Doa Setelah Sholat Taubat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Seluruh manusia di dunia ini tentu pernah melakukan sebuah kesalahan, entah kesalahan terhadap sesama manusia atau pun kesalahan yang diperbuat karena melanggar perintah atau larangan agama.

Setiap kesalahan yang diperbuat oleh manusia tersebut pastilah mendapat bayaran atau mendapatkan dosa. Dosa bisa diampuni dengan meminta ampunan kepada orang yang bersangkutan atau dengan memohon ampunan kepada Allah SWT. bila kesalahan yang diperbuat merupakan kesalahan yang diperbuat karena melanggar ketentuan agama.

Namun sebagai manusia yang memiliki nurani di dalam hatinya, tentu akan menyesal bila kesalahan yang diperbuat sudah begitu besar. Rasa malu dan bingung terhadap diri sendiri tentu sering kali menera hatinya bila suatu kesalahan besar telah diperbuatnya.

Baca Juga : Doa Sholat Dhuha

Akan tetapi sebenarnya manusia jangan sampai memiliki sifat putus asa terhadap masalah yang sedang dihadapinya. Betapapun itu adalah dosa yang besar, manusia hendaknya bertaubat dan berserah diri kepada Allah SWT.

Berdoa, memohon ampunan dan meminta petunjuk kepada Allah ialah jalan yang tepat dilakukan, sehingga dalam menjalani kehidupan di hari-hari mendatang ia akan merasa memiliki arah yang jelas kemana dan untuk apa ia hidup.

Dalam rangka memohon ampunan dan petunjuk sebab telah melakukan dosa atau kesalahan besar, hendaknya seseorang melakukan shalat taubat, yaitu shalat yang dimaksudkan sebagai bentuk taubat dari dosa yang dilakukannya.

Niat Sholat Taubat

اُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ لِلهِ تَعَالَى

Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara dalam melaksanakan shalat taubat hampir sama dengan melaksanakan shalat sunnah yang lainnya, yaitu dilaksanakan sebanyak dua rakaat, membaca niat diatas lalu membaca surat al-fatihah, setelah membaca surat al-fatihah lalu membaca suratan kemudian dilanjutkan dengan rukuk dan sujud. Demikian hingga selesai rakaat kedua lalu salam.

Perbedaan antara shalat taubat dengan shalat sunnah yang lainnya ialah pada doa yang dibaca setelah menjalankan shalat. Selesai dari shalat lalu diteruskan membaca istighfar dan disertai dengan penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukannya.

Baca juga : Niat sholat hajat

Tanamkan kuat-kuat dalam hatinya tekad untuk tidak mengulangi kembali. Membaca istighfarnya tersebut dibaca sebanyak-banyaknya atau biasanya ada yang dengan jumlah seratus, seribu atau lebih, dan terakhir sebagai penutup diakhiri dengan membaca doa shalat taubat.

Doa Sholat Taubat

Dalam doa shalat taubat terdapat beberapa macam doa, inti dari  doa tersebut ialah doa yang mengandung permohonan ampunan dan penyesalan karena telah melanggar aturan Allah SWT. Dari beberapa doa tersebut berikut ini kami tulis doa-doa yang dibaca oleh para nabi-nabi terdahulu.

Doa Taubat Nabi Adam AS

Ini merupakan doa taubat yang dibaca oleh Nabi Adam dan Siti Hawa karena melanggar larangan Allah SWT. doa ini merupakan pengakuan dari kesalahan keduanya..

Artinya: “wahai Tuhan kami,kami telah menganiaya diri sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni dan menyayangi kami, niscaya kami termasuk hamba-Mu yang merugi.”

Doa Taubat Nabi Yunus AS

Nabi Yunus as. pernah mengalami kejadian dimakan oleh ikan Paus dan Nabi Yunus membaca doa pertaubatan di dalam tiga tempat kegelapan, yaitu kegelapan malam, kegelapan dibawah permukaan laut dan kegelapan di dalam perut ikan. Demikian doa tersebut:

Doa Taubat Nabi Muhammad SAW

Sementara dibawah ini adalah doa taubat dari Nabi Muhammad saw. yang kemudian diajarkan kepada sayyidina Abu Bakar ra. kemudian oleh para ulama doa tersebut dianjurkan untuk dibaca setelah membaca bacaan tasyahud pada tasyahud akhir.

Akan tetap jangan sampai salah paham dengan sub judul diatas, maksud dari doa taubat Nabi Muhammad bukan berarti Nabi pernah melakukan dosa besar lalu beliau bertaubat. Doa tersebut merupakan doa yang dibaca oleh Nabi karena beliau selalu bertaubat dalam setiap harinya bahkan beliau selalu membaca istighfar sebanyak seratus kali setiap malam.

Artinya : “Tuhanku, sungguh aku telah menganiaya diri sendiri dengan penganiayaan yang banyak, tiada yang dapat mengampuninya kecuali Engkau. Anugerahkanlah ampunan dari sisi-Mu. Rahmatillah aku. Sungguh Engkau maha pengampun, lagi maha penyayang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain doa diatas Rasulullah juga membaca doa dibawah ini;

Artinya : “Tuhanku, ampunilah kekeliruan dan kebodohanku, kelewatan batasku dalam sebuah hal dan dosaku yang mana Engkau lebih tahu dariku. Tuhanku ampunilah dosaku dalam serius dan gurauanku, kekeliruan dan sengajaku. Apapun itu semua itu berasal dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku yang terdahulu dan kemudian, dosa yang kusembunyikan dan kunyatakan dan dosa yang mana Engkau lebih tahu dariku. Engkau maha terdahulu, Engkau maha terkemudian. Engkau maha kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian pembahasan yang kami sampaikan berkenaan dengan materi doa shalat taubat, sebenarnya terdapat doa lain yang bisa dibaca setelah melaksanakan shalat taubat. Doa tersebut biasanya diajarkan oleh ustad atau kyai-kyai di sekitar kita.

Oleh sebab itu doa diatas hanyalah beberapa doa yang pernah dibaca oleh beberapa nabi. Untuk lebih mengetahui doa setelah shalat taubat yang lainnya akan kami bahas pada artikel yang lain. Mohon maaf bila terdapat kekeliruan dalam penyampaian atau dalam pembahasan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Satu pemikiran pada “Doa Setelah Sholat Taubat”

Tinggalkan komentar