Sifat Wajib Allah SWT

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Mengkaji atau mempelajari dan memahami sifat wajib Allah hukumnya wajib bagi setiap muslim. Sifat wajib bagi Allah semuanya berjumlah dua puluh sifat.

Sebagaimana mestinya orang yang beriman kepada Allah SWT, secara umum setiap muslim yang mukallaf wajib meyakini sifat wajib, jaiz dan mustahil bagi Allah. Maka paling tidak terdapat beberapa halyang harus benar-benar ada dalam hatinya;

  • Meyakini dengan sepenuh hati tanpa ada rasa ragu, bahwa Allah pasti memiliki sifat dengan segala kesempurnaan yang layak bagi keagungan-Nya.
  • Meyakini dengan sepenuh hati dan tanpa keraguan, bahwa Allah mustahil memiliki sifat dengan segala sifat kekurangan yang tidak layak bagi keagungan-Nya.
  • Meyakini dengan sepenuh hati dan tidak ada rasa ragu, bahwa Allah boleh saja melakukan atau meninggalkan segala hal yang bersifat jaiz (mumkin), seperti menghidupkan manusia dan membinasakan manusia.

Begitulah akidah yang harus diyakini oleh setiap orang muslim secara umum.

20 Sifat Wajib Bagi Allah SWT 

  1. Ada (wujud)
  2. Dahulu (qidam)
  3. Kekal (baqo’)
  4. Tidak menyerupai sesuatu (mukhalafatu lil hawaditsi)
  5. Berdiri sendiri (qiyamuhu binafsihi)
  6. Esa (wahdaniyat)
  7. Kuasa (qudrat)
  8. Berkehendak (iradah)
  9. Mengetahui (‘ilm)
  10. Hidup (hayat)
  11. Mendengar (sama’)
  12. Melihat (bashiran)
  13. Berbicara (kalam)
  14. Yang berkuasa (qodiran)
  15. Yang berkemauan (muridan)
  16. Yang berpengetahuan (‘aliman)
  17. Yang hidup (hayyan)
  18. Yang mendengar (sami’an)
  19. Yang melihat (basyiran)
  20. Yang berbicara (mutakaliman)

Sifat wajib bagi Allah yang berjumlah dua puluh di atas bukan berarti terbatas bahwa Allah hanya memiliki sifat-sifat tersebut saja, maksudnya tidak menjadi pembatas akan kesempurnaan Allah. Sebab hal tersebut sering kali disalah pahami oleh sebagian orang.

Baca Juga: Sifat Jaiz Rasul

Akan tetapi karena siaf-sifat tersebut yang sering diperdebatkan sepanjang sejarah umat islam, maka dengan menetapkannya menjadi jelas bahwa Allah memiliki sifat dengan segala kesempurnaan dan tersucikan dari segala kekurangan.

Pembagian Sifat Wajib Bagi Allah SWT

  1. Sifat nafsiyah, yaitu sifat yang berhubungan dengan Dzat Allah SWT. Sifat nafsuyah tersebut ada satu yaitu wujud atau ada.
  2. Sifat salbiyah, yaitu sifat yang meniadakan adanya sifat sebaliknya, yaitu sifat-sifat yang tidak sesuai atau sifat-sifat yang yang tidak layak dengan kesempurnaan Dzat-Nya. Sifat salbiyah tersebut terdapat lima macam yaitu; Qidam, baqa’, Mukhalafatu lilhawaditsi, Qiyamuhu binafsihi dan Wahdaniyat.
  3. Sifat ma’ani, merupakan sifat sifat abstrak yang wajib ada pada Allah SWT. Termasuk dari pada ma’ani ada tujuh yaitu; Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama’, Bashar, Kalam.
  4. Sifat ma’nawiyah, yaitu merupakan kelaziman dari sifat ma’ani. Sifat ma’nawiyah ini tidak dapat berdiri sendiri, sebab bila ada sifat ma’ani maka pasti ada sifat ma’nawiyah.

Bila sifat ma’ani telah didefinisikan dengan sifat yang ada pada sesuatu yang disifati yang secara otomatis menetapkan suatu hukum padanya, maka sifat ma’nawiyah merupakan bentuk dari pada hukum tersebut.

Artinya, sifat ma’nawiyah merupakan kondisi yang selalu menetapi sifat ma’ani. Sebagai contoh sifat ‘ilm misalnya, pasti Dzat yang bersifat dengannya mempunyai kondisi berupa kaunuhu ‘aliman (keberadaannya sebagai Dzat yang berilmu)

Dengan demikian maka dapat dipahami bahwa sifat ma’nawiyah juga berjumlah sama dengan sifat ma’ani yaitu berjumlah tujuh sifat yaitu, Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama’, Bashar, Kalam.

Demikian penjelasan mengenai pembahasan kali ini. Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualikum warahmatullahi wa barakatuh.

2 pemikiran pada “Sifat Wajib Allah SWT”

Tinggalkan komentar