Doa Untuk Orang Tua

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setiap orang tua tentu begitu mencintai dan menyayangi buah hatinya. Bukan sekedar rasa yang hanya diungkapkan dengan kata-kata belaka namun setiap orang tua, akan melakukan segalanya demi kebaikan anaknya.

Bila kita perhatikan orang-orang di sekitar kita, para orang tua yang kebetulan memiliki anak masih balita, bila anaknya yang kecil tersebut sakit maka segala cara akan ia lakukan demi kesembuhan sang anak.

Tidak peduli betapapun susahnya untuk mendapatkan obat tersebut, bila yang sakit anak maka orang tua akan begitu memanjakan anaknya hingga sembuh. Bukan hanya ketika si anak sakit saja, bahkan dalam kehidupan sehari-hari seringkali orang tua tidak makan hingga si anak makan terlebih dahulu.

Baca Juga : Doa Selamat

Baru setelah anak-anaknya makan hingga kenyang barulah orang tua akan makan secukupnya. Sehingga dapat memastikan seluruh anaknya telah makan dan kenyang. Orang tua begitu memperhatikan setiap kondisi anaknya bukan hanya urusan makanan saja tetapi juga kehalalan dan cara mendapatkan makanan tersebut benar-benar menjadi tanggung jawab orang tua.

Doa Orang Tua

Doa orang tua bagaikan anak panah yang menancap tepat pada sasarannya. Setiap doa orang tua merupakan senjata terampuh bagi keberhasilan seorang anak. Doa tersebut akan benar-benar dikabulkan oleh Allah SWT. bahkan Allah SWT. tidak memberikan ridho-Nya kepada seorang anak manakala anak tersebut berbuat tidak baik terhadap orang tuanya.

Doa yang paling utama dari seorang ibu kepada anaknya biasanya berkaitan dengan kesuksesan seorang anak. Kesuksesan tersebut bukanlah hanya berupa kesuksesan tentang materi duniawi saja atau kekayaan, akan tetapi kesuksesan untuk urusan akhirat kelak, seperti mendoakan agar menjadi anak yang shaleh atau shalehah.

Memiliki istri atau suami yang pandai dalam urusan agama dan mampu dalam urusan membiayai rumah tangganya dan memiliki keturunan yang dapat memperbaiki keluarganya atau kedua orang tuanya.

Para orang tua (muslim khususnya) bila umurnya telah mencapai lima puluh tahun keatas, cenderung yang diharapkan dari anak-anaknya ialah doa untuk keselamatan akhiratnya. Doa bila para orang tua telah dipanggil oleh yang Maha Kuasa.

Doa Untuk Orang Tua Yang Masih Hidup

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Doa Untuk Orang Tua Yang Sedang Sakit

Tata Cara Berdoa

Bagi orang tua yang benar-benar memperhatikan masa depan anaknya, tentu tidak hanya memberikan apa yang diinginkan oleh anaknya saja. Akan tetapi selain memberikan bimbingan yang luar biasa juga selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT. untuk anaknya.

Memohon suatu perkara atau berdoa kepada Allah bisa dilakukan dengan cara apa saja selama cara tersebut tidak bertentangan dengan aturan syariat, seperti berdoa melalui pohon besar, batu ajaib, mendatangi dukun dan lain sebagainya.

Berdoa tidak harus menggunakan bahasa arab, tetapi diperbolehkan menggunakan bahasa yang kita pahami saja, baik itu menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah masing-masing yang terpenting dengan bahasa yang sopan.

Waktu Untuk Berdoa

Waktu untuk berdoa sebenarnya dapat dilakukan kapan saja. Akan tetapi memang sebenarnya terdapat beberapa waktu yang benar-benar mustajab untuk berdoa. Waktu-waktu tersebut adalah;

  • waktu sepertiga malam terakhir, kira-kira pukul dua malam sampai menjelang subuh
  • waktu antara adzan dan iqamah
  • waktu diantara dua khotbah (pada shalat jumat)
  • waktu setelah sholat fardhu

Dalam memanjatkan doanya tersebut biasanya para orang tua akan memintakan beberapa hal seperti dibawah ini;

  • kesalehan untuk anak-anaknya
  • keberhasilan ketiak dewasa kelak
  • keberkahan dan kemanfaatan anaknya
  • husnul khatimah dalam hidupnya
  • memiliki keturunan yang shaleh dan shalehah

Itulah beberapa poin penting yang berkaitan dengan doa orang tua, pada artikel kali ini kami mohon maaf karena hanya menyampaikan dalam bentuk teori saja (tidak memberikan contoh doa) secara langsung.

Baca Juga : Doa Menjenguk orang Sakit

Dalam bab yang lain Insya Allah akan kami berikan beberapa doa orang tua untuk anaknya. Semoga kita diberikan umur panjang lagi bermanfaat dan diberikan keturunan yang shaleh dan shalehah. Amiin yan rabbal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar