Doa Setelah Sholat Istikharah

Asslamualaikum warahamtullahi wabrakatuh

Kata istikharah  bila dilihat dari makna secara bahasa memiliki makna “meminta pilihan” sehingga sholat istikharah dapat dipahami dengan pengertian sholat yang ditujukan untuk meminta pilihan dari Allah SWT. Karena terdapat satu, dua atau beberapa hal yang harus diambil keputusannya.

Sedangkan manusia tentu memiliki kekurangan atau kebimbangan untuk menentukan pilihan dengan setepat-tepatnya. Maka menentukan pilihan dengan berserah diri terhadap Allah melalui shalat istikharah ialah jalan yang paling baik.

Menjalani kehidupan sehari-hari tentunya banyak sekali hal-hal atau peristiwa yang membuat bingung dan bimbang untuk ditentukan sebuah keputusan. Menentukan salah satu dari dua atau beberapa hal yang sama dan semuanya kita inginkan memang berat dan membingungkan.

Terkadang muncul rasa khawatir atau takut pada diri sendiri bila keputusan yang diambil tidak tepat. Akan tetapi sebagai manusia yang dibekali akal tentunya tidak perlu risau untuk memilih dan menentukan satu dari beberapa pilihan yang harus ditentukan. Salah satu bentuk usaha untuk memasrahkannya kepada Allah SWT. adalah dengan sholat istikharah.

Sholat istikharah sangat dianjurkan tatkala seseorang dihadapkan pada pilihan yang membimbangkan. Sholat istikhoroh hukumnya adalah sunnah dilakukan dalam menentukan beberapa perkara atau pilihan.

Contoh yang sering terjadi misalnya seseorang dihadapkan dengan pilihan untuk memilih pasangan hidupnya. Ia dihadapkan pada pilihan antara hendak melamar atau tidak kepada perempuan tersebut. Untuk menentukan tersebut kadang muncul rasa bimbang di dalam hati. Benarkah ia jodohnya atau bukan?

Merupakan usaha batin agar segala sesuatu yang diambil nantinya tidak menyesal, maka sholat istikharah sangat tepat untuk dilakukan. Sehingga terhadap pilihan apapun yang akan kita ambil sudah dipasrahkan kepada Allah SWT. harapannya tidak khawatir akan timbul penyesalan di kemudian hari nanti.

Sholat istikharah bukan hanya untuk menentukan masalah jodoh saja. Misalnya untuk menentukan pilihan hendak melanjutkan ke sekolah mana setelah lulus nanti, sholat istikharah pun baik untuk dilakukan. Begitu pula dengan pilihan-pilihan yang lainnya sholat istikharah dapat pula menjadi media untuk berserah diri kepada Allah.

Dalam kitab Al-Adzkar Imam Nawawi berpendapat, bahwa melaksanakan shalat istikharah hukumnya adalah sunnah dan sangat dianjurkan dalam setiap perkara yang memiliki beberapa pilihan. Melalui sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Jabir  Rasululloh saw bersabda;

اذا هم أحد كم بالأمر فليركع ركعتين ثم ليقل: أللهم… (رواه البخاري)

Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (shalatlah) dua rakaat : kemudian berdoa…(HR. Bukhori)

Niat Sholat Istikharah

Sebagaimana dalam bab shalat yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya, setiap shalat yang dikerjakan oleh umat muslim, baik shalat fardhu ataupun shalat sunnah salah satu rukunnya ialah membaca niat terlebih dahulu.

Menjalankan shalat istikharah juga harus didahului dengan membaca niat. Nah berikut ini niat shalat istikharah;

أُصَلِّى سُنَّةَ الْإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Niat Sholat Istikharah Latin

Usholli sunnatal istikhooroti rok’ataini lillahi ta’ala

Terjemah Arti Niat Sholat Istikharah

“aku niat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Alloh ta’ala”

Penjelasan Doa Setelah Sholat Istikharah

Shalat istikharah biasanya dilakukan sebanyak dua rakaat. Setelah salam dilanjutkan dengan membaca doa shalat istikharah. Berikut doa setelah shalat istikharah yang dapat dibaca oleh teman-teman semua:

Doa setelah Sholat Istikharah Arab

Nah itulah doa setelah shalat istikharah yang dapat diamalkan oleh teman-teman sekalian. Semoga segala sesuatu yang kita ambil menjadi pilihan yang juga diridhai oleh Allah SWT. Sehingga dapat bahagia di dunia dan akhirat. Amin ya rabbal alamin.

Demikian yang dapat kami sampaikan, apabila terdapat pembahasan yang kurang jelas dapat ditanyakan melalui kolom komentar di bawah laman ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar