Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

Bacaan mad selanjutnya yang akan kita ulas bersama adalah bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi. Mad lazim mukhaffaf kilmi di dalam al-qur’an tidak sebanyak bacaan mad yang lainnya. Jumlahnya sangat jarang ditemukan.

Yang menjadi ciri dari pada bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi yaitu bertemunya bacaan mad dengan sukun atau huruf yang mati. Simak pembahasan mad lazim mukhaffaf kilmi lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

Bacaan mad mad lazim mukhaffaf kilmi yaitu apabila terdapat huruf mad setelahnya berupa huruf mati. Atau dengan kata lain apabila terdapat bacaan mad yang bertemu dengan huruf mati, maka bacaan tersebut dinamakan bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi.

Baca Juga : Contoh Mad Tamkin

Didalam Al-qur’an terdapat dua contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi yaitu terdapat dalam surat yunus.

Cara Membaca Mad lazim Mukhaffaf Kilmi

Cara membaca bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi yaitu dibaca panjang sebanyak tiga alif atau enam harakat. Dari beberapa penjelasan mengenai bacaan mad, hampir rata-rata bacaan mad selalu dibaca panjang di atas dua harakat.

Hanya ada beberapa bacaan mad saja yang dibaca sebanyak dua harakat, sedangkan yang lainnya rata-rata dibaca panjang diatas dua harakat, ada yang tiga harakat, empat harakat, lima harakat, bahkan yang paling panjang adalah enam harakat.

Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

Berikut kami tulis dua contoh yang terdapat di dalam al-qur’an contoh tentang bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi. Semoga melalui contoh-contoh berikut dapat memberi pemahaman kepada kita semua. Amin.

Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi jumlahnya di dalam al-qur’an sangat sedikit sekali, sehingga paling tidak lebih mudah untuk kita ingat-ingat letaknya. Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi terdapat dalam surat yunus, demikian contohnya;

1. perhatikan contoh gambar di atas nomor satu, pada lafadz yang  berwarna hijau tersebut adalah contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi. Cara membacanya yaitu dibaca panjang sebanyak enam harakat atau tiga alif.

2. perhatikan contoh gambar di atas nomor satu  pada lafadz yang diberi garis bawah dan berwarna hijau tersebut adalah contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi. Cara membacanya yaitu dibaca panjang sebanyak enam harakat atau tiga alif.

Dari kedua contoh diatas dapat kita pelajari dan ingat-ingat bersama bersama, sebab di dalam al-qur’an terdapat sedikit contoh bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi.

Yang membedakan antara bacaan mad yang satu dengan bacaan mad yang lainnya adalah huruf yang terletak setelah huruf mad atau huruf yang terletak setelah bacaan mad tersebut.

Baca juga : mad layyin

Adapun masalah cara membacanya kebanyakan sama, yaitu mad thobi’i rata-rata dibaca panjang sebanyak tiga alif atau enam harakat. Tinggal memperhatikan rangkaian kalimatnya. Huruf yang terletak setelah huruf mad berupa huruf hidup atau mati.

Baiklah para pembaca yang budiman, demikian ulasan yang dapat kami terangkan mengenai bab bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi. Bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi sama saja dengan bacaan mad lazim kilmi mukhoffaf, jadi tidak perlu bingung.

Sembari mempelajari ilmu jangan lupa untuk dibarengi dengan membaca Al-qur’an supaya bisa mempraktekan secara langsung apa yang sudah dipelajari ke dalam bacaan ayat-ayat al-qur’an.

Akan tetapi sebagaimana orang belajar pada umumnya, apabila terdapat pembahasan yang kurang dipahami alangkah lebih baik bila ditanyakan secara langsung kepada ustadz atau guru ngaji yang berada di sekitar tempat tinggal para pembaca.

Agar kiranya tidak menimbulkan pemahaman yang salah. Bila dari pemahaman yang salah kemudian dipraktekan dengan membaca al-qur’an maka dikawatirkan membaca al-qur’an nya pun ikut salah.

Demikian kurang dan lebihnya kami mohon maaf, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh.

2 pemikiran pada “Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi”

Tinggalkan komentar