Hikmah Iman Kepada Hari Akhir

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari akhir merupakan hari dimana segala kehidupan di dunia ini telah berakhir. Seluruh makhluk hidup atau setiap sesuatu yang bernyawa akan mati pada hari tersebut. Yaitu hari kiamat, hari dimana setiap ciptaan Allah SWT akan binasa atau berakhir kehidupannya.

Rukun Iman Yang Kelima

Seorang muslim wajib baginya untuk mengimani adanya hari akhir. Beriman kepada hari akhir merupakan bagian dari pada rukun iman yang ke lima. Sehingga bagi seorang muslim akan meyakini dengan sepenuh hati akan datangnya hari kiamat atau hari akhir.

Mendengar istilah hari akhir kadang membuat kita ngeri sendiri, mengingat betapa dahsyatnya kejadian yang akan terjadi pada hari tersebut. Tidak hanya manusia yang akan mati. Melainkan segala sesuatu yang ada di atas muka bumi ini akan hancur berkeping-keping.

Pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah kami untuk mengulas beberapa hal penting yang berkaitan dengan hikmah beriman kepada hari kiamat atau hari akhir. Sebab di balik setiap rencana Allah pasti tersimpan rahasia-Nya yang begitu agung.

Pada akhir zaman nanti akan datang suatu hari dimana semua makhluk hidup yang ada akan menjadi rusak dan binasa, itulah yang disebut dengan hari kiamat. Malaikat yang diberi tugas oleh Allah pada hari kiamat akan meniupkan sangkakala. Maka matilah segala sesuatu yang ada di muka bumi ini.  

Setelah manusia dan segala makhluk hidup mati kemudian akan dihidupkan kembali oleh Allah SWT baik yang mati pada hari kiamat atau pun yang mati pada hari-hari terdahulu dengan ditiupnya sangkakala yang kedua.

Lalu manusia-manusia tersebut akan di timbang atau di hisab sesuai dengan amal perbuatannya masing-masing semasa hidupnya di dunia. Apabila amal perbuatan baiknya lebih banyak maka balasannya adalah ditempatkan di surga.

Namun apabila yang lebih banyak adalah amal perbuatan yang buruk maka orang tersebut akan mendapat balasan berupa siksaan yang amat pedih di neraka. Na’udzubillahi min dzalik.

Ayat Al-Qur’an Yang Membahas Hari Kiamat

Banyak sekali ayat-ayat al-quran yang membahas tentang hari hari qiyamat. Berikut salah satu firman Allah dalam Al-quran yang menyinggung tentang hari kiamat.

“yang sedemikian itu, supaya engkau mengerti bahwa Allah itu Tuhan yang benar dan tuhan itu menghidupkan segala yang telah mati. Lagi Allah itu maha kuasa atas segala sesuatu. Dan sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tiada ragu lagi. Allah benar-benar akan membangkitkan orang-orang yang ada dalam kubur”. (al-hajj: 6-7).

“sungguh pada hari kiamat akan ditiup sangkakala (terompet) lantas matilah sekalian apa yang ada di langit dan yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian akan ditiup padanya sekali lagi, kemudian mereka sekalian akan bangkit memandang ( menunggu keputusan).” (az-zumar: 68)

Membahas tentang hari kiamat bukan berarti membuat seseorang lantas berputus asa akan rahmat dan hidayah Allah SWT. Justru dengan memikirkan akan datangnya hari akhir, mestinya timbul keimanan dan ketaqwaan yang bertambah besar kepada Allah SWT.

Sehingga semakin hari semakin bertambah pula amal ibadah dan amal sholeh yang kita lakukan dan semata-mata bertujuan hanya untuk mencari ridho Allah SWT.

Penjelasan Hikmah Iman Kepada Hari Akhir

  • Timbulnya iman dan taqwa yang dalam kepada Allah SWT
  • Senantiasa berusaha menjalankan amal ibadah dan menjauhi segala larangan-Nya
  • Timbulnya semangat yang tinggi untuk selalu berbuat baik
  • Di dalam hatinya senantiasa selalu mengingat Allah SWT
  • Senantiasa menjaga lisan dan pikirannya dari berprasangka dan mengucapkan sesuatu yang tidak baik
  • Menjaga hatinya dari berpikiran buruk kepada Allah dan makhluknya
  • Timbulnya semangat untuk selalu beramal baik karena mengingat akan adanya yaumul hisab setelah hari akhir.

Membaca dan memahami tentang hari kiamat semoga dapat menambah iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Mengingat kepastian Allah itu pasti akan datang, maka dengan segala ketentuan yang telah digariskan oleh Allah dapat menjadi jalan untuk menambah iman dan taqwa kita kepada-Nya. Amiin.

Baca Juga : Sifat Sifat Malaikat

Maka dengan mengetahui beberapa hikmah dari iman kepada hari kiamat tersebut, sudah sepatutnya menjadi jalan untuk terus meningkatkan amal ibadah kita. Sehingga harapannya adalah lebih berat timbangan amal baiknya dari pada timbangan buruknya.

Demikian pembahasan mengenai hikmah beriman kepada hari qiyamat. Semoga dapat menambah iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Bertambah pula amal ibadah kita dan serta menambah ketawadhuan. Amiin ya rabbal ‘alamin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh

3 pemikiran pada “Hikmah Iman Kepada Hari Akhir”

Tinggalkan komentar