Doa Setelah Sholat Hajat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT. manusia dilahirkan ke dunia dengan berbagai kemampuan untuk mengenal, mempelajari dan membuat suatu karya dalam perkembangannya.

Akan tetapi manusia sehebat apapun tetaplah manusia yang nantinya akan memiliki kekurangan. Manusia tidak bisa memiliki seluruh kemampuan dari setiap hal yang ada di dunia. manusia pada umumnya hanya mampu menguasai satu bidang tertentu saja.

Semisal seseorang yang ahli dalam bidang ilmu kimia biasanya ia tidak begitu memahami tentang dunia tata boga. Begitu juga seseorang yang memahami dunia masak memasak juga cenderung tidak begitu mengerti tentang dunia teknologi.

Begitulah seterusnya manusia diciptakan dengan berbagai kekurangan dan kelemahan. Maka sebagai manusia yang memiliki  iman dan taqwa,alangkah baiknya bila setiap manusia itu benar-benar merasa kecil dan rendah diri dihadapan Allah SWT.

Dari rasa rendah diri itulah nantinya akan muncul usaha bathiniyah atau usaha dari hati untuk mencari ridha Allah SWT. Sehingga dalam prakteknya nanti, meskipun orang lain mengakui kehebatannya tetapi ia tetap pada posisi yang saimbaang.

Baca Juga : Niat Sholat Hajat

Memiliki kemampuan untuk dikembangkan di bidangnya dan memiliki kepekaan akan segala keterbatasan dirinya sebagai manusia. Dari rasa menyadari kesalahan diri sendiri inilah nantinya muncul perasaan atau kepekaan batin untuk selalu meminta atau berdoa kepada Allah SWT.

Dalam pelaksanaan disunahkannya menjalankan shalat hajat, Rasulullah SAW. bersabda melalui sebuah hadis yang artinya: “Orang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk membuat mashlahat agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan karenanya, hendaklah melakukan shalat sebagai berikut.”

Tata Cara Sholat Hajat

Tata cara dalam melaksanakan shalat hajat sebenarnya sama saja dengan pelaksanaan sholat yang lainnya. Yaitu diawali dengan membaca niat kemudian takbiratul ikhram. Dilanjutkan dengan membaca surat al-Fatihah. Selepas membaca surat al-Fatihah kemudian diteruskan membaca surat al-ikhlas.

Pembacaan surat al-Ikhlas dilakukan sebanyak seratus kali, dengan perincian rakaat pertama empat puluh kali, rakaat kedua tiga puluh kali, rakaat ke tiga dua puluh kali dan terakhir rakaat ke empat sebanyak sepuluh kali.

Rukun-rukun dalam menjalankan shalat hajat juga sama seperti dengan shalat-shalat yang lainnya. Yaitu harus suci, baik tempat, badan ataupun pakaian yang dikenakannya. Membaca surat al-Fatihah, menghadap kiblat, membaca niat dan seterusnya.

 

Waktu Sholat Hajat

Shalat hajat pada umumnya dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Shalat hajat biasanya dilakukan sebanyak empat rakaat dengan dua kali salam. Akan sebenarnya mengenai pelaksanaan shalat hajat tidak terpaut oleh waktu sebagaimana dalam shalat fardhu yang harus dikerjakan sesuai dengan waktunya.

Shalat hajat bisa biasanya dilakukan pada malam hari tujuannya agar dapat lebih khusyuk dalam melaksanakannya. Sehingga mengenai doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. bisa lebih khusyuk leluasa dan khidmat.

Penjelasan Doa Sholat Hajat

Mengenai doa shalat hajat sebenarnya yang namanya doa seorang hamba bebas hendak mencurahkan apa saja kepada Allah SWT. yang terpenting dalam membacakan doa ialah menggunakan tata krama atau adab dalam menyampaikannya.

Yaitu didahului dengan membaca basmallah, membaca hamdallah lalu dilanjutkan dengan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. kemudian dilanjutkan dengan membaca doa sebagaimana yang kita inginkan.

Nah berikut ini kami sajikan doa shalat hajat dalam bahasa arab yang umumnya dibacakan selepas menjalankan shalat hajat. Namun doa tersebut boleh saja ditambah dengan doa sesuai dengan keinginan sendiri, baik menggunakan bahasa arab atau bahasa Indonesia sesuai dengan kemampuan sendiri.

Doa Sholat  Hajat Arab

Terjemah Arti Doa Sholat Hajat

“Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Nah itulah artikel yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan pembahasan doa setelah sholat hajat. Kami mohon maaf atas segala kekurangan ataupun kesalahan yang ada pada pembahasan di atas.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan komentar