Imam Syafii Seorang muslim, yang suka berbagi ilmu agama.

Pengertian Ulul Azmi

2 min read

Assalamualaikum warahmatullahi wa baarakatuh

Mengetahui nama nama dan jumlah nabi hukumnya wajib bagi setiap muslim. Dari dua puluh lima nabi yang wajib kita ketahui tidak semua nabi diangkat atau mendapatkan gelar menjadi seorang rasul.

Sebenarnya jumlah keseluruhan nabi dan rasul yang Allah SWT turunkan ke dunia sangatlah banyak. Akan tetapi umat muslim hanya diwajibkan mengetahui sebanyak dua puluh lima saja.

Dari dua puluh lima nabi yang wajib kita ketahui dari nabi Adam As sampai nabi Muhammad saw, secara garis besar memiliki tugas yang sama yaitu menyampaikan atau menyebarkan ajaran Allah SWT. Atau agama islam.

Setelah nabi diangkat menjadi rasul, terdapat pula nabi yang diangkat menjadi rasul ulul ‘azmi. Apa yang dimaksud dengan rasul ulul ‘azmi? Simak terus pembahasan di bawah ini, akan kami ulas pengertian ulul ‘azmi.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang rasul ulul ‘azmi, tentu semakin kita dewasa semakin bertambah pula kesibukan dan banyak hal lain yang harus kita kerjakan kadang membuat kita lupa siapa saja nama-nama dua puluh lima nabi tersebut.

Oleh karena itu kami ingatkan kembali mengenai nama-nama nabi yang wajib kita ketahui. Adapun nama nama dari dua puluh lima nabi yang wajib kita ketahui yaitu sebagai berikut;

25 Nama Nabi

Adam, Idris, Nuh, Hud, Sholeh, Ibrohim, Luth, Isma’il, Ishaq, Ya’qub, Yusuf, Ayyub, Syu’aib, Harun, Musa, Yasa’, Dzul Kifli, Daud, Silaiman, Ilyas, Yubus, Zakaria, Yahya, Isa, Muhammad Saw.”

Itulah nama-nama dua puluh lima nabi yang wajib umat muslim ketahui. Nabi Muhammad saw merupakan nabi yang paling terakhir. Artinya setelah nabi Muhammad saw tidak ada lagi nabi yang diturunkan oleh Allah SWT.

Penjelasan Pengertian Ulul Azmi

Apa sih yang dimaksud dengan rasul ulul azmi? Berikut penjelasan mengenai kata ulul azmi.

 Kata ulul ‘azmi merupakan gabungan dari dua kata, yaitu kata ulul dan kata ‘azmi. Arti dari kata ulul atau uli yaitu memiliki atau mempunyai, sedangkan arti dari kata ‘azmi adalah tekad atau keteguhan hati yang kuat.

Sedangkan kata rasul sendiri bermakna utusan. Ketiga kata tersebut merupakan kata yang berasal dari bahasa arab. Apabila dirangkai ke dalam bahasa Indonesia akan menjadi satu rangkaian kalimat yang dapat dengan mudah dipahami.

Maka bila kedua kata ulul dan azmi tersebut digabung akan menjadi kalimat ulul azmi. Seorang rasul yang bergelar ulul ‘azmi  artinya yaitu seorang rasul yang memiliki ketabahan, kesabaran, keuletan dan keteguhan hati yang luar biasa.

Dalam berdakwah atau menjalankan tugas sucinya sebagai seorang rasul meskipun menghadapi berbagai rintangan dan berbagai macam hal kesulitan dari kaumnya. Seorang rasul tetap terus berjuang dengan gigih menyampaikan segala sesuatu yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.

Dari pengertian di atas dapat kita pahami dengan jelas bahwa sesungguhnya menjadi seorang rasul bukanlah tugas yang mudah atau gampang untuk dilaksanakan. Begitu berat dan susah tugas yang harus dijalankan.

Baca Juga : Pengertian Malaikat

 Menyampaikan ajaran Allah SWT tidaklah semudah menyampaikan pendapat yang keluar dari diri sendiri. Sering kali para rasul bahkan hampir setiap berdakwah mendapat tekanan dari masyarakat di sekitarnya.

Tentu saja hal itu terjadi sebab para rasul menyebarkan ajaran yang baru, yang diperintahkan oleh Allah SWT. Bukan ajaran yang sejak lama telah menjadi keyakinan di masyarakat tersebut.

Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, bahwa tidak semua rasul yang diturunkan oleh Allah termasuk ke dalam rasul ulul azmi. Rasul yang termasuk ke dalam rasul ulul azmi terdapat lima rasul, yaitu sebagai berikut.

  • Nabi Nuh ‘alaihis salam.
  • Nabi Ibrahim ‘alaihis salam.
  • Nabi Musa ‘alaihis salam.
  • Nabi Isa ‘alaihis salam.
  • Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa salam.

Agar mudah diingat siapa saja rasul yang termasuk ke dalam ulul azmi, maka biasanya huruf awal dari rasul ulul ‘azmi tersebut disingkat. Biasanya disingkat menjadi “NIMIM” yaitu akronim atau kependekan dari huruf awal nama-nama ulul ‘azmi tersebut.

Demikian sedikit keterangan tentang pengertian ulul ‘azmi yang dapat kami sampaikan. Atas segala kekurangan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

Imam Syafii Seorang muslim, yang suka berbagi ilmu agama.

Hadist Tentang Cinta

Imam Syafii
1 min read

Arti Birrul Walidain

Imam Syafii
1 min read

Cerita Anak Islam

Imam Syafii
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *