Malaikat Adalah

Arti jin, Syaitan dan Malaikat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

pengertian Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan yang maha Esa. Dimana bagi umat muslim hanya mengakui bahwa Tuhan hanya ada satu yaitu Allah SWT. Dalam kenyataannya sebagai manusia kita tidak bisa menutup mata atau telinga dari banyaknya informasi yang kita dapatkan dari manapun asalnya. Seperti seringnya muncul pertanyaan apa itu Jin, Syaitan dan apa itu Malaikat ?

Baca Juga : Pengertian Malaikat

Pertanyaan tersebut sering kali muncul seiring seringnya kita mendengar orang bercerita mengenai suatu pembicaraan yang sedang hangat di sekitar mereka. Seperti halnya hantu, hantu merupakan bagian arti syaitan atau kah jin. Lalu malaikat termasuk dari yang mana? Dan manusia sendiri apakah dari bagian keduanya atau bahkan makhluk lain yang lebih sepesial? Mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Jin

Secara etimologis (bahasa) kata Jin atau Al-Jin berasal dari kata Jannah yang mengandung arti bersembunyi. Dinamakan demikian karena Jin sendiri tersembunyi dari penglihatan manusia. Terdapat kata lain yang berasal dari Jannah yaitu kata Junnah yang berarti perisai, dinamakan demikian karena menyembunyikan kepala prajurit yang memakainya.

Ada pula lafadz Jannah yang mengandung arti Surga atau taman. Dinamakan demikian karena taman tersembunyi oleh pohon-pohon yang rindang. Terdapat kata lain yang masih satu akar kata dengan jannah yaitu kata Janin yang memiliki arti jabang bayi, dinamakan demikian karena janin tersembunyi di dalam perut sang ibu.

Baca Juga : Sifat Sifat Malaikat

Adapun secara terminologi atau menurut istilah jin adalah salah satu dari makhluk ghoib yang diciptakan Allah SWT dari api, jin termasuk golongan mukallaf yaitu diwajibkan menjalankan hokum syariat. Dari golongan jin sendiri ada yang taat kepada Allah atau sering juga disebut sebagai jin muslim. Ada pula yang durhaka atau kafir.

Pengertian Iblis

Syaitan menurut etimologis atau bahasa berasal dari kata ablasa yang mengandung makna putus asa. Dinamakan demikian sebab iblis putus asa dari rahmat atau kasih sayang Allah SWT. Iblis merupakan nenek moyang dari golongan Jin yang diciptakan dari api. Iblis adalah yang pertama kali membangkang atau menolak menjalankan syariat Allah SWT.

Disebabkan karena iblis membangkang terhadap perintah Allah SWT, maka terkadang iblis disebut juga syaitan. Iblis merupakan makhluk yang memiliki umur sangat panjang. Sebab ia diberi umur panjang hingga hari kiamat tiba. Sedangkan keturunannya dari bangsa jin ada yang diberi umur panjang ada pula yang tidak.

Pengertian Syaitan

Kata syaitan berasal dari kata Syatana yang berarti menjauh. Diberi nama demikian sebab saking jauhnya ia dari kebenaran. Syaitan merupakan shifat atau karakter yang menolk terhadap kebenaran, menghalangi dari kebenaran dan menggoda untuk melakukan terhadap kemungkaran atau melanggar syariat Allah SWT.

Ada suatu pendapat yang mengatakan bahwa bila terdapat golongan dari  jenis makhluk mukallaf yaitu manusia atau jin yang yang memiliki sifat-sifat tersebut yaitu membangkang terhadap syariat maka ia termasuk syaitan. Wallohu a’lam.

Penjelasan Malaikat

Menurut  etimologis atau secara bahasa kata malaikat merupakan kata jamak yang berasal dari bahasa arab yaitu malaka yang memiliki arti kekuatan. Kata malaka dalam ilmu nahwu berasal dari kata mashdar yaitu al-alukah yang bermakna risalah atau misi. Kemudian sang pembawa msi biasanya disebut ar-rasul.

Malaikat diciptakan oleh Allah terbuat dari cahaya (Nuur), berdasarkan salah satu hadits nabi saw  yaitu “malaikat terbuat dari cahaya.” Iman kepada para malaikat merupakan bagian dari rukun iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini dengan sepenuh hati akan adanya malaikat. Walaupun kita tidak dapat melihat mereka.

Malaikat adalah salah satu dari makhluk ciptaan Allah. Malaikat menyembah Allah dan sangat taat kepada Allah. Malaikat tidak pernah berdosa sebab malaikat hanya melakukan apa yang diperintahkan saja. Tidak ada manusia yang mengetahui secara pasti berapa jumlahnya malaikat.

Baca Juga : Tugas tugas Malaikat

Meskipun manusia tidak dapat melihat para malaikat akan tetapi jika Allah berkehendak maka manusia pun dapat melihatnya seperti para nabi dan rasul misalnya mereka dapat berjumpa dan melihat wujudnya malaikat. Malaikat selalu menampakkan diri dalam wujud laki-laki bila menampakkan wujudnya. Seperti yang terjadi kepada nabi Ibrahim As.

Demikianlah pembahasan yang kami sajikan berkaitan dengan pembahasan atau pengertian mengenai makhluk Allah yang berupa Jin, Syaitan dan Malaikat. Semuanya adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang diciptakan dengan tujuan untuk menyembah Allah. Akan tetapi ada yang taat terhadap Allah ada pula yang membangkang terhadap perintah Allah yaitu syaitan.

Baca Juga : Tentang Penjelasan Beriman Kepada Malaikat

Setelah kita ketahui bersama dari penegertian di atas, maka dapat kita pahami bersama kira-kira kita akan ikut ajakan syaitan sehingga menjadi pengikut syaitan dan mendapat murka Allah SWT atau akan mengikuti perintah Allah SWT sehingga mendapat ridho-Nya?.

Semoga kita semua termasuk dari orang-orang yang selalu dalam lindungan Allah SWT sehingga terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk. Jangan lupa untuk selalu berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari godaan syaitan yang dapat menyesatkan manusia kapanpun dan dimanapun kita berada.

terima kasih kami sampaikan kepada segenap pembaca yang budiman. Semoga apa yang menjadi doa kalian semua dikabulkan oleh Allah SWT dan mendapat ridho-Nya. Amin. Mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan. Akhirul kalam wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.