitu hari penyesalan, yaumul azifah yaitu hari mendekat, yaumut taghobun artinya ialah hari terbukanya aib.

Terdapat juga penyebutan lainnya yaitu al-qoori’ah yang artinya ialah bencana yang menggetarkan, al-ghosyiah artinya bencana yang tak tertahan, as-shakhkhah yaitu bencana yang memekakkan, al-haaqoh artinya adalah kebenaran besar dan terakhir adalah al-waaqi’ah yang memiliki arti peristiwa besar.

TANDA TANDA KIAMAT KUBRO

Mengenai tanda-tanda kiamat dapat kita ketahui melalui keterangan para kyai atau muballigh yang sering kali menyampaikan tentang tanda-tanda hari kiamat. Berikut tanda-tanda akan datangnya kiamat kubro;

  • Munculnya kabut (dukhon).
  • Munculnya Dajjal.
  • Munculnya Dabbah (binatang melata).
  • Terbitnya matahari dari barat.
  • Keluarnya ya’juj ma’juj.
  • Munculnya Isa bin Maryam.
  • Adanya tiga gerhana di timur.
  • Gerhana di barat.
  • Gerhana di jazirah arab.
  • Adanya api yang muncul dari yaman, lalu api tersebut menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

Akan tetapi berkaitan dengan urutan terjadinya atau munculnya tand-tanda qiyamat kubro ini, par aulama berbeda pendapat. Ada yangmengatakan bahwa yang pertama akan muncul ialah terbitnya matahai dari barat.

Akan tetapi terdapat pula ulama yang mengatakan bahwa yang terjadi pertamam kali di antara beberapa tanda-tanda qiyamat tersebut ialah ap yangmenggiring umat manusia untuk berkumpul. Wallohu a’lamu bish shoab.

KAPAN KIAMAT DATANG

Mengenai kapan akan datangnya hari kiamat ini sudah sering kali diterangkan oleh para da’i, muballigh, ustadz atau para kyai. Bahwasanya mengenai kapan atau waktu terjadinya hari kiamat ini benar-benar hanya Allah SWT saja yang mengetahui.

Bahkan para nabi, rasul dan malaikat pun tidak ada yang mengetahui kapan waktu akan terjadinya kiamat kubro. Oleh sebab itu bila kita menjumpai orang yang mengatakan bahwa pada hari, tanggal dan bulan tertentu akan datang hari kiamat, maka itu adalah kebohongan yang nyata.

Baca Juga : Pembahasan Tentang Tugas Malaikat

Di dalam Al-Qur’an disebutkan dalam surat Al-A’rof ayat 187 yang artinya “mereka menanyakan kepadamu tentang qiyamat; Bilakah terjadinya? Katakanlah: sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.”

Di dalam surat yang lain yaitu qur’an surat Al-Ahzab ayat 63 juga disebutkan yang artinya; “manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.” Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.”

Meskipun disebutkan boleh jadi waktunya sudah dekat akan tetapi manusia tetaplah tidak bisa mengetahui kapan secara pasti hari kiamat akan datang. oleh sebab itu tataplah menjaga hati dari godaan agar tidak berpaling dari Allah SWT.

Tetap dekat dengan orang-orang yang alim atau orang yang mengetahui agama secara mendalam, sehingga dapat memberikan bimbingan dan ketenangan batin manakala hati menjadi resah sebab menyadari betapa sedikitnya amal ibadah kita.

Demikan pembahasan mengenai tanda-tana kiamat kubro yang dapat kami sampaikan. Atas segala kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga dapat menambah keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amiin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar