Macam Macam Idgham

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Membahas al-qur’an dan segala kandungannya memang tidak akan pernah habis. Begitu pula membahas ilmu untuk membaca al-qur’an dengan baik dan benar juga sangatlah banyak dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah kami mengulas atau membahas materi yang berkaitan dengan macam-macam bacaan idgham.

Bacaan idgham tidak hanya idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah saja, melaninkan terdapat jenis bacaan idgham yang lain.

Selain idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah terdapat juga idgham mutamatsilain, idgham mutajanisain dan idgham mutaqaribain. Di bawah ini akan kami bahas satu per satu macam-macam bacaan idgham tersebut beserta keterangan dan contoh-contohnya.

Namun sebelum membahas lebih banyak tentang  macam-macam bacaan idgham, pahami terlebih dahulu apa yang dinamakan dengan idgham itu sendiri. Idhom ialah melebur. Maksudnya yaitu melebur suatu huruf kepada huruf berikutnya atau kepada huruf yang ada di depannya.

Idgham Mutamatsilain

Idhom mutamatsilain yaitu mengidhomkan (memasukkan) suatu huruf ke dalam huruf yang sejenis yangberada di depannya. Sehingga huruf yang pertama tidak terbaca. Cara membacanya yaitu digabung dengan huruf yang berikutnya.

Contoh Idgham Mutamatsilain

Untuk dapat memahami keterangan di atas coba perhatikan denga seksama contoh-contoh idhom mutamatsilain di bawah ini

اِضْرِبْ بِعِصِاكِ : cara membacanya ialah : IDRIB BI’ASHOOKA

وَقَدْ دَخَلُوْا : cara membacanya ialah : WAQOD DAKHOLUU

إِذَا غَرَبَتْ تَقْرِضُهُمْ : cara membacanya ialah : IDZAA GHOROBAT TAQRIDHUHUM

Idgham Mutajanisain

Idhom mutajanisain ialah mengidhomkan suatu huruf ke dalam huruf lain (setelahnya) yang makhrojnya (tempat keluarnya huruf) tersebut sama dengan huruf yang sebelaumnya. Akan tetapi bunyinya (bunyi huruf pertama dan kedua) sedikit berbeda.

Idhom mutajanisain biasanya terjadi apa bila huruf-huru seperti di bawah ini saling bertemu. Perhatikan huruf-huruf berikut ini.

تْ (sukun) bertemu dengan ط

تْ (sukun) bertemu dengan  د

طْ (sukun) bertemu dengan ت

دْ (sukun) bertemu dengan  ت

لْ (sukun) bertemu dengan  ر

ذْ (sukun) bertemu dengan ظ

Contoh Idgham Mutajanisain

Untuk memahami keterangan idhom mutajanisain maka perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini dengan seksama. Berikut kami tulis bebrapa contoh bacaan idhom mutajanisain.

قَالَتْ طَائِفَةٌ membacanya yaitu : QOOLATH THOOIFATUN

اَثْقَلَتْ دَعَوُ اللهَ membacanya yaitu : ATSQOLAD DA’AWULLOHA

لَئِنْ بَسَطْتَ membacanya yaitu : LAIMBASATTA

عَبَدْتُمْ membacanya yaitu : ‘ABATTUM

قُلْ رَبِّ membacanya yaitu : QUR-ROBBI

إِذْظَلَمُوْا membacanya yaitu : IDZ-DZOLAMUU

Idgham Mutaqaribain

Apakah yang dinamakan dengan bacaan idhom mutaqorribain? Idhom mutaqorribain yaitu menhidhomkansuatu huruf ke huruf yang lain dimanan bunyi kedua huruf tersebut hampir sama.

Yaitu apa bila bertemunya huruf-huruf di bawah ini dengan huruf yang serupa dengannya, berikut perinciannya.

ثْ (sukun) bertemu dengan ذ

بْ (sukun) bertemu dengan  م

قْ (sukun) bertemu dengan ك

Contoh Idgham Mutaqaribain

Setelah membaca dan memahami keterangan di atas, sekarang coba perhatikanbeberapa contoh bacaan idhom mutaqorribain di bawah ini.

يَلْهَثْ ذَلِكَ : dibaca menjadi : YALHADZ-DZAALIKA

يَابُنَيَّ ارْكَبْ مَعَنَا : dibaca menjadi : YABUNAYYARKAM-MA’ANA

اَلَمْ   نَخْلُكْ قُمْ : dibaca menjadi : ALAM NAKHLUK-KUM

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan berkaitan denga bab macam-macambacaan idhom. Jadi pada kesimpulannya dari ketiga bacaanidhom di atas adalah merupakanbertemuanya suatu huruf dengan huruf lainyang memiliki bunyi hampir serupa.

Akan tetapi dari ketiga bacaan tersebut masing-masing memiliki perbedaan mendasar, yaitu idghom mutamastilain merupakan bertemunya dua huruf yang sama. Sedangkan idghom mutajanisain yaitu bertemunya dua huruf yang berbeda tetapi memiliki makhrijul huruf (tempat keluarnya huruf) yang hampir mirip.

Baca juga : Mad Layyin

Adapaun yang terakhir yaitu bacaanidhom mutaqorribain yang menjadi ciri utamanya yaitu bertemunya dua yang memiliki bunyi hampir sama.

Akhir kata semoga kita semua mendapat hidayah dan ridho dari Allah SWT. Amin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar