Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin

Niat Puasa Senin Latin

NAWAYYTU SHOWMA YAUMIL IsNAINI  SUN’NATAL’LILLAHI TANGAALA

Niat Puasa Kamis

Niat Puasa Kamis Latin

NAWAYYTU SHOWMA YAUMIL KHOMIsI  SUN’NATAL’LILLAHI TANGAALA

Puasa Puasa Sunnah

Yang termasuk puasa puasa sunnah adalah sebagai berikut

  1. Puasa 6 hari dibulan Syawal
  2. Puasa hari Senin dan Kamis
  3. Puasa tasu’a pada tanggal 9 Muharram
  4. Puasa pada hari Arafah, Tanggal 9 Dzulhijjah
  5. Puasa hari putih yakni tanggal 13,14, dan 15 tiap tiap bulan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka Nabi saw. Bersabda kepada Abu Dza ra : “ hai abu  Dzar, jika kamu hendak puasa tiga hari dalam satu bulan  , hendaklah kamu puasa tanggal 13, 14, dan 15  “ ( HR. Ahmad dan Nasa’i)
  6. Puasa Asyura, tanggal 9 Muharram
  7. Puasa Nabi Daud AS, Maka kita disunnahkan puasa pada bulan Rajab, Sya’ban dan lain-lain.

Hikmah Berpuasa

Beberapa hikmah berpuasa yaitu :

  1. Orang berpuasa tentu saja akan merasakan lapar dan dahaga, Jangan merasakan hal tersebut lantas timbul kasih sayang terhadap fakir miskin, Anak yatim dan orang orang serba kekurangan dalam kehidupan ini. dengan demikian maka akan sadar, Sehingga gemar untuk memberikan bantuan terhadap orang-orang yang membutuhkan.
  2. orang berpuasa akan kuat jual, Sehingga tahu uji dalam menerima berbagai macam ujian dalam kehidupan.
  3. Orang berpuasa berarti melatih kesabaran dalam menjalankan kewajiban sehingga mencegah makan minum, Hawa nafsu, Menahan bersetubuh di siang hari, menahan marah dan menahan berbagai macam perilaku yang merusakkan pahala puasa.
  4. Orang berpuasa dapat berlatih jiwa dan wataknya dalam memegang amanah, Karena puasa itu merupakan amanah Tuhan Yang harus dipelihara oleh semua
  5. Orang berpuasa akan mampu menanyakan sifat rakus terhadap isi perut, Sehingga timbullah rasa kasihan terhadap orang-orang yang terlunta lunta, dan akhirnya ikut memikirkan nasib mereka, Sehingga mau memberikan sesuatu yang bisa meringankan beban penderitaan, sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.
  6. Orang berpuasa akan mampu pula menambah kesehatan, karena setahun kita makan dan minum yang tidak teratur, Sehingga bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Dan salah satu sumber penyakit terletak pada perut. Dan satu-satunya jalan yang harus ditempuh yaitu makan dan minum dengan cara teratur. Dan hanya dengan makan dan minum teratur maka akan menambah kesehatan badan kita.

Baca Juga : Niat Puasa Arafah

Hal Hal Yang diLarang  Dikala  berpuasa.

Bagi kaum muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa maka harus pandai menjaga lisan dari berbagai macam pembicaraan yang menimbulkan sumber fitnah, karena hal tersebut akan merugikan dirinya sendiri juga merugikan orang lain. Untuk itu perlu kita mengetahui hal hal yang kita jauhi dikala berpuasa , yaitu antara lain :

  1. Mengumpat , mencela memfitnah atau mengerjakan segala yang bias merugikan orang lain.
  2. Membicarakan kejelekan orang lain.

Untuk itu bagi kaum  muslimin  yang sedang melaksanakan ibadah  puasa harus mampu berbicara yang baik baik, bila tidak bias bicara yang baik , maka lebih baik diam. Karena dengan sumber pembicaraan yang tidak baik, maka puasa yang kita kerjakan membawa hasil yang sia sia.

Baca Juga : Niat puasa syawal

Amalan Amalan Sunnah  Dalam Berpuasa

Yang termasuk amalan amalan berpuasa adalah :

  1. Berbuka puasa dengan segera

, sekalipun dengan seteguk air putih / sebutir kurma, bila matahari benar benar terbenam

  1. Mengakhiri makan sahur
  2. Memperbanyak sedekah sera mengerjakan amalan amalan yang baik
  3. Tidak keadaan junub, bila dalam keadaan junub, maka segeralah mandi sebelum waktu masuk subuh
  4. Memperbanyak mengaji , membaca kitab  Al Quran  serta mendalaminya dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan agama Islam. Berkaitan membaca Al Qur’an, maka Nabi Saw. Bersabda yang Artinya; amalan ibadah umatku yang paling utama ialah membaca Al Qur’an.
  5. Apabila puasa puasanya, puasa Ramadhan bias dengan : Memberi buka di masjid kepada orang orang yang sedang berpuasa. dalam hal ini Nabi Saw. Bersabda : “barangsiapa memberi makan untuk orang yang berbuka puasa, maka baginya mendapat pahala sama dengan pahala orang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun  dari orang berpuasa itu.