Doa Sesudah Makan

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh. Makan merupakan upaya manusia untuk bisa bertahan hidup. Melanjutkan aktifitas di hari berikutnya hingga mencapai tujuannya. Maka makan yang setiap hari dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sumber energi.

Di dalam agama islam, makan merupakan termasuk bagian dari ibadah bila kita memahami makan dengan niat dan tujuannya. Artinya apa? Bahwa makan yang setiap hari dilakukan oleh manusia sebaiknya diniati untuk mendapat kekuatan sehingga dapat melanjutkan aktifitas ibadah di waktu selanjutnya.

Jadi makan yang menjadi kebutuhan manusia bukanlah makan untuk sekedar mengenyangkan perut semata, bukan untuk senang-senang tetapi di niati untuk ibadah sehingga mengkonsumsi makanan yang setiap hari dilakukan nantinya menjadi bernilai ibadah dan mendapat pahala disisi Allah SWT.

Makanan Yang Baik Menurut Islam

Makanan yang baik menurut Islam ialah makanan yang dihalalkan oleh agama, baik dari segi kehalalan makanan tersebut maupun dari segi cara memperolehnya. Misalnya daging ayam, daging ayam merupakan salah satu daging yang dihalalkan oleh agama Islam.

Akan tetapi bila cara memperolehnya dengan cara mencuri maka makanan tersebut tidak lagi menjadi makanan yang baik. Status mengenai daging tersebut memanglah tetap halal, akan tetapi cara memperolehnya tidak halal, maka makanan tersebut tidak baik untuk dikonsumsi.

Termasuk juga bila menyembelih hewan yang dihalalkan, cara menyembelih hewan juga harus memperhatikan tata cara menyembelih sesuai dengan aturan syariat, seperti membaca dua kalimat syahadat,membaca basmallah, menggunakan benda yang tajam, tidak melepaskan alat potong dari leher sebelum benar-benar tuntas.

Baca Juga : Doa Supaya Rezekinya Lancar

Dari cara menyembelih ini nantinya akan berpengaruh terhadap kehalalan hewan tersebut. Selain seperti dari gambaran diatas, termasuk makanan yang baik ialah makanan yang tidak mengandung kerusakan (madhorot) bila mengkonsumsinya.

Jadi secara garis besar, makanan yang baik ialah makanan yang dihalalkan oleh agama. Namun meskipun suatu makanan dikategorikan halal akan tetapi bila mengkonsumsi dalam jumlah banyak dapat membahayakan, maka sebaiknya dihindari atau jangan mengkonsumsi terlalu banyak, misalnya minuman bersoda.

Doa Sebelum Makan

Salah satu adab dalam makan, ialah membaca doa sebelum makan, doa tersebut merupakan sebagai bentuk memohon keberkahan kepada Allah SWT, demikan doanya;  

“Allahumma barik lana fiima razaktana waqina ‘adzaabannaar”

Jadi sebelum makan, dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu, lalu melanjutkan dengan membaca doa diatas, maksud dari doa tersebut ialah memohon keberkahan atas rizki yang telah Allah limpahkan kepada kita.

Doa Sesudah Makan

Bila sebelum makan kita dianjurkan untuk membaca doa, maka sesudah makan kita juga dianjurkan untuk membaca doa sesudah makan. Demikian doanya;

“Alhamdulilahil ladzi ath’amana wa saqoonaa waja’alana minal muslimin”

Maksud dari doa sesudah makan diatas adalah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan, yaitu bersyukur kepada Dzat yang telah memberinya makan, juga memohon kepada Allah agar termasuk kedalam orang-orang muslim yang sejati.

Adab Makan

Bukan hanya berbicara kepada orang yang lebih tua saja yang harus menggunakan adab, dalam Islam makan pun sebaiknya dilakukan dengan menggunakan adab. Adab bagi orang yang hendak makan ialah membaca doa sebelum makan, mengambil makanan dengan tangan kanan dna memasukan makanan ke dalam mulut juga dengan tangan kanan.

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Adab bagi orang yang sedang makan ialah tidak berbicara selama makan, mengunyah makanan sebanyak tiga puluh tiga kunyahan, tidak makan dalam jumlah yang berlebihan, bila makanan yang disajikan banyak maka mengambilah makanan yang ada di depannya saja.

Adab setelah makan ialah membaca doa setelah makan, mencuci tangan, tidak membuang sisa makanan pada sembarang tempat, menutup mulut saat membersihkan sisa makanan.

Kurang lebihnya demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Atas segala kekurangan yang ada kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar