Sifat Mustahil Bagi Allah SWT

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. mungkin dari teman teman ada yang sudah tau sifat mustahil bagi Allah, namun cuma beberapa saja! maka dari itu pada kesempatan ini admin akan membahas tentang sifat mustahil bagi Allah

Menjadi manusia yang beriman kepada Tuhannya adalah suatu anugerah yang diberikan oleh Tuhan. umat muslim hanya mengimani Allah semata sebagai Tuhan semesta alam (Allahu robbul ‘alamin).

Sehingga bagi umat muslim tidak dibenarkan apabila setelah bersyahadat, setelah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan yang haq disembah selain Allah, lantas mengakui ada Tuhan lain selain Allah SWT.

Apabila seorang muslim masih mengakui bahwasanya terdapat Tuhan lain selain Allah SWT, maka pemahaman tentang kandungan makna dari pada kalimat syahadat yang menjadi rukun islam yang pertama perlu dijelaskan atau ditekankan kembali kepada orang tersebut.

Baca Juga : Sifat Jaiz Rasul

Setelah manusia dalam keadaan beriman, maka selanjutnya wajib baginya untuk mempelajari sifat-sifat Allah SWT. Sifat wajib bagi Allah SWT semuanya ada dua puluh sifat yang wajib kita ketahui.

Selain dua puluh sifat wajib bagi Allah yang harus kita ketahui semuanya juga terdapat sifat mustahil bagi Allah. yaitu sifat kebalikan dari sifat wajib bagi Allah.

Mari simak bersama-sama dengan seksama tentang pembahasan pada artikel kali ini. Sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin ada pada Dzat-Nya. Atau kebalikan dari sifat wajib bagi Allah. 

Sifat Mustahil Bagi Allah SAW

Seluruh sifat wajib bagi Allah yang wajib kita ketahui jumlahnya terdapat dua puluh sifat wajib. Begitu juga dengan sifat mustahil bagi-Nya seluruhnya berjumlah dua puluh sifat yang saling berpasangan terbalik dengan sifat wajib bagi-Nya.

  1. Tidak ada (‘adam) kebalikan dari Ada (wujud)
  2. Baru (huduts) kebalikan dari Terdahulu (qidam)
  3. Berubah-ubah (fana’) kebalikan dari Kekal (baqo’)
  4. Menyerupai sesuatu (almumatsalatu lil hawaditsi) kebalikan dari Tidak menyerupai sesuatu (mukholafatu lil hawaditsi)
  5. Membutuhkan yang lain (al-ihtiyaju lighoirihi) kebalikan dari Berdiri sendiri (qiyamuhu binafsihi)
  6. Berbilang (wujudusy syarik) kebalikan dari Esa / tunggal (wahdaniyat)
  7. Tidak berkuasa (‘ajz) kebalikan dari Kuasa (qudrat)
  8. Terpaksa (karahah) kebalikan dari Berkehendak (iradah)
  9. Bodoh (jahl) kebalikan dari Mengetahui (‘ilm)
  10. Mati (maut) kebalikan dari Hidup (hayat)
  11. Tuli (shamam) kebalikan dari Mendengar (sama’)
  12. Buta (‘umyu) kebalikan dari Melihat (bashar)
  13. Bisu (bukm) kebalikan dari Berbicara (kalam)
  14. Yang tidak berkuasa (‘ajizan) kebalikan dari Yang Berkuasa (qodiran)
  15. Yang terpaksa (mukrahan) kebalikan dari yang Berkemauan (muridan)
  16. Yang bodoh (jahilan) kebalikan dari yang Berpengetahuan (‘aliman)
  17. Yang mati (mayyitan) kebalikan dari yang Hidup (hayyan)
  18. Yang tuli (ashamm) kebalikan dari yang Mendengar (sami’an)
  19. Yang buta (a’ma) kebalikan dari yang Melihat (Basyiran)
  20. Yang bisu (abkam) kebalikan dari yang Berbicara (mutakaliman)

Jadi sifat mustahil bagi Allah adalah sifat yang tidak mungkin ada pada Allah dan secara keseluruhan merupakan kebalikan dari setiap sifat wajib bagi-Nya. Jadi masing-masing sifat wajib bagi Allah terdapat sifat mustahil bagi-Nya juga.

Contoh Sifat Mustahil bagi Allah SWT

Sebagai contoh misalnya, tidak mungkin Allah SWT memiliki sifat maut atau mati. Bagaimana mungkin Allah menghidupkan segala sesuatu yang dikehendaki sedangkan Allah sendiri dalam keadaan mati.

Begitu juga segala keilmuan yang ada di dunia ini seluruhnya merupakan ilmu Allah. Maka tidak mungkin Allah memiliki sifat bodoh atau Jahl. Tidak mungkin Allah menciptakan sesuatu di luar pengetahuan-Nya.

Nah itulah pembahasan tentang sifat mustahil bagi Allah yang juga wajib untuk kita ketahui sebagai umat muslim. Terima kasih sudah bersedia membaca tulisan yang kami sajikan.

Kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila terdapat keterangan yang kurang bisa dipahami dengan jelas oleh para pembaca sekalian. Semoga Allah senantiasa menurunkan kepada kita pemahaman yang mendalam mengenai suatu perkara.

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

2 pemikiran pada “Sifat Mustahil Bagi Allah SWT”

Tinggalkan komentar