Imam Syafii Seorang muslim, yang suka berbagi ilmu agama.

Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah SWT

2 min read

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Membahas sebuah alasan memang terkadang dapat kita simpulkan sendiri-sendiri. Sebab munculnya alasan biasanya hadir dari dalam diri orang yang bersangkutan. Dan tentunya suatu alasan merupakan hal mendasar yang menjadi sebab adanya suatu perbuatan. pada kesempatan kali ini admin akan membahas bab malaikat, seperti halnya teman teman bertanya “mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt”. untuk pertanyaan pertanyaan seperti itu juga akan dibahas pada artikel di bawah ini.

Akan tetapi membahas alasan sebuah keimanan tidak semudah mengucapkan suatu alasan yang muncul dari diri sendiri dengan seenak hatinya. Sebab disana ada sesuatu yang menjadi tanggung jawab kita dan harus dipertanggung jawabkan.

Baca Juga : Sifat Sifat Malaikat

Salah satu pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab adalah sebuah pertanyaan “mengapa kita harus beriman kepada malaikat Allah SWT?” nah sobat sekalian mari simak pembahasan di bawah ini. Akan kami ulas suatu alasannya.

Mengapa kita harus mengimani malaikat Allah? Sebelum membahas suatu alasan mengapa seseorang harus beriman kepada malaikat Allah, kita ingat kembali butir-butir rukun iman yang harus kita ingat dan pahami sebagai seorang muslim.

Rukun Iman

Sebagai seorang muslim tentunya juga harus hafal dan memahami dengan seksama apa itu rukun iman dan rukun islam. pada kesempatan kali ini akan kami tulis kembali mengenai bait-bait rukun iman yang harus diketahui oleh kaum muslimin.

  • Iman kepada Allah
  • Iman kepada malaikat Allah
  • Iman kepada kitab-kitab Allah
  • Iman kepada rasul-rasul Allah
  • Iman kepada hari akhir dan iman kepada qodho dan qodar.

Nah, dari bunyi rukun iman di atas dapat kita simpulkan sendiri bahwa beriman kepada malaikat Allah merupakan salah satu bagian dari rukun iman yang wajib tertanam kuat di hati para kaum muslimin.

Maka, alasan pertama mengapa kita harus mengimani malaikat Allah swt adalah jelas karena beriman kepada malaikat-malaikat Allah merupakan bagian dari salah satu rukun iman yang enam.

Sehingga bagi seorang muslim tidak akan dikatakan muslim manakala ia mengingkari salah satu rukun iman yang wajib ia imani. Setelah seseorang beriman dan percaya dengan sepenuh hati tentang adanya Allah SWT sebagai tuhan semesta alam dan tidak ada Tuhan selain Allah.

Maka bagi seorang muslim tersebut juga diwajibkan untuk mengimani malaikat-malaikat Allah. Mengetahui jumlahnya dan mengerti akan tugas-tugas dari para malaikat-malaikat Allah.

Nama Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Jumlah malaikat keseluruhan secara pasti hanya diketahui oleh Allah berapa banyak jumlahnya. Namun umat muslim yang beriman kepada Allah SWT diwajibkan untuk mengetahui sebanyak sepuluh saja. Berikut nama-nama malaikat beserta tugasnya;  

  • Malaikat Jibril menyampaikan wahyu
  • Malaikat Mikail menyampaikan rizki
  • Malaikat Israfil meniup sangkakala
  • Malaikat Izrail mencabut nyawa
  • Malaikat Rakib mencatat amal baik manusia
  • Malaikat Atit mencatat amal buruk manusia
  • Malaikat Munkar menanyai mayat
  • Malaikat Nakir menanyai mayat
  • Malaikat Malik menjaga  neraka
  • Malaikat Ridwan menjaga syurga

Dari kesepuluh malaikat tersebut semuanya merupakan malaikat yang ditugasi oleh Allah untuk menyampaikan sesuatu yang telah dikehendaki oleh Allah. Seperti menyampaikan wahyu kepada rasulullah di zaman nabi dahulu.

Atau seperti tugasnya malaikat Mikail yaitu membagi rizki termasuk juga menurunkan hujan merupakan bagian dari pada tugasnya. Nah dari tugas-tugas para malaikat tersebut kita bisa sedikit mengambil kesimpulan bahwa cara Allah menurunkan kehendaknya yaitu melalui perantara malaikat.

Atau seperti tugasnya malaikat Mikail yaitu membagi rizki termasuk juga menurunkan hujan merupakan bagian dari pada tugasnya. Nah dari tugas-tugas para malaikat tersebut kita bisa sedikit mengambil kesimpulan bahwa cara Allah menurunkan kehendaknya yaitu melalui perantara malaikat.

Sehingga seseorang yang telah beriman kepada Allah pastinya dapat memahami bahwa beriman kepada malaikat merupakan bagian penting dari rukun iman untuk kita dapat memahami bagaimana Allah menurunkan kehendaknya kepada para rasul atau manusia pada umumnya.

Contoh :

Sebagai contoh misalnya, manusia bahkan nabi sekalipun tidak dapat bertemu apalagi berbicara secara langsung kepada Allah, nah sebagai perantara antara Allah dengan nabi dalam menyampaikan wahyu-Nya maka Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu atau kalam-Nya kepada nabi Muhammad saw.

Sehingga bagi orang yang beriman atau percaya dengan sepenuh hati mengenai adanya malaikat-malaikat Allah, maka baginya akan lebih mudah memahami bagaimana Allah mengatur segala sesuatu yang telah menjadi kehendak-Nya.

Contoh lain misalnya, antara hujan dan terang dapat terjadi sekaligus atau berbarengan. Di tempat A hujan lebat namun tepat di sebelah justru terang benderang tidak ada setetes pun air hujan yang menetes.

Allah lah yang mengatur terjadinya hal tersebut, lalu malaikat Malik yang menjalankan adanya perintah dari Allah mengenai kehendak tersebut. Jadi sebuah alasan mengapa harus beriman kepada malaikat Allah?

Selain karena beriman kepada malaikat Allah merupakan bagian dari pada rukun iman yang harus diimani ole kaum muslimin juga agar kita mampu memahami sesuatu yang ghoib seperti bagaimana Allah mengatur alam semesta ini.

Baca Juga : Pengertian Malaikat

Demikian yang dapat kami tulis, atas segala kekurangan dan kekeliruan yang ada merupakan kesalahan kami dan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan bila terdapat kebaikan yang dapat diambil oleh para pembaca semata-mata merupakan dari Allah datangnya.

Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Imam Syafii Seorang muslim, yang suka berbagi ilmu agama.

Pengertian Malaikat

Imam Syafii
2 min read

Sifat Sifat Malaikat

Imam Syafii
2 min read

Malaikat Adalah

Imam Syafii
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *