Sifat Sifat Malaikat

Assalamualaikum warahamtullahi wa barakatuh

Setiap makhluk yang diciptakan oleh Allah telah disertai sifat-sifat yang melekat kepada makhluk tersebut. Seperti manusia misalnya Allah menciptakan manusia ke muka bumi ini dengan disertai berbagai macam bentuk dan sifat.

Sifat-sifat manusia seperti yang dapat kita lihat dengan jelas misalnya makan, minum, tidur atau istirahat, memiliki kebutuhan rohani dan jasmani. Dapat berjalan dan terlihat oleh mata sesama manusia.

Baca Juga : Pengertian Malaikat

Akan tetapi makhluk Allah yang tidak tampak oleh mata seperti malaikat, jin dan syaitan apakah juga memiliki sifat seperti manusia pada umumnya? Nah pada artikel kali ini akan kami ulas mengenai sifat-sifat malaikat.

Penjelasan Sifat Sifat Malaikat

Malaikat termasuk makhluk Allah seperti halnya manusia, akan tetapi malaikat memiliki sifat-sifat yang tidak sama dengan manusia. Malaikat pun memiliki ruang dan waktu serta tugasnya sendiri yang berbeda dengan manusia.

Para malaikat itu tidak sama dengan manusia di dalam sifat-sifatnya dan pekerjaan atau tugasnya. Malaikat tidak berjenis laki-laki atau perempuan, tidak makan dan tidak minum, dalam keadaan biasa malaikat tidak dapat dilihat dengan mata kepala. Malaikat sebangsa ruh saja.

Manusia khususnya umat muslim tidak diwajibkan untuk mengetahui hakekat dzat malaikat tersebut. Akan tetapi diperbolehkan untuk mempelajari lebih dalam tentang sifat-sifat makhluk Allah yang lainnya sebagai suatu kajian ilmiah misalnya.

Jumlah malaikat secara keseluruhan hanya Allah yang tahu.  Manusia khususnya umat muslim hanya diwajibkan untuk mengimani atau percaya dengan sepenuhnya mengenai adanya malaikat beserta dengan sifat-sifat yang tersebut di dalam al-quran.

Baca Juga : Penjelasan Tentang Beriman Kepada malaikat

Pada zaman rasul, para nabi dan rasul dapat berjumpa dengan malaikat pembawa wahyu yang terkadang menjelma atau menampakkan diri sebagai wujud manusia dengan kehendak Allah SWT. Dan terkadang dalam menyampaikan wahyu Allah, malaikat tidak menampakkan wujudnya atau tidak bertubuh seperti manusia.

Keterangan mengenai malaikat dan sifat-sifatnya di dalam al-qur’an banyak disebutkan, diantaranya pada penggalan ayat-ayat dibawah ini;

“turunlah ruh al-amin (Jibril) dengan membawa wahyu di hatimu, supaya engkau menjadi salah seorang dari pada orang-orang yang memberikan peringatan.” (Asy-Syu’aro: 193-194)

“tidak sesuatu perkataan yang dikatakan; melainkan mesti ada malaikat yang mengawasi dan meneliti.” (qoof: 18)

“katakanlah kamu akan dinantikan oleh malaikat maut yang diwajibkan (mencabut) segala nyawa kamu; kemudian kepada Tuhanmu ingatlah kamu dikembalikan.” ( As-Sajadah:9)

Bilanganataujumlah malaikat sangatlah banyak. Dan secara keseluruhan hanya diketahui oleh Allah SWT saja. Setiap malaikat memiliki tugas yang berbeda-beda antara malaikat satu dengan malaikat lainnya.

Baca Juga : Doa setelah sholat

Dari nama-nama malaikat itulah berkaitan antara nama dengan tugasnya. Tugas malaikat yang disebutkan di dalam al-quran dan di dalam keterangan para rasul terdapat banyak sekali diantaranya adalah sebagai berikut.

Tugas Malaikat

  1. Malaikat Jibril (ruhul amin atau ruhul qudus) bertugas membawa wahyu dari hadhirat ilahi kepada para nabi dan rasul
  2. Malaikat Mikail bertugas membawa atau menyampaikan rizki kepada seluruh makhluk
  3. Malaikat Israfil memiliki tugas meniup sangkakala
  4. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa dari tubuh makhluk hidup
  5. Malaikat Rokib dan Atid memiliki tugas mengawasi dan meneliti setiap pekerjaan manusia.
  6. Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyai setiap manusia di dalam kubur.
  7. Malaikat Malik mempunyai tugas menjaga neraka
  8. Malaikat Ridwan bertugas menjaga syurga.

   Demikanlah keterangan mengenai sifat sifat malaikat yang dapat kami sajikan. Atas segala kekurangan dan ketidak luwesan kami dalam menyampaikan materi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Baca Juga : Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah SWT

Besar harapan kami bagi para pembaca untuk ikut serta mengoreksi dan memberikan saran atau kritik kepada kami apabila mendapati kekeliruan baik dalam tulisan atau keterangan yang pembaca temukan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh