Doa Selamat

Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh. Manusia memang tempatnya lupa dan salah. Setiap manusia di dunia ini tentu pernah melakuakan sebuah kesalahan baik dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja, disadari ataupun tanpa menyadari kesalahan tersebut.

Kesalahan yang dilakukan manusia ada yang berujung fatal dan ada juga yang masih bisa dan sangat, mungkin untuk diperbaiki kembali. Caranya ialah dengan meminta ampunan kepada orang yang bersangkutan bila kesalahan itu terjadi antar sesama manusia.

Namun bila kesalahan it terjadi karena melanggar larangan atau perintah Allah SWT. maka cara yang paling adalah bertaubat dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. Sehingga taubat yang dilakukan bukan taubat asal-asalan melainkan taubat nasuha atau taubat yang bersungguh-sungguh.

Manusia selama hidupnya akan selalu dibayang-bayangi oleh syaitan yang akan selalu mengganggu tingkah laku manusia agar berbuat kesalahan, baik kesalahan sesama manusia ataupun kesalahan terhadap Tuhannya.

Oleh sebab itu bagi setiap manusia dianjurkan untuk menjaga hatinya agar tidak lalai kepada Allah SWT. rajin membaca al-Quran atau shalawat, membaca wirid tertentu atau selalu membasahi mulut dengan bacaan-bacaan tahmid, takbir ataupun tahlil.

Karena bila hati dan pikiran selalu mengingat Allah SWT. maka kemungkinan untuk melakukan kesalahan baik itu lisan maupun tindakan insya Allah dapat tercegah sebelum melakukannya. Maka selamatlah manusia itu dari kesalahan atau bencana yang mengancamnya.

Salah satu menjaga diri agar selamat dari godaan syaitan atau godaan gemerlap dunia ialah rajin-rajin membaca doa, salah satu doa yang kami sampaikan pada pembahasan kali ini adalah doa keselamatan, demikian doa tersebut;

Doa Keselamatan

Doa keselamatan ini berisi permohonan kepada Allah SWT. agar diberi keselamatan di dunia dan akhirat. Doa ini mengajak kita untuk selalu mengingat bahwa manusia itu memang benar-benar tidak berdaya di hadapan Tuhannya.

Baca Juga : Doa Keselamatan Naik kendaraan

Dengan doa ini pula kita benar-benar merendahkan diri di hadapan Allah SWT. karena hanya dengan sifat rendah diri dihadapan-Nya lah kita bisa terhindar dari sifat sombong dan angkuh yang akan menghalangi manusia dari dikabulkannya doa-doanya.

“allahumma inna nas-aluka salaamatan fiddiini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan fir rizki wa taubatan qoblal mauti wa rahmatan qoblal mauti wa maghfiratan ba’dal mauti. Allahumma hawwin ‘alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi. Rabbana laa tuzi’ quluubana ba’da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu, rabban atina fiddunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan waqinaa ‘adzaabannar.”

Kandungan Doa Keselamatan

Melalui doa diatas pula, kita memohon kepada Allah SWT. agar diberi keselamatan di dunia dan akhirat. Memohon agar diberi kesehatan badannya, diberikan ilmu yang bertambah dan meminta agar diberi rizki yang barakah.

Maksud dari pada rizki yang barakah ialah bukan rizki yang selalu banyak dan serba melimpah ruah, rizki yang barakah ialah rizki yang bertambah kebaikanya.seperti maksud dari berkah itu sendiri ialah bertambahnya kebaikan.

Maka rizki yang berkah ialah rizki yang dapat memberikan bertambahnya nilai kebaikan, yaitu rasa syukur dari manusianya, bertambahnya iman manusia tersebut lantaran rizki yang telah Allah berikan kepadanya.

Didalam doa itu juga terdapat permohonan agar diberi kesempatan untuk bertaubat sebelum meninggal dunia, diberi rahmat sebelum meninggal dan diberi ampunan setelah meninggal  dan juga diberi ampunan ketika dihisab.

Baca Juga : Doa Sehari Hari

Akhir dari doa diatas ialah memohon agar dijaga oleh Allah SWT di dunia dan di akhirat. Memohon agar dijaga dari siksa api neraka di akhirat kelak. Semoga kita semuanya termasuk orang-orang yang mendapat perlindungan oleh Allah SWT; baik didunia maupun diakhirat. Amin ya rabbal ‘alamin.

Demikian pembahasan mengenai doa keselamatan yang kami sampaikan melalui tulisan ini. Atas segala kekurangan dan bila terdapat kesalahan kami mohon maaf yang sebesar besarnya. Wassalamualaikum warahmtullahi wabaraktuh.